sistem Informasi

Awal Sejarah dan Perkembangan Microsoft Windows Terlengkap

By

on

Pro.Co.Id – Microsoft Corporation dirintis oleh seorang mahasiswa yang dropout bernama Bll Gates, atau yang bernama lengkap William Henry Gates III yang didirikan pada tahun 1975 dengan kantor pusat di daerah Redmond, Washington DC, Amerika Serikat.

Microsoft lebih banyak dikenal sebagai salah satu perusahaan yang mengembangkan sebuah sistem operasi komputer, yang tidak hanya banyak digunakan, namun juga sangat melegenda, karena bisa dikatakan bahwa beberapa komputer generasi pertama menggunakan sistem operasi dan software pengembangan dari Microsoft untuk dapat menjalankannya. Bisa dibilang software buatan Microsoft ini merupakan sebuah legenda hidup yang masih ada hingga saat ini.

Sebagai sebuah korporasi yang bergerak di bidang pengembangan teknologi, informasi dan kompunikasi. Microsoft sendiri memiliki beberapa tujuan bisnisnya. Berikut ini adalah tujuan bisnis dari Microsoft Corporation  yaitu Mengembangkan Windows Client, yaitu sistem operasi berbasis Micrososft Windows pada client dan server

Sejarah Awal dan Pengembangan Microsoft

Microsoft Windows merupakan salah satu sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan di dunia, dan juga merupakan salah satu produk hasil pengembangan dan risek dari Microsoft Corporation selama kurang lebih 30 tahunan. Microsoft Windows sendiri, pada pengaplikasian dan prakteknya di dalam dunia sistem operasi kompter mulai dikembangkan berdasarkan data berbasis DOS.

DOS sendiri merupakan salah satu sistem operasi komputer yang pada masanya merupakan salah satu sistem operasi yang digunakan di seluruh komputer. Merupakan kependekan dari Disk Operating Sytem, DOS merupakan sistem operasi komputer yang berjalan dengan menggunakan disk di dalam kmputer. Saat ini apabila kita membeli laptop, maka sistem operasi DOS sudah pasti terinstall di dalamnya.

Untuk menjalankan sistem operasi DOS ini, user paling tidak harus memiliki pemahaman mengenai beberapa bahasa dan perintah kompter yang sederhana, hingga kompleks. Bahkan hanya untuk meng-copy satu file saja, anda mungkin membutuhkan banyak waktu untuk mengetik perintah di dalam DOS. Tentu saja penggunaan DOS ini sangatlah merepotkan. Maka dari itu, dengan menggunakan pengembangan berbasis DOS, Microsoft windows mulai mengembangkan sistem operasi miliknya, yang lebih mudah dan lebih user friendly.

Awal sejarah microsoft bermula dari Paul Allen dan Bill Gates, sesama teman masa kecil yang menikmati pemrograman komputer, mencoba untuk membuat bisnis yang sukses memanfaatkan kemampuan mereka. Majalah edisi 1975 Januari Popular Electronics menampilkan Altair 8800 mikrokomputer buatan Micro Instrumentation dan Telemetry Systems (MITS).

Allen tahu bahwa mereka bisa memprogram BASIC untuk perangkat; setelah menerima telepon dari Gates yang mengklaim bahwa mereka memiliki seorang juru bahasa, MITS diminta langsung ditunjukkan.

Karena pada saat itu mereka tidak memiliki penerjemah, Allen membuat simulator untuk Altair sementara Gates mengembangkan interpreter. Meskipun mereka mengembangkan juru simulator dan bukan instrumen asli, juru beroperasi sangat lancar ketika ditunjukkan ke MITS di Albuquerque, New Mexico Maret 1975, MITS setuju untuk mendistribusikan dan memasarkannya dengan nama Altair BASIC. Mereka secara resmi didirikan Microsoft pada tanggal 4 April 1975 dan dibesarkan Gates sebagai CEO.

Allen memicu nama “Micro-Soft”, sebagaimana dinyatakan dalam Keberuntungan artikel majalah pada tahun 1995. pada bulan Agustus 1977, perusahaan membuat kesepakatan dengan majalah ASCII di Jepang dan menyebabkan pembentukan kantor internasional pertamanya, “ASCII Microsoft “.Perusahaan pindah ke kantor barunya di Bellevue, Washington pada Januari 1979.

Microsoft memasuki bisnis OS (sistem operasi) pada tahun 1980 dengan versi sendiri dari Unix disebut Xenix.Tetapi, itu MS-DOS yang memperkuat dominasi perusahaan.

Setelah negosiasi dengan Digital Research gagal, IBM menyetujui kontrak dengan Microsoft pada November 1980 untuk menyediakan versi CP / M OS, yang akan digunakan dalam jajaran IBM Personal Computer (PC IBM) mendatang. Untuk perjanjian ini, Microsoft membeli tiruan dari CP/M yang disebut 86-DOS dari Seattle Computer Products, menamainya MS-DOS, yang digantikan lagi oleh IBM ke dalam PC-DOS.

Setelah peluncuran PC IBM pada bulan Agustus 1981, Microsoft memperoleh kepemilikan MS-DOS. Sejak IBM IBM PC cipta mendaftar BIOS, perusahaan lain harus melakukan rekayasa mundur agar hardware non-IBM dapat beroperasi sebagai komputer yang kompatibel IBM PC.

Karena berbagai faktor, seperti pilihan perangkat lunak yang tersedia untuk MS-DOS, Microsoft langsung ke sistem operasi PC vendor terdepan pada masanya. Perusahaan ini memperluas diri ke pasar baru dengan merilis Mouse Microsoft pada tahun 1983, serta divisi penerbitan bernama Microsoft Press.Paul Allen mengundurkan diri dari Microsoft pada bulan Februari setelah terserang penyakit Hodgkin.

Pengembangan Sistem Microsoft Windows

Berikut ini adalah pengembangan dari sistem operasi Microsoft Windows beserta keterangan lengkap sejarahnya.

1. Windows 1.0 (pada era tahun 1985)
Merupakan versi pertama dari pengembangan sistem operasi milik Windows setelah MS DOS. Dengan menggunakan sistem operasi Windows 1.0 ini, maka user sudah tidak hanya menikmati layar hitam milik DOS saja, namun sudah dapat menikmati tampilan user interface dengan menggunakan satuan bitmap dan menggunakan mouse sebagai alat untuk menggerakkan kursor dan pointer.

Fungsi keyboard, yang merupakan hardware penting pada MS – DOS sudah mulai tergantikan dengan Mouse, dan mempermudah user dalam menggunakan beberapa command atau perintah sederhana, seperti copy and paste.

Windows 1.0 ini sudah bersisi sepaket program dan juga aplikasi yang dapat membantu user dalam melakukan manajemen, seperti penanggalan, kalkulator, notepad, dan banyak fitur lainnya yang sangat membanu user.

2. Windows 2.0 (pada era tahun 1987)
Merupakan pengembangan dari Windows 1.0. Windows versi 2.0 mini merupakan sistem operasi Windows yang dikembangkan seiring dengan adanya peningkatan spesifikasi dan kecepatan pengolahan data yang disematkan pada processor Intel 286. Memory pada komputer diperbesar, sehingga memungkinkan untuk melakukan multitasking, seperti menumpuk jendela – jendela windows explorer.

Pada era ini, mulai banyak developer yang mulai mengembangkan berbagai macam aplikasi dan utilitas yang berbbasis Windows. Pada sistem operasi ini pula, kombinasi tombol di keyboard juga menjadi lebih baik dan lebih cepat dalam hal operasionalisasi sistem operasi Windows ini.

3. Windows 2.03 (pada era tahun 1990)
Pada tahun 1990, tepatnya bulan Mei, Windows 2.03 dirilis. Masih merupakan pengembangan dari sistem operasi Windows sebelumnya yang berbasi DOS, kali ni Windows 2.03 mulai menyematkan kemampuan protected mode dan extended memory pada komputernya, yang merupakan fitur dari processor terbaru Intel, yaitu Intel 386.

Windows 2.03 sudah mulai berfokus pada kecepatan pemrosesan data, keandalan dan juga utilitas dalam memproses data dan juga dalam melakukan berbagai pekerjaan yang dibutuhkan oleh usernya. (baca juga: fungsi processor)

4. Windows 3.0 ( pada era 1990)
Masih dengan menggunakan base processor yang sama seperti windows 2.03, yaitu Intel 386, Windows merilis versi ketiga dari sistem operasi andalan mereka ini. Memiliki kualitas peningkatan kecepatan yang lebih baik dan lebih optimal lagi dibandingkan dengan sistem operasi versi sebelumnya.

Sistem operasi ini menggunakan sistem grafis 26 bit, dan memiliki banyak sekali fitur tambahan yang sangat berguna. Fitur ini yang merupakan cikal bakal dari berkembangnya fitur – fitur Windows hingga saat ini, seperti Program Manager, File Manager, Print Manager, serta pengunaan icon – icon yang lebih baik dan lebih ditingkatkan utilitasnya.

5. Windows 3.11 For Workgroups (pada era tahun 1993)
Merupakan sistem operasi Windows yang bekerja dalam sebuah sistem jaringan komputer. Windows 3.11 for workgroups ini menambahkan fitur penting, yaitu peer to peer workgroup dan dukungan terhadap sistem jaringan local (LAN) yang sedang banyak diperbincangkan dan dipergunakan pada masa itu.

Windows For Workgroups ini juga memiliki afiliasi dan dukungan dari sistem operasi jaringan yang sudah berkembang sebelumnya, yaitu Novell Netware, yang menyebabkan sistem operasi Windows 3.11 For Workgroups ini banyak dilirik oleh kalangan pengusaha, sebagai sistem operasi pada perusahaan milik mereka yang sudah menerapkan sistem jaringan local atau LAN.

6. Windows NT 3.1 (pada era 1993)
Merupakan sistem operasi dari Windows yang berbasis kernel pertama yang diluncurkan. Peluncurannya mendampingi sistem operasi Windows yang berbasis DOS sebelumnya, yang juga diberi nama yang sama yaitu Windows 3.1. Memiliki kemampuan dan dukungan terhadap open GL, serta Netwae dan juga fitur print server.

Keunggulan lainnya dari windows 3.1 NT ini adalah penamaan file yang lebih panjang, hingga 255 karakter, dari yang sebelumnya hanya berjumlah 8+3 karakter saja. Pada tahun diluncurkannya ini juga, yaitu tahun 1993, diklaim bahwa Windows NT 3.1 sudah terjual sebanyak lebih dari 25 juta lisensi, yang digunakan di seluuh dunia pada saat itu.

7. Windows 1995 (pada era tahun 1995)
Kembali mengembangkan sistem operasi yang berbasis MS-DOS, maka Microsoft kemudian mengeluarkan sistem operasi terbarunya, yaitu Windows 95. Windows 95 merupakan penyempurnaan dai Windows 92 (Windows 3.1) yang terintegrasi dengan TCP/IP, memiliki dukungan untuk melakukan akses internet, terutama menggunakan dial up networking, serta memudahkan user dalam menginstall software dan aplikasi tambahan. Menggunakan sistem 32 bit yang mana mampu meningkatkan kemampuan multimedia dan networking yang jauh lebih baik dan terintegrasi.

Konsep penggunaan start menu ala Windows yang masih digunakan hingga saat ini mulai diperkenalkan pada sistem operasi Windows 95 ini. Dengan adanya start menu, maka user dapat dengan mudah mencari aplikasi yang akan dijalankan, dan menjadi jauh lebih cepat dalam melakukan akses terhadap sistem operasi Windows 95 ini.

Penggunaan Windows Explorer juga mulai diperkenalkan, serta memiliki tambahan Internet Explorer, untuk mendukung kebutuhan berinternet dari usernya, yang mana pada era 90-an, internet sudah banyak berkembang di seluruh dunia. (baca juga: sejarah jaringan komputer)

8. Windows NT Workstation 4.0
Merupakan sistem operasi jaringan workstation yang dikembangkan oleh windows dengan basis sistem operasi Windows 95. Sistem operasi ini juga merupakan sistem operasi berbasis kernel terakhir yang menggunakan tambahan nama NT pada sistem operasinya.

Pada era berikutnya, yaitu tahun 2000, sistem operasi Windows yang berbasis kernel, sudah tidak akan mencantumkan lagi keterangan NT, yang dimulai dengan Windows 2000.

9. Windows 1998 (pada era tahun 1998)
Untuk sebuah sistem operasi era 1990-an, Windows 98 seperti merupakan sistem operasi yang sangat baik dan mumpuni. Sistem operasi Windows 1998 ini mampu untuk bekerja dengan lebih baik, dan memiliki dukungan kompatibilitas terhadap banyak permainan. Pada era inilah, mulai banyak perusahaan dan developer game yang melirik bisnis PC Games secara serius.

Pada windows 98 ini pula, mulai disematkan banyak tambahan dukungan teknologi terbaru, seperti AGP, USB, Active Desktop, serta versi terbaru dari Internet Explorer yang lebih baik dan lebih cepat. Selain itu Windows 98 juga kompatibel dengan penggunaan DVD, sebagai media pembaca data di dalam DVD Rom nya.

10.  Windows 1998 SE (second Edition, pada era 1999)
Merupakan sistem operasi Windows 98 yang dikembangkan dengan penambahan fitur – fitur yang semakina membuat Windows 98 menjadi sistem operasi yang banyak digunakan oleh user di seluruh dunia. Windows 98 SE dikenal sebagai sebuah sistem operasi yang user friendly dan mudah untuk digunakan.
Serta memiliki banyak dukungan tambahan, terutama dari segi entertainment, dengan adanya pembaruan pada Internet Explorer, DirectX, Home networking, serta menggunakan prinsip hybrit 16 dan 32 bit.

11. Windows 2000 Professional (pada era 1999)
Merupakan pengembangan dari Windows NT 4.0, yang bisa juga kita kenal dengan nama Windows NT 5. Merupakan pengembangan super dari sistem operasi Windows NT 4.0. Memiliki base atau basis dari Windows NT Workstation 4.0, Windows 2000 pro memiliki kompatibilitasn dan kemudahan dalam melakukan akses terhadap jaringan, baik local maupun internet.

Windows ini juga mendukung berbagai macam perangkat keras yang plug and play, seperti USB, IEEE 1394, dan memiliki kemampuan menggunakan fitur infrared. Selain itu, pada Windows 2000 pro ini, juga terdapat kompatibilitas terhadap jaringan wireless, yang sangat memudahkan usernya dalam tehubung ke dalam jaringan.

12. Windows Millennium Edition (pada era 2000-an)
Menyambut Millennium baru, Windows pun menerbitkan sistem operasi pengembangan Windows 1998 yang dikenal dengan nama Windows ME atau Millenium Edition. Merupakan sistem operasi yang dibuat untuk kebutuhan personal, dan merupakan sistem operasi yang memiliki banyak sekali fitur multimedia yang sangat lengkap, dan masih dikembangkan hingga saat ini.

Memiliki fitur Windows Movie Maker, Mindows Media Player, serta berbagai tambahan sistem multimedia lainnya. Windows ME merupakan sistem operasi Windows yang terakhir yang menggunakan basis Windows 95 dan 98, yang mana pada selanjutnya, akan digunakan basis Windows 2000 sebagai sistem operasi Windows yang akan dikembangkan selanjutnya.

13.Windows XP (Era tahun 2001)
Sepertinya Windows XP merupakan sistem operasi Windows yang paling populer di kalangan usernya, karena memiliki kompatibilitas yang luar biasa, serta mendukung banyak sekali aplikasi dan software tambahan. Sistem operasi yang menggunakan code basis Windows 2000 ini merupakan sistem operasi yang mengandalkan eXPerience, maka dari itu dikenal dengan nama Windows XP.

Sengaja dirancang dan dikembangkan untuk mendukung kebutuhan personal user maupun office user dalam menggunakan komputer, Windows XP memiliki beberapa produk, sesuai dengan kebutuhan.

14. Windows 7
Windows 7 adalah sistem operasi windows yang merupakan pembaruan dari Windows Vista. Apabila Windows Vista lebih sedikit digunakan, maka Windows 7 meupakan sistem operasi yang popularitasnya mengungguli Windows Vista. Bisa dikatakan, Windows 7 dan juga Windows XP adalah kedua sistem operasi Windows yang paling populer dan juga banyak digunakan di seluruh dunia saat ini.

Sisem operasi Windows 7 ini diciptakan dan dikembangkan pada 2009, merupakan sistem operasi yang masih memegang pengembangan pada Windows Vista, namun lebih banyak focus pada pengembangan dasar Windows, sehingga membuat Windows 7 menjadi sistem operasi yang kompatibel dengan banyak aplikasi dan perangkat. Sama seperti Windows Vista, Windows 7 juga menawarkan kemampuan grafis yang cukup baik.

15. Windows 8
Penerus dari Windows 7, yang agaknya kurang berumur panjang adalah Windows 8. Adik kandung dari Windows 7 ini dirilis pada tahun 2012. Dikatakan berumur pendek, karena hanya 2 tahun setelahnya, pembaruan terhadap Windows 8 sudah dilakukan, dimana Windows 8 digantikan oleh Windows 10.

Windows 8 memberikan perubahan massif dan juga signifikan pada tampilan GUI dan juga pengalaman menggunakan sistem operasi. Mulai dari penghilangan tombol start yang sudah dipertahankan sejak generasi awal Windows, hingga model tampilan dari menu dan juga user interface.

16. Windows 10
Tidak banyak yang bisa dibahas mengenai Windows 10, karena saat ini masih cukup sedikit user dari windows 10. Diluncurkan secara resmi pada tahun 2015, saat ini Windows 10 masih banyak digunakan pada user Windows 8 yang ingin melakukan update. Fitur utama dari pengembangan Windows 10 ini pengembalian beberapa fitur khas dari windows sebelumnya, yaitu tombol start dan juga beberapa fitur dasar lainnya.

Terimakasih semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares