Informasi

Pengertian ISP, Fungsi, Jenis dan Contoh ISP (Internet Service Provider) di Indonesia Lengkap

By

on

Pengertian ISP, Fungsi, Jenis dan Contoh ISP (Internet Service Provider) di Indonesia Lengkap – ISP atau Internet Service Provider merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan sambungan internet. Pada jaringan ISP terhubung ke Internet menggunakan ISP lain, seperti ISP Amerika, ISP SIngapura, dan ISP Hongkong.

Untuk anda yang ingin terhubung ke dalam internet menggunakan ISP cukup mudah. Anda bisa menghubungi ISP melalui Modem (Modular de Modular) dan komputer, lalu ISP yang akan mengurus langsung mengenai rincian yang dibutuhkan untuk bisa terhubung ke dalam jaringan internet, termasuk biaya koneksi.

Fungsi ISP (Internet Service Provider)

Adapun fungsi ISP diantaranya yaitu:

  • Untuk menyediakan layanan internet bagi para penggunanya sehingga pengguna dapat dengan mudah terhubung dalam jaringan
  • Sebagai perantara dalam menyediakan sambungan internet
  • UntukĀ  menghubungkan komputer client ke gateway internet terdekat
  • Untuk menyediakan modem sebagai sambungan dial-up
  • Untuk menghubungkan pengguna ke dalam layanan informasi Worls Wide Web (WWW)
  • Dengan ISP maka pengguna dapat menggunakan layanan surat elektronik (e-mail)
  • Dengan ISP pengguna dapat melakukan percakapan suara melalui internet
  • Dapat melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem anti virus kepada pelanggannya.

Jenis-Jenis ISP (Internet Service Provider)

Berikut ini beberapa jenis ISP atau Internet Service Provider, diantaranya yaitu:

Dial-up Conection

Dial-up Conection adalah koneksi ke jaringan internet yang memiliki sifat sementara dimana pengguna tidak terkoneksi secara terus menerus ke dalam sebuah jaringan internet. Pengguna hanya akan dikenakan biaya berdasarkan berapa lama waktu yang digunakan untuk mereka terhubung ke jaringan internet

Dedicated Communication

Dedicated Communication bersifat menetap, yaitu kita terhubung ke jaringan internet selama 24 jam dalam 7 hari. Jenis dari koneksi ini biasanya banyak digunakan oleh perusahaan yang memiliki jumlah komputer dan karyawan yang banyak.

Hotspot

Hotspot adalah jenis layanan internet tanpa menggunakan kabel seperti dial-up. Hotspot sering digunakan dalam cafe, bandara atau tempat-tempat lainnya.

Wireless

Wireless adalah jenis layanan internet tanpa kabel. Layanan ini tidak dipungut biaya telepon, namun dikenakan tarif atau biaya pemakaian internet.

Mobile Acces

Mobile Acces adalah layanan yang dapat digunakan untuk mengakses internet kapan saja dengan mudah melalui ponsel atau smarphone. Layanan ini sangat bermanfaat bagi pengguna telepon seluler yang mendukung kecanggihan teknologi ini, baik GSM maupun CDMA.

Contoh ISP (Internet Service Provider)

Berikut ini adalah contoh-contoh ISP yang ada di Indonesia diantaranya yaitu:

Telkom Speedy
Telkom Speedy adalah ISP produk dari perusahaan besar PT.Telkom Indonesia. Telkom Speedy menawarkan koneksi internet yang stabil.

Access Service Dedicated To Internet (Astinet)
Astinet merupakan produk dari PT.Telkom Indonesia yang menawarkan jasa sambungan internet pada penggunaan skala besar.

IM2
IM2 adalah layanan sambungan internet dari PT. Indosat. IM2 melayani jasa hosting dan penyewaan domain.

Centrin
Centrin ini milik PT. Centrin Online, yaitu menawarkan layanan jasa pada koneksi internet dengan menggunakan infrastruktur yang super canggih.

Provider seluler
Saat ini hampir semua provider seluler juga menawarkan jasa layanan internet atau ISP. Layanan ISP melalui seluler ini biasanya berbasis kuota yang dapat diaktifkan dengan paketan tertentu.

Itulah informasi tentang “Pengertian ISP, Fungsi, Jenis dan Contoh ISP (Internet Service Provider) di Indonesia Lengkap“, semoga bermanfaat

You must be logged in to post a comment Login