HTML

Tabel HTML – Pengertian Dan Cara Membuat Tabel HTML Lengkap

By

on

Tabel digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk kolom dan baris. Umumnya setiap kolom menunjukkan data yang sejenis, dan setiap baris yang terdiri atas kolom-kolom menunjukkan kelompok data dalam satu kesatuan.
Anggap informasi kolom Anda secara sederhana digambarkan seperti di bawah ini. Sebuah tabel mempunyai judul, tempat Anda menjelaskan kolom/baris yang didilibatkan, baris untuk informasi, dan sel untuk setiap itemnya. Pada tabel berikut, kolom pertama berisi informasi header, setiap baris menjelaskan sebuah tag tabel HTML, dan setiap sel berisi sebuah pasangan tag atau penjelasan dari fungsi tag.

tabel

Elemen Elemen Tabel

Elemen  Penjelasan
<table> .. </table> mendefinisikan sebuah tabel dalam HTML. jika atribut border dituliskan, maka browser akan menampilkan tabel dengan border.
<ca_ption>… </ caption> Mendefinisikan tulisan untuk judul tabel. Posisi default dari judul adalah ditengah pa_da bagian paling atas tabel. Atribut align=”bottom” dapat digunakan untuk menempatkan judul pada bagian bawah tabel. Catatan: Judul dapat diberi tag apa saja.
<tr>…</tr> Menspesifikasikan sebuah baris tabel dalam tabel. Anda dapat mendefinisikan atribut un tuk seluruh baris: align (left, center, right) daxi/atau valign(top, mid-dle, bottom).
<th>…</th> Mendefinisikan sel header tabel. Secara default teks dalam sel ini ditebalkan dan ditampilkan ditengah.
<td>…</td> Mendefinisikan sebuah sel data tabel. Secara default teks dalam sel ini ditampilkan rata kiri, dan ditengah secara vertikal. Sel data tabel dapat berisi atribut untuk mendefi­nisikan karakteristik dari sel dan isinya.

Atribut Tabel

Catatan: Atribut yang clidefinisikan dalam <th>…</th> atau <Md>…</td> akan menggantikan alignment default yang clidefinisikan dalam <tr>. ..</tr>

Elemen Penjelasan
align={left | center | right)

valign={top | middle | bottom)

colspan=n

Rowspan=n

Nonwrap

Alignment horisontal untuk sel

Definisi alignment vertikal dlm sel

Jumlah n kolom sel diperlebar

Jumlah n baris sel di perbesar

Matikan wrapping dalam sel

Contoh ini mendemonstrasikan bagaimana membuat tabel dalam sebuah dokumen HTML. Lihat hasil gambar dibawah ini:

91

Lihat Source Code

Catatan:
Jumlah baris tabel ditentukan dengan banyaknya <tr>…c.tr> yang dituliskan dalam elemen tabel, dari <table> … </table>.
Jumlah kolom dalam tabel ditentukan dengan banyaknya <td>…</td> di dalam setiap definisi baris, dari <tr>…</tr>.
Setiap baris dalam tabel akan mempunyai jumlah kolom yang berbeda.

Cellspacing

Contoh ini mendemonstrasikan bagaimana menggunakan cellspacing untuk menambah jarak antarsel.Lihat hasil gambar dibawah ini:

99

Lihat Source Code

Pages: 1 2

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares