Hardware

Pengertian Dan Fungsi Prosesor (Processor) dalam Komputer

By

on

Pro.Co.Id – Jika anda pengguna komputer, pasti sudah paham dengan yang disebut prosecor. Namun apakah kalian ketahui sebenarnya apa yang dimaksud dan fungsi dari prosecor dalam komputer? Prosecor merupakan komponen penting dalam komputer, prosecor termasuk dalam komponen utama pemrosesan data. Di dalam komponen ini seluruh interpretation diproses berdasarkan module yang dijalankan. Itulah penjelasan singkat terkait pengertian prosecor, untuk penjelasan lebih lanjut simak ulasan penjelasan dibawah ini.

Pengertian Prosesor (Processor)

Prosesor adalah komponen komputer yang merupakan otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama dengan perangkat komputer lainnya. Secara lebih jelasnya adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Letak prosesor terdapat pada motherboard, pada motherboard terdapat soket untuk meletakkan prosesor, namun setiap motherboard memiliki bentuk soket yang berbeda-beda, untuk itu kita haru tau jenis prosesor maupun jenis motherboard yang akan kita gunakan (jika merakit komponen CPU sendiri). Misalnya untuk jenis prosesor intel ada soket LGA maka kita harus mencari jenis motherboard dengan soket LGA, dan jenis prosesor AMD ada AM3+ maka harus mencari yang sesuai pula.

soket prosesor

Prosesor juga sering disebut dengan ‘Microprosesor’. Bagian-bagian penting dari prosesor antara lain:

  • Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
  • Control Unit (CU) : Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.
  • Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.

Fungsi Prosesor Dalam Komputer

Secara umum fungsi prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukan atau data input, kemudian dari proses input menghasilkan pengeluaran atau output. Cara kerja prosesor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama harddisk drive (HDD) dan Memori RAM. Satuan kecepatan dalam Prosesor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Prosesor maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses. Dengan kapasitas prosesor yang besar dan didukung oleh memori (RAM) yang besar juga akan membantu setiap pengerjaan instruksi dengan cepat.

Demikian penjelasan seputar Pengertian dan Fungsi Prosesor dalam komponen komputer, semoga bermanfaat.. teriamaksih telah berkunjung di Pro.Co.Id

You must be logged in to post a comment Login

Shares