Android

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 7 Lavender Paling Mudah

By

on

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 7 Lavender – Redmi Note 7 menjadi produk pertama Redmi sejak menjadi sub-brand Xiaomi. Redmi Note 7 menerapkan sistem Locked Bootloader. Bootloader adalah program inti yang berfungsi untuk mengatur seluruh program saat Redmi Note 7 di hidupkan, apakah langsung ke System Android atau masuk ke Recovery ataupun Fastboot. Untuk anda yang sedang mencari cara unlock bootloader Redmi Note 7, berikut ini prosedur Unlock Bootloader (UBL) resmi dari Xiaomi.

Sebelum mengetahui cara unlock bootloader Redmi Note 7, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu bootloader dan alasan mengapa harus melakukan unlock bootloader.

Baca Juga : Cara Factory Reset/Hard Reset Realme 3 Dan Realme 3 Pro 

Apa Itu Bootloader?

Bootloader bertugas sebagai petunjuk booting kernel sistem operasi yang nantinya akan mengarahkan prangkat Android saat diaktifkan, , apakah akan masuk ke sistem Android, Recovery Mode atau Fastboot Mode.Bisa dikatakan, Bootloader menjadi salah satu sistem keamanan perangkat Redmi Note 7.

Dengan fitur Bootloader yang terkunci (locked) tentunya anda tidak bisa memodifikasi perangkat seperti mengganti Mi Recovery dengan TWRP atau merubah system operasi resmi menjadi tidak resmi dengan custom rom, bahkan anda juga tidak bisa melakukan flashing firmware Redmi Note 7 secara normal terkecuali dengan melakukan test point.

Padahal dapat dikatakan, TWRP merupakan salah satu tool yang cukup penting untuk bisa menginstal Magisk jika ingin melakukan rooting atau install custom rom. Karena itulah, banyak pengguna Redmi Note 7 yang melakukan Unlock Bootloader.

Baca Juga : Cara Ganti Font Realme 3 Dan Realme 3 Pro

Dengan melakukan Unlock Bootloader, anda akan mendapatkan beberapa manfaat atau keuntungan, seperti Anda bisa meng-install TWRP. Setelah TWRP terpasang, nantinya Anda bisa membuka akses root, install Xposed Framework, install custom ROM, melakukan tweak dan lain sebagainya.

Unlock Bootloader menjadi langkah awal Anda untuk memaksimalkan kinerja perangkat dan menambah fitur-fitur lainnya.

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 7

Sebelum melakukan unlock Bootloader, sebaiknya terlebih dahulu cek status bootloader perangkat. Jika status Bootloader masih terkunci, selanjutnya ikuti langkah unlock Bootloader dibawah ini. Selain itu perlu diketahui, proses UBL membutuhkan Mi Account dan tool yang akan digunakan adalah Mi Unlock.

Baca Juga : Cara Mengganti Font Realme 5 Dan Realme 5 Pro

Proses Unlock Bootloader (UBL) Redmi Note 7

Bagi anda yang belum memiliki Mi Account, terlebih dahulu lakukan registrasi menggunakan nomor HP atau email. Caranya dengan, masuk menu SettingMi AccountCreate an account, lalu isi form dan ikuti proses pembuatan Mi Account hingga selesai.

1. Selanjutnya, meminta izin untuk unlock bootloader secara resmi melalui  situs request unlock bootloader Xiaomi , pilih tombol Unlock Now.

2. Lalu login menggunakan Mi Account.

3. Setelah itu, isi form nama, no Hp dan alasan melakukan unlock bootloader. Anda bisa menggunakan alasan seperti perangkat mengalami bootloop atau hardbrick, agar cepat mendapat persetujuan dari Xiaomi.

4. Setelah semua data terisi, beri centang I Confirm lalu klik Apply Now. Selanjutnya anda akan menerima SMS berisi kode verifikasi.

5. Masukkan kode verifikasi, lalu klik Next. Selanjutnya permintaan UBL anda terlebih dahulu akan di review.

6. Selanjutnya anda akan menerima SMS pemberitahuan bahwa perangkat Redmi Note 7 sudah bisa di Unlock.

7. Setelah itu, lakukan login menggunakan Mi Account ke situs Unlock Your Mi Device.

8. Selanjutnya, download Mi Unlock Tools disini .serta aktifkan Developer Mode dan USB Debugging di perangkat Xiaomi Anda.

9. Setelah itu jalankan MiFlashUnlock.exe, kemudian login dengan Mi Account yang sama pada aplikasi Mi Unlock.

10. Jika sudah, matikan ponsel Redmi Note 7, lalu masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol Power+Vol Down secara bersamaan.

11. Selanjutnya sambungkan perangkat smartphone ke komputer menggunakan kabel USB.

12. Jika perangkat terdeteksi, akan muncul status Phone Connected di aplikasi Mi Unlock Tools. Klik Unlock untuk membuka locked bootloader perangkat Anda.

13. Jika proses UBL selesai, nantinya akan muncul status Unlock Succesfully. Kemudian klik Reboot Phone.

Baca Juga : Cara Hard Reset Realme 5 Dan Realme 5 Pro.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Unlock Bootloader Redmi Note 7 Lavender . Cara ini juga bisa dilakukan di perangkat Realme lainnya. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login