Security

Macam Macam Sistem Operasi Komputer dan Smart Phone Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

By

on

Macam Macam Sistem Operasi Komputer dan Smart Phone Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Pro.Co.Id – Terdapat macam-macam sistem operasi yang ada di dunia. Sistem Operasi atau Operating System (OS) secara pengertian umum merupakan sebuah progam yang mampu menghubungkan hardware dan software untuk menjalankan berbagai aplikasi. Tanpa adanya OS, kita tidak akan sapat membuka program aplikasi yang ada pada komputer selain proses booting.

Sistem Operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya pada perangkat keras komputer serta menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.

Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data serta sumber daya lainnya. Sedangkakn fungsi perangkat keras seperti input, output dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagi perantara antara program aplikasi dan pernagkat keras komputer.

Terdapat macam-macam sistem operasi di dunia, sedangkan penggunaan sistem operasi di Indonesia kebanyakan orang menggunakan sistem operasi milik Microsoft, seperti Windows. Seperti admin sendiri penggunan OS milik Microsoft dengan menggunakan Windows 8.

Jenis Sistem Operasi Komputer

Terdapat empat kategori sistem operasi, antara lain:

1. Sistem Operasi Stand Alone
Sistem operasi ini merupakan jenis sistem operasi yang dapat berdiri sendiri, dan bisa digunakan baik single user maupun multi user. Sistem operasi Stand Alone ini memiliki fitur – fitur tertentu tiap jenisnya, dan merupakan jenis dari kategori sistem operasi yang digunakan pada komputer – komputer yang biasa kita gunakan hingga saat ini.

2. Sistem Operasi Jaringan
Sistem operasi jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang dapat menggerakkan dan jga mengoperasikan komputer yang dibuat untuk kebutuhan sebuah jaringan. Yaitu setiap komputer yang memilki sistem operasi jaringan, mampu mengoperasikan komputer sebagai sebuah server jaringan, ataupun sebagai sebuah workstation di dalam jaringan komputer.

3. Sistem Operasi Embedded
Sistem Operasi Embedded adalah versi dari beberapa jenis sistem operasi compute, terutama komputer desktop, yang diaplikasikan pada sebuah komputer yang lebih kecil lagi ukurannya. Sistem Operasi Embedded sangat erat kaitannya dengan sistem operasi komputer pada sebuah smartphone, baik merupakan pengembangan dari sistem operasi komputer sendiri, ataupun memang sengaja dibuat khusus hanya untuk sartphone saja.

4. Sistem Operasi Live Cd
Live CD merupakan jenis sistem operasi berikutnya, yang memungkinkan setiap user di dapat mengoperasikan komputernya dengan menggunakan sebuah CD, ataupun perangkan penyipanan kompak lainnya, seperti disket ataupun flash drive. Sistem Operasi Live CD biasanya memiliki kapasitas resources yang ringan, dan juga sangat mudah untuk digunakan, namun biasanya, sistem operasi live CD memiliki fitur – fitur yang terbatas, dan tidak selengkap fitur dari sistem operasi biasa.

Macam Sistem Operasi Komputer

1. Sistem Operasi DOS

DOS (Disk Operating System) merupakan jenis sistem operasi pertama yang masuk ke dalam sistem opersi stand alone. DOS adalah sebuah sisteem operasi yang menggunakan disk untuk dapat bekerja.

DOS merupakan sistem operasi yang sifatnya single user, dan merupakan salah satu sistem operasi tanpa media grafis sehingga user hanya dihadapkan pada sebuah tampilan layar hitam dengan tulisan putih. Penggunaan DOS awalnya digunakan pada komputer – komputer terbitan IBM, yang dikhususkan untuk penggunaan bisnis. DOS sendiri pada saat itu seperti dijajah oleh Microsoft, karena pada saat itu, Microsoft mengembangkan sistem DOS ini, sehingga kita mengenal nama sistem operas MS – DOS.

  • Cara kerja sistem operasi DOS
    Sistem operasi DOS memilki cara kerja yang rumit dan juga kompleks. User yang menggunakan sistem operasi ini dituntut untuk mampu memahami perintah – perintah dan juga command dari sebuah komputer agar dapat mengoperasikan komputer. Tampilan dari sistem operasi ini yang tidak menggunakan gambar menambah kerumitan dari penggunaan sistem operasi DOS ini.

Kelebihan MS-DOS:

  1. Ukuran program kecil.
  2. Memori yang digunakan ringan
  3. Cocok dengan semua perangkat baik keras maupun lunak

Kekurangan MS-DOS:

  1. Perintah dimasukkan dengan teks. Jika tidak ingat atau lupa, maka akan jadi kesulitan tersendiri.
  2. Kurang mendukung aplikasi yang mengedepankan grafik.

2. Sistem Opersi Windows

Setelah masa DOS berakhir, muncul sistem operasi terbaru yaitu windows. Sistem opersi Windows di keluarkan oleh Microsoft Inc. Miscrosoft saat ini merupakan salah satu sistem operasi yang sangat populer seperti di Indonesia, Hampir dari 90% pengguna sistem operasi menggunakan sistem operasi windows. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1975, dan masih berkembang hingga saat ini, dalam menciptakan berbagai pembaruan dari sistem operasi mereka. Microsoft Windows sebenarnya bisa masuk ke dalam dua kategori sistem operasi, yaitu sistem operasi stand alone dan juga sistem operasi jaringan.

Perkembangan Sistem Operasi

  • Windows 1.0
  • Windows 2.0
  • Windows 3.0
  • Windows 3.1 (Janus)
  • Windows 95 (Chicago)
  • Windows 98 (Memphis
  • Windows Milenium Edition
  • Windows NT 3.1
  • Windows NT 3.5 (Daytona)
  • Windows 2000 (Windows NT 5.0)
  • Windows XP
  • Windows Vista
  • Windows 7
  • Windows 8
  • Windows 8.1
  • Windows 10

Itulah seluruh sistem operasi Stand alone yang sudah dikembangkan oleh Microsoft Windows, mulai dari awal hingga saat ini. Disebutkan bahwa Windows 10 adalah generasi terakhir dari sistem operasi Windows, yang diklaim memiliki banyak kelebihan dan juga memiliki banyak sekali fitur – fitur yang sangat menarik di dalamnya.

Kelebihan Windows

  1.  User friendly dibandingkan dengan sistem operasi yang lain
  2.  Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
  3.  Banyak software berbasis Windows
  4.  Dukungan driver yang lebih banyak
  5.  Banyak orang yang menggunakan Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunakan dasar Windows. Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya. Bahkan beberapa aplikasi vital dunia kerja.
  6.  Karena systemnya sudah dishare untuk bisa dikembangkan, maka semakin mudah siapa saja membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows. Terutama dunia usaha yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
  7.  Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
  8.  Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows.
  9.  Kalau ada masalah mudah menyelesaikannya sebab hampir semua orang bisa, dan mencari ahlinya juga tidak sulit disekitar kita.

Kekurangan Windows

  1. Harga licensi mahal
  2. Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
  3. Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
  4. Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
  5. Sistem yang kurang stabil

3. Sistem Operasi Mac OS

Mac OS atau Macintosh ini merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi pesaing dari Microsoft Corporation, yaitu Apple Inc. Mac OS termasuk salah satu jenis sistem operasi stand Alone.

Merupakan sistem operasi yang ekslusif untuk digunakan pada produk keluaran Apple saja, seperti Mac Book dan juga berbagai komputer desktop lainnya yang dikeluarkan oleh Apple. Banyak orang yang juga menganggap bahwa Mac OS merupakan sabuah sistem Operasi yang masuk ke dalam keluarga sistem operasi UNIX.

Sistem operasri ini, diluncurkan pada bulan Januari tahun 1984, yang mana merupakan jangka waktu yang cukup jauh apabila dibandingkan dengan peluncuran dari sistem operasi Windows. Meski demikian, nyatanya saat ini Mac OS juga menjadi salah astu sistem operasi yang populer untuk digunakan, terlebih lagi karena nilai prestige dan juga ke ekslusifannya.

Daftar sistem Operasi pengembangan dari Mac OS :

  1. Mac OS System 1
  2. Mac OS System 2
  3. Mac OS System 3
  4. Mac OS System 4
  5. Mac OS System 5
  6. Mac – OS System 6
  7. Mac OS System 7
  8. Mac OS System 8
  9. Mac OS System 9
  10. Mac OS X (10)

Hingga saat ini, Mac OS X masih terus dikembangkan untuk produk – produk dari komputer yang dikeluarkan Apple Inc.

Kelebihan Machintosh:

  1. Hardware dan sistem operasi berasal dari produsen yang sama.
  2. Tidak bisa di tembus virus dan worm.

Kekurangan Machintosh:

  1. Hanya cocok bagi graphic designer.
  2. Hanya pihak MacOs saja yang mengembangkan sistem operasi ini
  3. Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.

4. Sistem Opersi Linux

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang cukup populer, dan juga cukup dikenal oleh banyak orang, namun demikian penggunaannya tidak sebanyak sistem operasi Windows dan juga Mac OS. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang sifatnya open source, alias terbuka. Maka dari itu, banyak sekali jenis – jenis sistem operasi yang dikembangkan, dengan menggunakan basis sistem operasi Linux.

Berbeda dengan sistem operasi Windows dan juga Maco OS yang selalu memberikan pembaruan versi secara berkala, maka Linux berbeda. Linux memberikan kebebasan bagi para programmer untuk mengembangkan sistem operasinya sendiri, dengan basis LINUX, yang akhirnya terbagi menjadi beberapa jenis distro linux, yang bisa dikembangkan dalam menciptakan dan mengembangkan sistem operasi sendiri, yaitu :

  1. Red Hat
  2. Debian
  3. Slackware
  4. SuSE
  5. Mandrake
  6. WinLinx
  7. Dan masih banyak lagi distro – ditro linux, sesuai dengan spesifikasinya.

Kelebihan Linux

  1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
  2. Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
  3. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.

Kekurangan Linux

  1. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
  2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau linuxhardware.org.
  3. Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.

5. Sistem Operasi Unix

UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang berfungsi sebagai kategori sistem operasi Stand Alone, maupun sistem operasi dalam jaringan. SIstem operasi UNIX ini pertama kali diciptakan oleh Ken Thompson dan juga Dennis Ritchie pada tahun 1969. Kemudian, Sistem operasi ini juga dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi yang besar di Amerika, yaitu AT&T Bell Labs. UNIX jarang kita temui sebagai salah satu sistem operasi yang digunakan oleh user komputer secara umum, karena kebanyakan sistem operasi UNIX digunakan untuk modifikasi dan pengembangan sistem operasi baru yang berbasis UNIX.

Ada beberapa jenis atau nama varian dari UNIX, yang merupakan sistem operasi hasil pengembangan dari basis UNIX, seperti :

  1. A/UX, Doman/X, Darwin yang dikembangkan oleh Apple Computer yang merupakan basis dari sistem operasi Mac OS
  2. CTIX dan Distrix, yang dikembangkan oleh Convergent technology
  3. UniCOS, yang dikembangkan oleh Cray Research
  4. DG/UX yang dikembangkan oleh Data General Corporation
  5. Digital UNIX dan juga Ultrix, yang dikembangkan oleh Digital Equipment
  6. HP/UX yang dikembangkan oleh Hewlett Packard
  7. UNIX Ware yang dikembangkan oleh Novell Incorporated
  8. SINIX, yang dikembangkan oleh Siemens Corporation
  9. Solaris, yang dikembangkan oleh Sun Microsystem
  10. Uniplus, yang dikembangkan oleh Unisoft Corporation
  11. Linux, Free BSD, Open BSD, Next Step, Net BSD, dan masih banyak lagi varian dari hasil modifikasi sistem operasi UNIX.

Kelebihan Unix:

  1. Sistem operasinya gratis
  2. Tidak perlu mengintal driver lagi
  3. Mendapatkan applikasi multimedia dan desian grafis yang lengkap
  4.  Tidak bisa terkena virus
  5. Desktopnya bagus

Kekurangan Unix:

  1. Membingungkan karena berbeda dengan windows
  2. Format file yang terlalu sedikit
  3. Banyak software yang tidak complatible dengan linux

6. Sistem Operasi Amiga

Sistem operasi Amiga atau Amiga OS merupakan salah satu sistem operasi yang dibuat dan juga dikembangkan untuk kebutuhan komputer Amiga. Amiga meruakan komputer pribadi atau PC yang dikembangkan oleh Commodore International, dengan sistem operasi pertama yang diperkenalkan adalah Amiga 1000.

Sistem operasi ini berjalan pada seri Motorola 68 K, dengan menggunakan processor 1 dan juga 32 bit. Amiga OS saat ini hak patennya dipegang oleh Amiga Inc, yang dibantu oleh Hyperion Entertainment dalam pengembangan Amiga OS 4.

Amiga memang merupakan sistem operasi yang kurang populer di kalangan masyarakat umum.

7. Garuda OS

Merupakan salah satu sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan di Negara kita sendiri, yaitu Indonesia. Garuda OS merupakan sistem operasi komputer berbasis Linux, yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam memperoleh sistem operasi yang sifatnya freeware, namun tetap original dan juga memiliiki standar nasional Indonesia, atau SNI.

Garuda OS secara spesifik berbasis PC Linux OS Fullmonty Edition, yang memilki banyak kelebihan. Namun sayang, sistem operasi Garuda OS ini juga masih kurang populer di kalangan user di Indonesia, karena penggalangan untuk menggunakan opensource dan juga freeware masih kurang optimal, sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya.

8. Sistem Operasi Google Chrome

Merupakan sistem operasi buatan Google Inc, yang menggunakan basis Linux sebagai sistem operasi pengembangannya. Google Chrome OS ini merupakan sistem operasi yang sifatnya open source, yang diluncurkan pada tahun 2009, tepatnya 7 Juli.

Sistem operasi ini, sayangnya tidak berlaku universal, karena hanya bisa diterapkan pada komputer yang suah dirangcang khusus sehingga kompatibel dengan sistem operasi Google Chrome ini. Dengan menggunakan sistem operasi Google Chrome, maka usernya akan dapat menikmati pengalaman ereka dalam melakukan pencarian di dalam internet, dan lebih ditujukan bagi kebutuhan berinternet pada usernya.

9. Sistem Operasi Be OS

Be OS merupakan sistem operasi untuk sebuah PC atau personal computer yang dikembangkan oleh B Inc. Be OS pada awalnya dibuat untuk berjalan dan befungsi pada perangkat keras keluaran Be, yaitu Be Box, yang mulai dikembangkan pada tahun 1991.

Be Box mengandalkan multiptocessing Simetric, dan menggunakan bandwith modulae, serta memilik kemampuan untuk melakukan preemptive multitasking.

10. Sun Solaris OS

Sun Solaris merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystem, salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Sun Solaris OS ini merupakan sistem operasi berbasis UNIX, yang dikembangkan pada tahun 1992 untuk mendukung sistem operasi sebelumnya, yaitu sistem operasi Sun. Sun Solaris ini terkenal akan kestabilannya, dan juga memiliki pilihan kpemilikan, yaitu lisensi pribadi, ataupun sistem operasi yang sifatnya terbuka atau open source. Untuk sistem operasi yang opensource, bernama open solaris.

11. Sistem Operasi Blank On

Merupakan sistem operasi berbasis Linux lainnya yang dikembangkan oleh para pecinta Linux di tanah air. Blank On ini dikembangkan oleh YPLI, dan merupakan sistem operasi berabsis Linuc yang sengaja dikembangkan untuk mendukung kebutuhan sistem operasi dari para pengguna komputer pada umumnya, terutama dalam bidang pendidikan, perkantoran dan juga pemerintahan. Namun demikian, tetap saja, sistem operasi ini masih kalah pamor dibandingkan dengan siste operasi populer, seperti Windows dan juga Mac OS.

Macam-Macam Sistem Operasi SmartPhone/Mobile

1. Windows Phone

Seperti namanya, sistem operasi mobile ini adalah milik Microsoft untuk mempersenjatai smartphone mereka. Saat ini kebanyakan seri Nokia Lumia yang menggunakannya.

Kelebihan Windows Phone:

  • Interface yang mirip dengan versi komputer atau desktopnya. Akan lebih cepat adaptasinya.
  • Hampir semua software versi desktop juga ada versi mobile-nya.
  • Fasilitas sync dengan Windows Live.

Kekurangan Windows Phone:

  • Kemunculannya yang agak terlambat membuat banyak aplikasi belum tersedia.
  • Baterai boros diversi awal.

2. Apple iOS

iOS merupakan versi mobile dari Mac OS X. Sistem operasi yang menggebrak dunia ponsel melalui iPhone, iPod hingga digunakan juga diperangkat tablet mereka; iPad. Sebuah sistem operasi yang memanusiakan manusia melalui fitur touch screen yang realistis.

Kelebihan iOS:

  • Integrasi yang mudah dengan perangkat Apple lainnya.
  • Cepat dan efisien karena sistem yang mereka buat khusus untuk produk mereka sendiri.
  • Memory yang digunakan tidak besar.

Kekurangan iOS:

  • Tidak ada media eksternal.
  • Memerlukan program tambahan (iTunes) untuk bisa mentransfer data (mp3, video dll).
  • Harga mahal.

3. Google Android

Saat ini, boleh dibilang inilah sistem operasi terpopuler untuk smartphone. Dengan duit 500ribu pun Anda sudah bisa mendapatkan ponsel pintar bersistem operasi Android. Android juga mengusung open source karena pada dasarnya basisnya dari Linux.

Kelebihan Android:

  • Open Source
  • Dukungan dari Raksasa Google
  • Tersedia memory eksternal
  • Harga cenderung murah.

Kekurangan Android:

  • Memerlukan memory yang besar.
  • Pada perangkat tertentu, sering hang (karena software dan hardware dibuat terpisah; berbeda dengan Apple yang khusus membuat iOS untuk perangkatnya)
  • Agar optimal, Anda harus memiliki akun GMail dan tersambung ke internet
  • Mulai terdapat malware/virus mengingat semakin mudahnya OS ini diperoleh.

Demikian informasi yang diberikan.  Semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares