Informasi

Pengertian CD/DVD ROM, Fungsi dan Perbedaan CD/DVD ROM Pada Komputer Lengkap

By

on

Pengertian CD/DVD ROM, Fungsi dan Perbedaan CD/DVD ROM Pada Komputer Lengkap – CD/DVD ROM merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk membaca data dari CD/DVD dan memburning data ke dalam CD/DVD.

Pengertian CD ROM

CD ROM (Compact Disk Read Only Memory) merupakan salah satu perangkat keras komputer yang berperan dalam memutar dan membaca piringan CD. Selain itu pengertian CD ROM adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data.

CD-Rom Drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja, secara garis besar CD-Rom dibedakan menjadi 2 jenis yaitu ATA/IDE dan SCSI. Perbedaan keduanya terletak pada proses kecepatannya, jika jenis ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan jenis SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps.

Tipe CD ROM SCSI biasanya ditemukan pada CR-RW drive, pada CD-Rom terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD-RW juga biasanya dibedakan berdasarkan kemampuan burning dan membaca.

CD-W tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan burning pada CD-Rom seccepat 12x, burning pada CD-RW secepat 8x dan membaca CD-R/CD-RW/dengan kecepatan maksimal 32x.

Pengertian DVD ROM

DVD ROM adalah suatu perangkat keras di dalam komputer yang berperan untuk membaca atau memutar piringan CD/DVD. DVD adalah singkatan dari Digital Versatile Disc. Beda dengan CD ROM Drive, DVD Drive bisa digunakan untuk membaca Keping CD dan juga keping DVD. Namun, kata ROM (read only memory) baru bisa digunakan untuk membaca CD ATAU DVD.

DVD ROM bisa memainkan piringan dari DVD yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan lebih baik dibandingkan dengan kepingan CD. Kepingan DVD biasanya memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 4 GB.

Fungsi CD/DVD ROM

CD/DVD ROM berfungsi untuk membaca data dan menulis data ke dalam CD. Selain fungsi dasar tersebut, CD ROM juga berfungsi untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (Operating system), game, atau software-software lainnya atau melakukan booting pada saat masuk ke OS jika sebuah sistem tidak mau berjalan.

Perbedaan CD/DVD R dan CD/DVD RW

Ada dua jenis CD/DVD ROM yaitu CD/DVD R dan CD/DVD RW dan perbedaan keduanya diantaranya yaitu:

CD R
CD R merupakan tempat penyimpanan data permanen dengan kapasitas 700 Mb.

CD RW
CD RW merupakan tempat penyimpanan data berkapasitas 700 Mb. Perbedaan CD R dan CD RW yaitu jika data yang telah disimpan di CD R tidak bisa dihapus lagi (telah permanen), sedangkan CD RW data yang telah tersimpan bisa sewaktu-waktu dihapus.

DVD R
DVD R sama halnya dengan CD R, namun DVD R memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu sekitar 4,6 Gb.

DVD RW
DVD RW merupakan tempat penyimpanan data dengan kapasitas sekitar 4,6 GB. Perbedaab antara DVD R dan DVD RW yaitu hanya dari segi penyimpanan data. Jika di DVD R data yang tersimpan tidak bisa dihapus atau telah tersimpan permanen, sedangkan DVD RW data yang tersimpan sewaktu-waktu masih bisa dihapus. Harganya juga berbeda, namun selisihnya tidak terlalu jauh.

Demikian informasi tentang “Pengertian CD/DVD ROM, Fungsi dan Perbedaan CD/DVD ROM Pada Komputer Lengkap“, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares