Tutorial

9 Layanan Internet Lengkap dengan Penjelasan serta Fungsinya

on

Pro.co.id – Dengan semakin pesatnya berkembangan teknologi internet, membuat semua kebutuhan Baik PC atau Smartphone menjadi lebih penting. pasalnya untuk uruan Bisnis atau komunikasi biasa akan lebih murah menggunakan Internet di bandingkan dengan Fasilitas Call pada umumnya yang menggunakan Pulsa.

Selain itu berbagai Informasi akan kita dapatkan dengan mudah berkat adanya Internet, bahkan menggunakan Jaringan internet dalam hal mencari informasi lebih detail serta mudah. Anda cukup mengetikan kata yang akan anda cari di Serach Engine maka ada ratusan bahkan ribuan Situs menerangkan apa yang anda cari Informasinya.

Agar kemudahan bisa kita dapatkan dengan menggunakan internet, tentunya anda harus tahu menganai cara serta fungsi dari beberap layanan Internet tersebut. Sehingga semua pekerjaan serta kebutuhan Internet akan lebih efesien dan mudah. berikut beberapa Jenis Layanan Internet yang harus anda ketahui.

Jenis-Jenis Layanan Internet Fungsi dan Penjelasannya Lengkap

  1. E-Banking

Adalah sebuah laynan berbasis Internet yang umumnya di gunakan dalam membantu untuk pengguna yang memiliki Rekening BANK dalam hal memudahkan transfer uang secara cepat tanpa harus menggunakan ATM sebagai media Transfer. Banyak yang menggunakan E-Banking untuk berbelanja secara Online.

  1. E-Mail (Electronic Mail)

Atau dalam bahasa Indonesia Surel (Surat Elektronik) yang mana sebuah layanan Internet yang banyak di gunakan dalam mengirim surat secar Digital. E-Mail bisa di katakan merupakan salah satu layanan Internet pertama kali ada di dunia. Beberapa penyedia E-Mail yang plaing banyak di Gunakan adalah Yahoo mail, Gmail dari Google.

  1. E-Commerce

Bisa di katakan Toko Online yang mana memudahkan pengguna Internet dalam melakukan belanja secara Online. Saat ini E-Commerce menjadi trend dan banyak perusahaan telah menggunakan layanan ini sehingga akan lebih mudah dalam bertransaksi tanpa harus datang langsung ke Lokasi. Apalagi bagi anda yang ingin berbelanja di luar negri.

  1. E-Learning

Adalah salah satu layanan internet yang fungsinya untuk pembelajaran secara online dimana kita sebagai pelajar dapat berinteraksi tanpa harus bertatap muka langsung kepada guru pengajarnya melainkan jarang jauh. Komputer sangat menjadi kebutuhan pokok di dunia E-Learning.

  1. E-Goverment

Sebagai layanan Internet yang digunakan oleh pemerintah yang kemudian disediakan untuk masyarakat. Dengan adanya layanan Internet ini masyarakat akan lebih mudah mendapatkan berbagai Informasi mengenai Pemerintahan. Ada beberapa jenis E-Govertment di antaranya adalah Goverment to Employ (G2E),Goverment to Citizen / Goverment to Customer (G2C),dan Goverment to Goverment (G2G). Tujuan dengan adanya laayanan Ini sebagai membantu Publik dalam hal pemerintahan secara Online.

  1. Milist (Mailing List)

Umumnya layanan ini digunakan sebagai Forum atau Diskusi dari sebuah kumpulan atau Organisasi dan komunitas. Beberapa Anggota yang terdaftar dapat menerima Mailing list serta dapat membacanya dari Surat yang di kirim oleh Anggota Lainnya. Anggota yang mendapatkan Surat ini tidak mewajibkan untuk membalasnya.

  1. IRC (Internet Relay Chat)

Pada zamannya IRC sangat populer adalah sebuah layanan penyedian Chating. Sehingga dengan adanya Layanan ini semua orang akan saling terhubung dengan mudah dan bisa membalas pesan secara langsung. namun sekarang penggunaanya sudah sangat jarang sekali, karena orang lebih banyak menggunakan Facebook.

  1. VOIP (Voice Over Internet Protocol)

Layanan ini sebagai pengganti Telpon menggunakan Pulsa, dengan menggunakan ini anda bisa menelpon Gratis ke sesama pengguna Voip tentunya, namun keberadaannya kurang banyak di minati karena sudah tersedia layanan telpon gratis lewat berbagai Media Sosial Seperi BBM, Facebook atau Skype. Nah, Jika anda ingin menggunakan Voip bisa dengan menggunakan Server Lokal Indinesia dengan nama Voip Rakyat.

  1. Telnet (Telecommunication Network)

Biasanya ini di gunakan untuk kebutuhan Jaringan serta banyak di gunakan dalam pengaturan V-Sat, Jadi Telnet merupakan fasilitab Komunikasi yang menghadirkan Interaksi dua Arah dengan mengandalkan koneksi virtual terminal.

Sebenarnya masih banyak layanan internet lainnya yang masih belum di paparkan, Semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares