Informasi

Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook , Ukuran, Spesifikasi dan Komponen

By

on

Pro.Co.Id – Memang kini, komputer sepertinya merupakan barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang karean tuntutan kegiatan sehari hari. Namun, banyak orang yang sering keliru dengan istilah Laptop, Notebook dan Netbook. Ada yang mengatakan bahwa Netbook adalah laptop atau sebaliknya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan mendasar antara Laptop, Notebook dan Netbook.

Nama (Laptop, Notebook, dan Netbook)

Notebook, Netbook dan Laptop bukanlah satu nama yang sama. Ketiga nama tersebut berasal dari Bahasa Inggris, terutama Laptop. Banyak orang mengira bahwa laptop berasal dari Bahasa Indonesia, padahal Laptop dalam bahasa indonesia berarti Komputer Jinjing. Namun, karena nama laptop lebih familiar dan sudah lama dikenal, maka nama tersebut digunakan sebagai pemanggilan seluruh Komputer Portable yang ada.

Ukuran

Dari segi ukuran, Laptop, Notebook dan Netbook memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Laptop memliki ukuran layar lebih dari 18 inchi, Notebook memiliki ukuran layar 13.1 inchi-18 inchi, Sedangkan Netbook memiliki ukuran layar 6 inchi-13 inchi.

Spesifikasi dan Komponen

Netbook memiliki ukuran kecil, tentu tidak memiliki spesifikasi yang terlalu tinggi, biasanya hanya dibekali dengan prosessor kelas menengah kebawah dan tidak memiliki RAM berkapasitas lebih dari 2 GB dan memiliki grafis layar yang standar. Dalam Netbookini tidak memiliki DVD-ROM.

Notebook bisa dibilang kelanjutan perkembangan dari Laptop, Notebook memiliki spesifikasi yang cukup memadai dan hampir sama dengan komputer jenis PC. Notebook bisa saja memiliki Hard Disk besar, Processor yang kuat, dan memiliki DVD-ROM. Namun, ada juga beberapa Notebook yang tidak memiliki DVD-ROM karena tuntutan ketipisan barang.

Kesimpulan

  • Netbook Merupakan komputer portable  yang memiliki ukuran layar 6 – 13 inchi, tidak memiliki DVD-ROM, spesifikasi rendah, kegunaan office, internet, dll
  • Notebook  Merupakan komputer portable yang memiliki ukuran layar 13.1 – 18 inchi, memiliki dan tidak DVD-ROM tergantung ketipisan notebook, spesifikasi medium, kegunaan office, internet, gaming normal, multimedia, dll
  • Laptop Merupakan komputer portable yang memiliki ukuran layar 18 inchi atau lebih, memiliki DVD-ROM, spesifikasi tinggi, kegunaan office, internet, gaming high, multimedia, dll.

Itulah informasi yang diberikan tentang Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares