Pemograman WEB

Daftar Istilah – Istilah Dalam Dunia Pemograman Terlengkap

By

on

Dalam dunia pemograman banyak sekali istilah-istilah atau bahasa pemograman asing yang akan ditemui. Untuk pemula mungkin istilah-istilah itu akan sangat membingungkan. Untuk itu istilah-istilah tersebut harus bisa kita ketahui dan pahami. Berikut ini akan admin jelaskan mengenai istilah istilah yang sering digunakan dalam pemograman.

Berikut ini penjelasan tentang istilah WWW, Web, HTML, URL, surfing dan Surfer.

istilah-internet-dan-artinya

WWW: World Wide Web

WWW: World Wide Web:  Lebih dikenal dengan web, awalnya merupakan suatu layanan penyajian informasi di Internet dengan menggunakan HTML. Web identik dengan Internet, karena kepopulerannya saat ini, web sudah menjadi interface aplikasi untuk melakukan transaksi dan sajian informasi yang lengkap dari seluruh dunia.

Web

Web: World Wide Web

Protokol

Protokol: Secara definisi adalah standar pemrosesan informasi yang diterima secara umum. Protokol TCP/IP merupakan protokol yang digunakan dalam komunikasi dalam Internet.

URL

URL: Universal Resource Locator; URL adalah konsep nama file standard yang diperluas dengan jaringannya. Nama file ini tidak hanya menunjukkan direktori dan nama filenya, tetapi juga nama mesinnya dalam jaringan. URL dapat disediakan (ada atau diakses) dengan berbagai metode, dan bisa jadi bukan sekadar file, karena URL dapat menunjukkan query-query, dokumen yang disimpan dalam database, hasil dari suatu perintah finger atau archie, atau apa pun yang berkaitan dengan data hasil proses.

Macam-macam URL sesuai konteksnya:

URL File: Misal ada sebuah dokumen dengan nama “contoh.txt”, file ini ada pada server ftp yang dinamai “ftp.piksi.itb.ac.id” yang dapat diakses oleh pemakai anonymous, terletak di dalam direktori ”/pub/files”.

Maka URL file ini adalah:
file://ftp.piksi.itb.ac.id/pub/files/contoh.txt. Direktori paling atas (top level) dari file ini adalah file://ftp. piksi.itb.ac.id/. Direktori “pub” dari server ftp ini dengan mudah adalah: file://ftp. piksi.itb.ac.id /pub.

URL Gopher: URL Gopher sedikit lebih rumit daripada URL file, karena server Gopher sedikit lebih ‘tricky’ untuk diakses dari pada server FTP. Untuk mengunjungi suatu server gopher (misal, server Gopher pada gopher.piksi.itb.ac.id) kunjungi URL ini: gopher: //gopher.yoyodyne.com. Beberapa server gopher dapat berada pada port jaringan yang tidak umum pada mesin host. (Nomor Port Gopher default adalah 70), jika kita mengetahui server Gopher pada mesin gopher.piksi.itb.ac.id ada pada port 1234 bukan pada port 70, maka URL-nya adalah gopher://gopher.piksi.itb.ac.id:i234/

URL News: Untuk menunjuk suatu newsroup Usenet (misalnya soc.culture.indonesia”), URL secara mudah ditulis news:soc.culture.indonesia. Tidak semua aplikasi klien (aplikasi pada sisi pemakai) mengijinkan URL server news secara normal seperti news: //news.piksi.itb.ac.id/soc.culture.indonesia),
vj ntoh aplikasi klien ini adalah NCSA Mosaic.

URL HTTP; HTTP kependekan dari HyperText Transfer Protocol. Server HTTP umumnya digunakan untuk melayani dokumen •ypertext, karena HTTP adalah protokol dengan overhead yang e-angat rendah, sehingga pada kenyataan navigasi informasi dapat d::ambahkan langsung ke dalam dokumen dan dengan demikian protokolnya sendiri tidak harus mendukung navigasi secara penuh e«eperti halnya protokol FTP dan Gopher lakukan. Sebuah file ir-gan nama “contoh.html” pada server www.piksi.itb.ac.id direktori “/pub/files” maka URLnya “hup: www.piksi.itb.ac.id/pub/files/ contoh.html”.

Nomor port jaringan HTTP default adalah 80, jika suatu server HTTP berada pada port jaringan yang berbeda, misal pada port 1234 maka URL menjadi http://www.piksi.itb.ac.id:i234/ pub/flles/contoh.html.

URL Partial: Setelah menampilkan suatu dokumen dari suatu server pada jaringan (misalnya http://www.piksi. itb.ac.id/pub/files/contoh.html), kita dapat menggunakan sebagian (partial) atau relatif URL untuk menunjuk file yang berada pada’direktori yang sama, pada mesin dah direktori yang sama yang dilayani dengan software yang sama. Sebagai contoh, jika ada file lain yang berada pada direktori yang sama dengan contoh.html misalnya bernama contohlain.html maka contohlain.html merupakan URL relatif yang valid pada titik tersebut. Hal ini memudahkan untuk membuat himpunan dokumen hyperteks. Jika satu himpunan dokumen hyperteks disimpan pada satu direktori umum, maka file-file tersebut bisa saling mengacu satu sama lain (di-hyperlink-kan) dengan hanya menuliskan nama filenya — pembaca dapat memperoleh dokumen, dengan loncatan menuju dokumen lainnya pada direktori yang sama hanya dengan URL partial. Informasi lainnya (metode akses, nama host, nomor port, nama direktori) dapat diasumsikan dengan menggunakan informasi dari URL yang digunakan untuk mendapatkan dokumen yang pertama.

Surfing

Surfing: Kegiatan menelusuri dan mencari informasi dalam Internet melalui layanan informasi web.

Surfer

Surfer: Pemakai komputer yang melakukan surfing.

Demikian penjelasan singkat yang bisa admin sampaikan tentang Daftar Istilah – Istilah Dalam Dunia Pemograman. Semoga ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat bagi pembaca. Sampai bertemu di postingan-postingan selanjutnya.. ^^

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares