Informasi

Cara Sharing Koneksi Internet Modem USB Melalui LAN Windows, Mudah!

By

on

Cara Sharing Koneksi Internet Modem USB Melalui LAN Windows, Mudah! – Saat salah satu komputer tidak memiliki koneksi internet, maka biasanya akan dilakukan sharing internet atau berbagi koneksi internet dari satu komputer ke komputer lain. Salah satu keuntungan sharing koneksi internet adalah biaya yang dikeluarkan ditanggung bersama, jadi bisa lebih hemat pengeluaran. Kali ini kita akan membahas tentang cara sharing koneksi internet modem melalui LAN di windows 7,8, 8.1, 10.

Sharing koneksi internet modem usb ke komputer lain tidak sulit dan juga tidak membutuhkan perangkat tambahan, hanya perlu media komunikasi antar komputer tersebut. Jadi yang perlu disiapkan diantaranya yaitu 2 (dua) komputer atau lebih yang sudah tersedia network adapter; kabel UTP sebagai media komunikasi antar komputer, gunakan type crossover untuk koneksi langsung komputer dengan komputer; dan juga USB modem untuk koneksi internetnya.

Cara Sharing Koneksi Internet Modem USB Melalui LAN Windows

1. Pertama, buka Control Panel >> Network and Internet >> Network and Sharing Center. Setelah itu, pada menu bar sebelah kiri, pilih Change adapter settings.

2. Selanjutnya, akan muncul beberapa adapter network yang ada pada komputer. Klik kanan adapter network yang terhubung ke internet lalu pilih Properties.

3. Maka, akan muncul jendela Properties dari network adapter tersebut. Selanjutnya pilih menu Sharing yang ada pada bagian tab menu atas.

4. Pada bagian ini, beri cek box pada Allow Other Network Users to Connect through This Computer’s Internet Connection. Selanjutnya, pada bagian Home network connection, pilih network adapter yang akan terhubung dengan komputer lainnya lalu klik OK.

5. Kemudian, akan ada nootifikasi konfirmasi yang menyatakan “ketika internet connection sharing di aktifkan, Adapter LAN anda akan di set menggunakan IP Address 192.168.137.1”. Kemudian klik yes untuk menyetujui.

6. Setelah network adapter tersebut dibagikan atau di sharing, maka pada bagian halaman Network Connection akan ada tanda hijau dan pernyataan share.

Cara Setting di Komputer Klien

1. Sebelumnya telah diketahui bahwa komputer A (server) sudah di setting dengan IP address 192.168.137.1 dan Subnet mask 255.255.255.0.

2. Maka selanjutnya, setting komputer klien dengan IP address 192.168.137.2 s/d 192.168.137.254 (pilih salah satu); Subnet mask 255.255.255.0; Default gateway 192.168.137.1; dan Prefered DNS 8.8.8.8.

Perlu diketahui!
Setelah kedua komputer sudah terhubung secara fisik, sebaiknya lakukan tes ping terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah kedua komputer tersebut sudah saling terhubung atau belum. Jika belum bisa terhubung, matikan windows farewall kedua komputer, caranya yaitu:

1. Pertama, buka Control Panel >> All Control Panel Items lalu pilih Windows Firewall.

2. Selanjutnya, pada menu bar sebelah kiri pilih Turn windows firewall on or off.

3. Kemudian, beri cek box pada dua opsi yang ditandai di bawah ini lalu OK.

4. Maka windows firewall sudah berhasil dimatikan. Bisa dipastikan, jika tidak ada kesalahan lain, seperti pada kabel atau settingan IP address, komputer sudah bisa terhubung.

Itulah informasi dan tutorial “Cara Sharing Koneksi Internet Modem USB Melalui LAN Windows, Mudah!“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares