jaringan komputer

Pengertian dan Fungsi Wireless Router

on

Pro.co.id – Masih banyak yang belum paham dan mengerti mengenai sebuah perangkat yang memang di gunakan untuk kebutuhan jaringan dengan skala besar yakni Wireless Router. Pastinya sebagian dari anda pernah mendengar yang namannya router? Router adalah sebuah perangkat atau alat yang memiliki fungsi untuk menghubungkan dari beberapa jaringan, baik jaringan satu class ip atau berbeda. Minimal Router memiliki Port Interface 2 Buah. berbagai bentuk serta model yang bisa anda pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan jaringan anda. Router juga bisa di sebut sebagai alat yang mengatur pengiriman paket data di dalam jaringan ke tujuan tertentu. Pengiriman paket atau data lewat jaringan internet di namakan Routing yang proses tersebut terjadi pada IP (Internet Protocol). jadi kesimpulannya adalah Wireless Router bisa menghubungkan lebih dari satu jaringan kemudian meneruskan data ke jaringan lainnya.

Pengertian dan Fungsi Wireless Router

Namun, kebanyakan orang menyamakan Router dengan Switch, padahal; di lihat dari fungsinya sendiri sangat berbeda. jika Switch hanya sebagai alat yang menghubungkan dari beberapa komputer client dan Server dengan membanetuk LAN (Local Area Network). namun untuk Router biasanya digunakan untuk jaringan berbasis IP sehingga banyak juga yang menamakannya Router IP dan salah satunya adalah Internet.

Kegunaan dari Router ini sangatlah di perlukan, karena memiliki kamampuna yang dapat mendeteksi berbagai Informasi yang akan anda kirimkan, baik ditujukan untuk host yang berada di satu network atau host yang berada di Network lainnya, Pada beberapa perusahaan skala besar menggunakan Router sebagai penghubung LAN menuju ke jaringan ADSL.

Model Wireless Router

Ada banyak sekali model Router yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan jaringan Invidu atau perusahaan. Router sendiri di bagi menjadi 2 jenis yakni Router yang di dapatkan bersamaan dengan model Cable atau ADSL atau tidak di paketkan dengan model Cable atau ADSL. di pasaran juga anda bisa memilih router yang hanya tersedia port switch dan router dengan terdapat port switch serta wireless AP.

Modem ADSL biasanya kita lihat di pasanga yang menggunakan layanan Speedy yag memiliki fitur wireless AP dan juga terdapat Router. kebanyakan di pasaran kita bisa menemukan Merk TP-Link yang memang harganya murah namun berkualitas untuk jenis yang menggunakan ADSL adalah N150 dan N300. untuk kecepatan aksesnya pada jenis N150 sekitar 150Mbps sedangkan untuk jenis N300 memiliki kecepatan 300Mbps.

Pengertian dan Fungsi Wireless Router

Selain itu berbagai Model wireles router adalah Tplink ADSL plus router, yang mana anda bisa memilih ketiga jenis modem router tersebut diantaranya TD-8840T, TD-8817 dan TD-8816. semua model tersebut memiliki kelengkapan yang bisa terhubung dengan ADLS.

Bisa anda lihat hampir semua perusahaan bahkan beberapa warnet besar sudah menggunakan Wireless Router. karena memang fungsinya sangat besar dan bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan baik untuk mengatur jaringan banyak dengan berbeda IP dan lainnya. di pasaran anda bisa mendapatkannya dengan mudah dari berbagai merk dan tentu harganya sangat terjangkau. Semoga bermanfaat

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares