fbpx

Informasi

12 Software Desain Grafis Terbaik Untuk Pemula Yang Paling Banyak Digunakan

By

on

Software Desain Grafis Terbaik Untuk Pemula – Desain Grafis adalah sebuah seni yang bertujuan untuk memecahkan masalah melalui kombinasi elemen grafis seperti bentuk, garis, warna, sebagai media penyampaian informasi. Untuk proses pembuatannya, seni desain grafis membutuhkan komputer yang  didukung dengan software desain sebagai media untuk pembuatan desain grafis.

Desain grafis adalah sebuah seni yang mencakup keterampilan visual seperti tipografi, ilustrasi, pengolahan gambar, dan tata letak. Orang yang bekerja atau pelaku seni ini disebut dengan desainer grafis.

Baca Juga : Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi

Seperti uraian diatas, dikatakan bahwa pembuatan desain grafis didukung dengan software untuk proses pembuatan desain grafis. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini telah banyak sekali software desain grafis yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan desainer grafis.

Setiap software desain grafis, memiliki beragam fungi dengan keunggulan dan kekurangnnya masing-masing. Berikut ini, kami telah merangkum software desain grafis terbaik yang dapat digunakan oleh para desainer grafis pemula dan paling banyak digunakan.

Baca Juga : Software Presentasi Online/Offline Terbaik

Software Desain Grafis Terbaik

3DVIA Shape

Software 3DVIA Shape hanya bisa digunakan pada OS Windows. 3DVIA Shape cocok digunakan bagi pemula yang belum memiliki keteramplan dalam hal desain 3D. Dengan menggunakan Shape ini, Anda dapat membuat berbagai desain yang menarik dalam bentuk 3D dengan mudah dan bisa dibagikan dengan media online.

AAA Logo

AAA Logo dapat dijadikan sebagai pilihan bagi anda yang ingin membuat logo namun tidak menguasai ilmu Corel Draw. Hal ini dikarenakan, software ini dapat  menciptakan sebuah logo yang keren secara mudah, cepat, dan praktis. Software AAA Logo telah menyediakan banyak jenis template logo sehingga dapat digunakan dengan hanya memberikan sedikit polesan agar terlihat lebih menarik.

Baca Juga : Aplikasi TV Online Gratis Terbaik di Smartphone Android

Adobe Illustrator

Software Adobe Illustrator bisa digunakan untuk membuat logo, tipografi, hingga sketsa menjadi lebih mudah dengan illustrator. Adobe Illustrator sangat tepat digunakan untuk membuat desain  vektor (vector) seperti sketsa, tipografi atau bahkan desain ilustrasi yang lebih kompleks untuk kebutuhan video.

Software Adobe Illustrator hadir dengan plugin yang membantu pengguna dalam membuat halaman web atau landing page menjadi lebih menarik. Sedangkan pada versi terbarunya terdapat fitur yang bisa kamu manfaatkan dalam menggunakan aplikasi pada PC desktop maupun Mac.

Keunggulan aplikasi ini yaitu tersedia tools seperti Touch-type and The Free Transform yang akan membuat hasil desain lebih sempurna. Sedang kekurangannya yaitu harga yang terbilang mahal.

Adobe InDesign

Software milik Adobe ini merupakan salah satu software unggulan dalam membuat layout untuk dekstop dan mobile. Adobe InDesign sangat cocok digunakan untuk desain layout seperti majalah online, brosur atau majalah digital.

Software ini juga memungkinkan anda untuk melakukan drag and drop pada layer dan mengubah ukuran gambar dengan mudah. Selain itu, software ini juga mendukung layanan seperti Behance dan Typekit yang berguna untuk mempublikasikan hasil karya digital baik berupa fotografi, video, desain dan pengembangan web atau aplikasi.

Baca Juga : Situs Download Torrent

Adobe Photoshop 

Adobe Photoshop menjadi salah satu software desain grafis paling populer dan banyak digunakan. Awalnya, Adobe Photoshop  ini secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek  atau gambar dan biasa digunakan oleh para fotografer untuk mengedit foto hasil jepretannya agar terlihat lebih menarik.

Namun, ternyata Adobe Photoshop juga bisa diandalkan untuk desain grafis seperti membuat  banner, desain logo, tipografi, dan kebutuhan desain lainnya.

CorelDraw

CorelDraw menjadi salah satu software desain vektor tanpa batas yang paling banyak digunakan saat ini. CorelDraw memiliki fungsi keren dan kemudahan yang tidak dimiliki software lainnya. Dengan software ini, anda memiliki kontrol penuh untuk membuat hasil desain menjadi lebih cepat dan dinamirs.

Pada versi CorelDraw X5 ke atas, anda mendapatkan fitur inbuilt organizer (Corel CONNECT). Selain itu ada beberapa tools di dalamnya seperti Twirl, Smear, Repel dan Attract yang membuat proses editing objek vektor menjadi sangat mudah.

CorelDraw termasuk software desain grafis yang wajib dimiliki karena software ini bekerja dengan lancar untuk file berukuran besar di Corel Photo-Paint.

Baca Juga : Situs Download Anime Subtitle Indonesia

GIMP

GIMP sering dijadikan sebagai alternatif dari photoshop. Software GIMP juga dianggap sebagai salah satu software desain grafis terbaik dengan fitur lengkap dan mudah digunakan untuk pemula.

Kelebihan utama dari software GIMP yaitu memiliki tampilan cerah dan modern. aplikasi GIMP juga memiliki kualitas grafis yang jernih, sehingga mampu memberikan hasil desain grafis yang berkualitas. Selain itu, GIMP juga termasuk software open source yang dapat dikembangkan oleh siapapun.

Inkscape

Inkscape sering dijadikan sebagai software desain grafis alternatif untuk membuat gambar vektor dan desain grafis yang menggunakan format file SVG. software ini bisa digunakan pada Windows, Linux OS, dan Mac.

Software Inkscape memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan serta bersifat open source yang masih terus dikembangkan. Namun kelemahannya yaitu software ini lebih berat dibandingkan dengan adobe photoshop.

Baca Juga : Aplikasi Pembayaran Online Terbaik

LibreCAD

Software LibraCAD ini bisa digunakan pada sistem operasi Windows, Linux dan juga Mac. LibraCAD juga termasuk software yang paling baik untuk membuat blue print design.

Software ini banyak digunakan oleh arsitek, insinyur dan mereka yang berkecimpung di dunia desain grafis.

Macromedia Freehand

Software Macromedia Freehand adalah software yang dapat digunakan untuk membuat desain banner, brosur, undangan, dan masih banyak lagi. Software ini dikenal dengan fitur-fiturnya yang cukup lengkap dan mudah digunakan oleh desainer.

Dibandingkan dengan CorelDraw, software ini lebih mudah digunakan, karena pengguna dapat menyesuaikan tampilan antarmuka untuk mengatur ruang kerja sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Aplikasi Cleaner Pembersih RAM Terbaik

PosteRazor

PosteRazor dirancang khusus untuk membuat poster, dengan cara kerja memotong gambar raster menjadi potongan-potongan yang kemudian dapat dicetak menjadi sebuah poster. Poster yang dihasilkan dapat disimpan dalam bentuk dokumen PDF Multi-page.

Selain memiliki tampilan interface yang sederhana, software ini tergolong mudah digunakan karena hanya memerlukan 5 step saja.

Software ini mendung berbagai format gambar seperti PNG, JPEG, BMP, WBMP, XPM, PCX, dan lainnya.

Xara Designer

Xara Designer secara khusus dirancang untuk membantu pengguna dalam menciptakan logo, undangan, poster, brosur, hingga membuat grafis web seperti pembuatan tombol atau animasi flash.

Software Xara Designer memiliki ukuran file sekitar 120 MB yang mampu menerima banyak format file seperti format BMP, EPS, JPEG, PNG, GIF, PSD, CDR, AI, dan lain-lain.

Baca Juga : Aplikasi Belajar Bahasa Asing Terbaik

Itulah informasi yang diberikan tentang Software Desain Grafis Terbaik Untuk Pemula . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login