jaringan komputer

Cara Kerja Email Server Beserta Pengertiannya

on

Pro.co.id – Anda sebagai pengguan Internet atau lebih banyak aktivitas di depan komputer pastinya sudah tahu, Apa itu Email? seperti halnya dengan Aplikasi berbasis Client Server, Email juga di bagi menjadi 2 yakni Email Server dan Client Server. namun dalam hal ini yang hanya kita tahu adalah sebagi pengguna atau bisa di bilang hanya sebagai Email Client. ada banyak sekali penyedia layanan Email yang bisa kita gunakan di antaranya Gmail, Yahoo Mail, Outlook dan lainnya. yang bertindak sebagai Email server adalah di penyedia layanan tersebut.

Dalam artikel kali ini akan di ulas secara lengkap mengenai Email Server dan juga pengertiannya, Karena memang kita pun bisa membuat Email Server tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat ulasan lengkap di bawah ini :

Pengertian Mail Server

Mail Server atau umumnya di sebut Email Server merupakan sebuah perangkat lunak yang di rancang secara khusus, sehingga bisa melakukan mendistribusikan berupa file atau Informasi dan akan merespon atas permintaan dari client Via Email. Mail Server ini pun banyak digunakan di Bitnet sebagai penyedia layanan seperti FTP.

Sebuah komputer yang di khususkan untuk menjalankan berbagai Aplikasi perangkat lunak bisa di sebut juga Mail Server, karena ini sama saja sebagai pusat dari setiap Email System. Yang mengelola Mail Server umumnya di sebut post master.

Beberapa tugas dari Tugas Post Master di antaranya :

  • Mengelola Account
  • Memonitor Kinerja Server
  • Tugas Administratif Lainnya

Protokol Pada Mail Server

Agar server dapat berjalan dengan baik menggunakan beberapa Protokol di antaranya protokol SMTP, POP3 dan IMAP.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) memiliki kegunaan sebagai standarisasi dalam menampung dan mendistribusikan email tersebut. sedangkan pada POP3 (Post Office Protocol v3) dan IMAP (Internet Mail Application Protocol) berfungsi bagi user sehingga dapat mengambil dan membaca Email yang masuk atau di kirim lewat Remote sehingga anda tidak perlu harus Login ke dalam System Shell mesin Mail Server, jadi  hanya cukup menghubungi Port tertentu dari Mail Client yang melakukan implementasi protocol POP3 dan IMAP.

Penjelasan dan Fungsi Protokol Mail Server

Ada 2 Mail server yang berbeda yang terdapat pada Server yakni :

Outgoing Server (Sending email) : Protocol server yang menangani ini adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) pada port 25.

Incoming Server (Receiving email) : Sedangkan Protocol server yang ini khusus yang menangani adalah POP3 (Post Office Protocol) pada port 110 atau IMAP (Internet Message Access Protocol) pada port 143.

Untuk penjelasan secar detail adalah sebagai berikut :

SMTP Server
Pada waktu Client melakukan pengiriman Email maka email tersebut di tugaskan oleh SMTP Server dan akan di teruskan ke SMTP Server tujuan, bisa langsung ke Server tujuan atau ke beberapa jalur yang di lewatinya. Jika Server berhasil terhubung maka Email bisa di kirim, Namun jika mengalami kendala dengan sambungan maka akan di teruskan ke dalam queue dan di resend setiap 15 menit, namun jika dalam 5 hari tidak juga mengalami perubahan maka akan di lakukan undeliver notice ke inbox pengirim.

POP3 Server
Jika menggunakan POP3 Server, apabila melakukan pembacaan Email maka Email pada server akan di Unduh sehingga Email hanya akan terdapat di mesin yang mendownload email tersebut.

IMAP Server
Untuk yang menggunakan IMAP Server, maka Email tersebut bisa di akses lewat Device yang berbeda.

Apa Itu Port ?

Port merupakan socket atau jack koneksi yang letaknya ada di bagian luar unit sistem. port memiliki fungsi untuk melakukan transimisi data. berikut ini berbagai macam Port:

  • Port Serial
  • Port Pararel
  • Port SCSI (Scuzzy)
  • Port USB

Cara Kerja Mail Server

Ada banyak macam mengenai penjelasan dari cara kerja Mail Server, namun untuk ulasan ini akan di jelaskan 2 Versi cara kerja Mail Server yang sudah di Rangkum dari berbagai Sumber terpercaya. Pada dasarnya dari kedua varian cara kerja Email tersebut memiliki tujuan yang sama. Silahkan anda tentukan sendiri yang menurut anda paling sesuai.

Pertama, Cara Kerja Mail Server

Proses dalam pengiriman Email melewati berbagai proses tahapan yang cukup panjang. ketika Email di kirm, maka Email tersebut akan di Simpan di Mail Server dan di jadikan dalam satu file berdasarkan tujuan Email tersebut. File tersebut berisi Informasi mengenai sumber dan juga tujuan, dan juga di lengkapi dengan Tanggal serta waktu dalam pengiriman. Ketika user membacca email maka user tersebut telah mengakses Server Mail dan membaca File yang tersimpan di dalam server yang akan di tampilkan lewat peramban/Browser.

Cara Kerja Email Server Beserta Pengertiannya 1

Kedua, Cara Kerja Mail Server

Sebelum anda mengenal cara kerja Mail server harus mengenal beberapa Istilah diantaranya MUA, MTA, MDA dll. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di bawah ini :

Mail User Agent (MUA)
Merupakan sebuah komponen yang terhubung dengan End-User secara langsung. Misalkan dari MUA yakni Thunderbird, MS Outlook, Zimbra Desktop. untuk Interface di antaranya adalah Gmail dan Yahoo juga MUA.

Mail Transfer Agent (MTA)
Bertugas penuh untuk mentransfer email dari mail server kemudian di tersukan sampai ke server penerima email. Contoh MTA yakni sendmail dan postfix.

Mail Delivery Agent (MDA)
Dalam surat server tujuan, MTA lokal akan menerima Email yang masuk dari MTA yang paling jauh. Email ini kemudian menersukan ke kotak pengguna dengan MDA.

POP / IMAP
Merupakan protokol yang berfungsi untuk mengambil email dari kotak surat penerima server dan sebagai penerima MUA.

Mail Exchanger Record (MX)
Record MX adalah entri DNS untuk mail server. Catatan ini ditujukan ke alamat IP yang mengarah ke email yang harus dituju.  dalam hal ini MX record terendah di prioritaskan yakni akan mendapat prioritas tertinggi. Misalnya, MX 10 adalah lebih baik daripada MX 20. Alamat IP dari MX record dapat bervariasi berdasarkan desain dan konfigurasi persyaratan, seperti yang akan dibahas nanti dalam artikel.

Cara Kerja Email Server Beserta Pengertiannya 2

Pada saat pengguna melakukan pengiriman dengan mengklik Tombol kirim. Maka SMTP (MTA) akan memastikan bahwa ujung pengiriman email dari pengirim-sisi server ke server tujuan. setelah sampai ker Server Tujuan, maka MTA lokal ke server tujuan akan menerima email kemudian di pindahkan ke MDA setempat. Lalu MDA tersebut akan menuliskan Email ke kotak Pesan si penerima. pada saat penerima memeriksa email, yang bertugas menyediakan dalam hal ini adalah MUA dengan bantuan protokol seperti POP atau IMAP.

Itulah beberapa ulasan yang bisa di katakan sangat panjang, namun dalam hal ini anda sudah mengerti bagaimana Mail Server itu sendiri bekerja. Semoga Bermanfaat

You must be logged in to post a comment Login

Shares