Pemograman WEB

Pengertian, Kelebihan, Jenis Dan Kegunaan Link HTML

By

on

Kelebihan utama dari dokumen HTML adalah kemampuannya untuk memberikan link dari satu teks dan/atau gambar menuju dokumen atau bagian lain dalam suatu dokumen. Browser web akan menyorot (‘hightlight’) teks atau gambar yang di identifikasi sebagai link dengan warna dan/atau garis bawah untuk menunjukkan bahwa itu adalah hyperteks link (sering diperpendek dengan hyperlink atau link saja).

link html

Dengan HTML menggunakan hyperlink (anchor) untuk menghubungkan kepada dokumen lain dalam web.

Tag Anchor

HTML menggunakan tag <a> untuk membuat suatu link kepada dokumen lain dalam web. Sintaks dari penghubungan dalam HTML adalah dengan menggunakan tag <a>, atribut href digunakan untuk mendefinisikan lokasi link.
Anchor berikut menunjuk Microsoft:

<a href = “http ://www.microsoft. com” >This text is dis- played</a>.

Ada tiga jenis link:

  • link relatif
  • link absolut
  • link dalam dokumen yang sama

Perbedaan keduanya hanya pada letak dokumen yang menjadi linknya, berada pada komputer yang sama atau tidak.

Link Relatif

Dibuat apabila Anda membuat suatu link pada page Anda ke page lain pada komputer yang sama, tidak memerlukan menggunakan alamat Internet yang lengkap. Jika dua page pada direktori yang sama, Anda dapat menuliskan nama file html seperti berikut:

<a href=”file_2.html”>Berikutnya</a>

Link Absolut

Dibuat apabila Anda membuat link ke page web lain yang berada pada web site lain di Internet. Dalam hal ini Anda harus menuliskan alamat Internet secara lengkap. Berikut adalah contohnya:

<a href=http://kakilima.piksi.itb.ac.id/>Pusat engine Internet lokal </a>

Link ke Bagian Lain dalam Dokumen

link jenis ini dibuat apabila untuk dokumen yang panjang sekali, sehingga apabila ditampilkan dalam browser web akan mengharuskan kita melakukan scroll layar berulang-ulang. Navigasi untuk penelusuran dokumen dapat dimudahkan dengan membuat link antarbagian, dengan menAndai setiap bagian tersebut dengan memberinya nama. Sehingga pada beberapa tempat di dalam dokumen akan ada bagian yang bernama, dan di bagian lainnya dapat diletakkan link untuk menuju bagian-bagian tersebut.
Umumnya teknik ini diimplementasi pada dokumen-dokumen yang menampilkan daftar isi dokumen tersebut, kemudian pada daftar ini tersebut dimungkinkan untuk diklik langsung menuju ke isinya secara langsung.
Memberi nama suatu bagian dalam dokumen

  • letakkan kursor pada baris atau teks yang menjadi awal dari bagian tersebut
  • sisipkan nama bagian tersebut dengan: <a name= ”namabagian”>

Membuat link yang menuju pada bagian dokumen yang sama dengan cara yang sama seperti link absolut atau relatif, hanya saja nama dokumen dalam link diganti dengan nama bagian dokumen dengan sebelum nama tersebut ditambah dengan #.
Berikut adalah contoh memberi link tersebut:

<a href=”#namabagian”>Bagian tentang link</a>

TAnda # menunjukkan bahwa link tersebut ditujukan kepada link dalam dokumen yang sama.

Demikian penjelasan singkat yang bisa admin sampaikan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda tentang dunia pemograman dan ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat bagi pembaca. Sampai bertemu di postingan-postingan selanjutnya..see you ^-^


Read More:

You must be logged in to post a comment Login

Shares