Informasi

Cara Menyimpan Pencarian Windows Explorer ke Quick Access, Mudah!

By

on

Cara Menyimpan Pencarian Windows Explorer ke Quick Access, Mudah! – Windows yang terus berkembang sangat berdampak pada perkembangan Windows Explorer, yaitu File Manager Windows yang semakin banyak memiliki fitur. Banyak sekali fitur yang memudahkan mencari suatu file. Contohnya seperti Quick Access, dalam Quick Access ini tersimpan shortcut file dan folder yang pernah dibuka atau yang dibuka sebelumnya. Dengan Adanya Quick Access tentu saja kita ingin membuka file atau folder yang pernah dibuka dengan sekali klik langsung bisa menuju ke lokasi.

Selain Quick Access, di Windows Explorer juga memiliki fitur Pencarian File. Fitur ini sangat berguna saat hendak mencari suatu file atau folder yang lupa tempat menyimpannya. Untuk menggunakannya fitur ini, cukup ketikkan nama file atau folder di kolom search di pojok kanan atas Windows Explorer.

Cara Menyimpan Pencarian ke Quick Access

1. Pertama, ketikkan nama file atau folder di kolom pencarian lalu klik tab Search > Save Search.

2. Maka dengan begitu, sudah membuat history pencarian dalam folder Search. Folder tersebut belum dipin pada Quick Access. Untuk pin folder tersebut ke Quick Access, terlebih dahulu tuju lokasi folder Serach tersebut. Masuk ke C:/Users/<username>, pada folder ini kita akan menemukan Folder Search yang jika dibuka isinya berupa pencarian yang sudah disimpan. Klik kanan pada folder tersebut lalu Pin to Quick access.

3. Dalam Quick Access akan terlihat folderSearch yang berisi pencarian yang sudah disimpan. Seperti ini:

4. Selanjutnya, saat ingin menyimpan pencarian yang lain, maka bisa dengan drag & drop shortcut pencarian ke folder Search tersebut. Seperti ini:

5. Maka akan ada shortcut dalam folder Search.

6. Agar lebih cepat mengaksesnya, masih ada Start Menu yang bisa di-pin shortcut. Pilih salah satu pencarian yang tersimpan, klik kanan lalu pilih Pin to Start.

7. Maka di Start Menu akan terlihat shortcut pencarian yang baru di pin tadi.

Itulah informasi dan tutorial “Cara Menyimpan Pencarian Windows Explorer ke Quick Access, Mudah!“, semoga bermanfaat.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares