Informasi

Pengertian HUB, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan HUB Lengkap

By

on

Pengertian HUB, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan HUB Lengkap – Hub atau pusatan ethernet adalah sebuah peranti jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peranti-peranti dengan kabel ethernet atau serat optik agar dapat digunakan sebagai satu petak jaringan (network segment). HUB bekerja pada lapisan wujud (lapis 1) dalam acuan OSI (OSI model). HUB digunakan untuk mengalirhantarkan data dari pengguna layanan(client).

Pengertian HUB adalah sebuah perangkat jaringan yang bekerja pada OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga HUB hanya bekerja sebagai penyambung atau concentrator saja, juga hanya menguatkan sinyal kabel di kabel Unshielded Twister-Pair (UTP). Hub tidak mengenal MAC Addressing atau Physical Addressing sehingga tidak bisa memilah data yang harus ditransmisikan sehingga collision tidak bisa dihindari dari penggunaan Hub tersebut.

Fungsi HUB

Fungsi utama HUB yaitu sebagai perangkat keras penerima sinyal dari suatu komputer dan sebagai titik pusat yang menghubungkan semua komputer ke dalam jaringan. Fungsi HUB yang lain diantaranya yaitu:

  • Sebagai penyambung dan konsentrator
  • Sebagai media penguat sinyal kabel UTP
  • Sebagai media yang memfasilitasi penambahan penghilangan ataupun penambahan workstation
  • Sebagai penambah jarak network
  • Menyediakan dan memfasilitasi fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda
  • Menawarkan feature-feature yang fault tolerance
  • Memberikan management yang tersentralisasi

Jenis-Jenis HUB

Pada dasarnya HUB dibedakan menjadi 2 (dua) jenis/macam hub yakni hub aktif dan hub pasif.

HUB Aktif

HUB aktif adalah jenis HUB yang memiliki kemampuan untuk memperkuat sinyal dalam sebuah jaringan atau disebut dengan repeat. HUB aktif sangat berguna untuk menghubungkan dua unit komputer atau lebih dengan jarak yang cukup jauh.

HUB Pasif

HUB pasif adalah jenis HUB yang hanya berfungsi membagikan sinyal transmisi yang masuk ke port-port komputer yang terhubung dalam jaringan. Biasanya, HUB pasif digunakan untuk menambah unit komputer yang terhubung dengan syarat jarak unit komputer dengan komputer lainnya tidak terlalu jauh.

Cara Kerja Hub

Cara kerja hub yaitu dengan cara menerima data dari perangkat yang terhubung ke port dan mengirimkan ke perangkat lain yang terhubung ke port hub tersebut. Hub tidak dapat mendeteksi tujuan pengiriman data. Jadi hub akan mengirimkan data ke semua perangkat yang terhubung pada hub, tidak seperti switch yang akan mengirimkan data ke perangkat yang dituju. Hal ini membuat pengiriman data melalui hub tidak begitu efisien karena hub mengirimkan data pada semua port secara bersamaan. Hal tersebut akan membuat penggunaan bandwidth jaringan meningkat. Untuk itu, biasanya jika menggunakan hub, maka koneksi pada komputer menjadi lambat.

Pada kasus menghubungkan 2 komputer, maka cukup gunakan kabel UTP saja dan kedua komputer tersebut sudah bisa terhubung. Tapi pada kasus komputer yang lebih banyak, misalnya 10 komputer, maka dibutuhkan hub untuk mengirim data dari komputer yang satu dan diteruskan ke 9 komputer lainnnya. Saat hub menerima paket data dari 1 komputer, maka informasi akan dikirimkan ke 9 komputer lainnya. Walaupun mungkin data pada hub tersebut diteruskan ke semua perangkat yang terhubung pada hub tersebut, pada kenyataannya data hanya akan diproses pada salah satu perangkat yang menjadi tujuan paket data tersebut.

Dengan begitu, saat hub mengirimkan data pada semua perangkat yang terhubung, maka bandwidth jaringan akan overload. Akibatnya kecepatan akses data pada jaringan akan melambat. Hub memang cukup efektif untuk menghubungkan jumlah komputer yang tidak terlalu banyak. Tapi saat jumlah komputer yang dihubungkan lebih banyak lagi, maka hub akan menjadi kendala.

Kelebihan dan Kekurangan HUB

Kelebihan HUB

Adapun kelebihan HUB diantaranya yaitu:

  • Tergolong dalam Layer 1 dalam OSI model (physycal layer)
  • Memiliki banyak port
  • Pengguna bisa melakukan sharing pada jaringan yang sama

Kekurangan HUB

Adapun kekurangan HUB diantaranya yaitu:

  • Tidak mampu membaca paket-paket data
  • Tidak biasa mengetahui sumber dan tujuan data
  • Kecepatan komunikasi harus dibagi dengan komputer lain yang melakukan sharing

Itulah informasi tentang “Pengertian HUB, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan HUB Lengkap“, semoga bermanfaat.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares