Pemograman WEB

Tag – Tag Dasar HTML , Contoh Dan Penjelasan Terlengkap

By

on

Tag dasar berarti elemen dasar. Dokumen HTML secara mendasar akan terdiri atas teks informasi.
Judul atau topik utama dokumen disimpan dalam section/ elemen read. disimpan dalam elemen title, dengan tag <title> … </title>. Title ini akan ditampilkan pada bagian caption dari Window browser. Hanya elemen title saja dari elemen head yang ditampilkan di browser, elemen lainnya dari head tidak ditampilkan, sebagai elemen jramg menjelaskan tentang dokumen HTML yang bersangkutan.

images

Teks informasi ini akan disimpan dalam section/elemen body – di dalam tag <body> dan </body>. Teks disusun dalam paragraf- pragraf – tag <p>. Teks juga mempunyai judul-judul yang menunjukkan topik-topik atau bagian-bagian dalam dokumen – judul disebut sebagai heading. Heading di dalam HTML mempunyai level 1 sampai dengan 6, dinyatakan dengan tag <hi> s.d. <h6>, demikian jiapi : is^ngannya </hi> s.d. </h6>.

HTML

Merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. Tag ini merupakan satu keharusan bagi pemrogram web untuk menuliskannya sebagai tag pertama dalam dokumen HTML.
<html> di awal dokumen dan </html> di akhir dokumen.

Head

Merupakan tag berikutnya setelah <html> untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan ditampilkan.
<head> di awal setelah <html>, dan </head> di akhir section head.

Title

Merupakan tag di dalam head yang harus dituliskan untuk memberikan judul/informasi pada caption browser web tentang topik atau judul dari dokumen web yang ditampilkan dalam browser.
<title> Judul dokumen</title>

Body

Merupakan section utama dalam dokumen web. Pada section ini semua isi dokumen yang akan ditampilkan di dalam browser harus dituliskan.
<body> di awal, segera setelah tag </head> </body> di akhir, diletakkan sebelum tag </html>

Paragraf

Informasi yang disajikan dalam dokumen harus mengikuti kaidah- kaidah dalam penulisan. Misalnya satu pikiran utama disimpan dalam satu paragraf.
Setiap paragraf harus dimulai dengan memberi tag <p>. Di akhir paragraf tidak diharuskan menuliskan </p> sebagai akhir paragraf, karena tag <p> tidak didefinisikan mempunyai tag akhir. Setiap pergantian paragraf harus dimulai dengan <p> kembali.

< !-coba_minimum.html->
<html>
<head>
<title>Sebuah contoh HTML sederhana</title>
</head>
<body> i
<p>HTML mudah dibuat. Selamat datang di dunia HTML.</p> </body>
</html>

Hasil:

c-html

Contoh, coba_minimum.html menunjukan dokumen HTML sederhana yang hanya mempunyai sebuah informasi dalam sebuah paragraf. Tetapi, lebih penting dari ini adalah ketentuan minimum dari suatu dokumen HTML, yaitu harus terdiri atas tag <html>, <head>, dan <body>. dengan <title> didalam section head.

Dibawah ini admin berikan tabel tag-tag dast HTML untuk emmudahkan anda dalam mempelajari pemograman ini.

keterangan:
NN:Netscape, IE:Internet Explorer, W3: Web Standard(W3C)

Tag Awal NN IE W3 Kegunaan
<html> 3.0 3.0 3.2 Definisi sebuah dokumen HTML
<body> 3.0 3.0 3.2 Definisi body dokumen
<h1><h6> 3.0 3.0 3.2 Definisi heading 1 s.d 6
<p> 3.0 3.0 3.2 Definisi sebuah paragraf
<br> 3.0 3.0 3.2 Sisipkan line break
<hr> 3.0 3.0 3.2 Definisi sebuah horizontal rule
<!–> 3.0 3.0 3.2 Definisi komentar dalam source code

Demikian penjelasan singkat yang bisa admin sampaikan mengenai tag tag dasar dalam HTML .Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda tentang dunia pemograman dan ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat bagi pembaca. Sampai bertemu di postingan-postingan selanjutnya..see you ^-^

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares