fbpx

Android

Cara Mengatasi Mode Headset Tidak Bisa Hilang Di Xiaomi Mudah 100% WORK

By

on

Pro.Co.Id – Meskipun telah mengusung spesifikasi diatas rata-rata, namun perangkat buatan Xiaomi tak lepas dari masalah. Ada beberapa masalah yang kerap terjadi pada perangkat Xiaomi, salah satunya adalah mode headset di HP Xiaomi tetap aktif meskipun headset tidak terpasang.

Disaat mode headset masih aktif, maka speaker atau mikrofon di perangkat akan mati. Dengan adanya masalah tersebut, akan membuat pengguna merasa kesulitan ketika menggunakan smartphone karena audio tidak bekerja dengan semestinya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error Tidak Berfungsi.

Masalah tersebut bisa terjadi setelah anda menggunakan headset pada perangkat atau kadang juga terjadi ketika anda tidak menggunakannya. Berikut ini beberapa penyebab terjadinya masalah mode headset tidak hilang diperangkat Xiaomi.

  • Colokan Jack Audio lengket akibat terlalu lama tidak dipakai,
  • Jack audio lembab karena air, uap atau kotor,
  • Kerusakan lain oada komponen audio,
  • Adanya kesalahan sistem perangkat.

Cara Mengatasi Mode Headset Tidak Bisa Hilang Di Xiaomi

Untuk mengatasi masalah mode headset tidak bisa hilang di perangkat Xiaomi maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab masalah terjadi. Berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi dan cara mengatasinya, antara lain:

Kesalahan sistem Perangkat Xiaomi

Kesalahan sistem pada Xiaomi bisa saja terajdi jika sistem mengindentifikasi perangkat terhubung sebelumnya. Berikut cara mengatasinya:

  • Buka menu Settings
  • Pilih Sound and Vibration
  • Selanjutnya buka Audio Settings
  • Pilih salah satu tipe headset dari daftar yang terlihat
  • Pasangkan headset ke perangkat dan kemudian lepaskan

Sedangkan pada perangkat sistem baru, anda bisa menggunakan cara berikut, Settings – Additional – Settings – Headphones & audio effects. Lalu ikuti seperti langkah di atas.

Selain karena kerusakan sistem, masalah lain seperti kesalahan sistem secara umum juga kerap terjadi. Jika sudah demikian, anda hanya perlu melakukan restart perangkat, memperbarui sistem operasi hingga melakukan flashing jika diperlukan.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja Fingerprint 

Port Jack Audio Kotor

Masalah selanjutnya yang menyebabkan mode headset tidak bisa hilang di perangkat Xiaomi bisa jadi karena port jack audio perangkat kotor akibat tidak digunakan jangka waktu yang begitu lama sehingga membuat lubang jack kemasukan debu, air bahkan kotoran lainnya.

Jika sudah demikian, maka kamu perlu membersihkan port dengan menggunakan cotton bud atau lidi dan kapas. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak perangkat smartphone.

Komponen Audio Rusak

Penyebab lain mode headset tidak hilang diperangkat xiaomi diakibatkan karena rusaknya komponen IC khusus audionya. Jika disebabkan oleh masalah tersebut, maka sebaiknya bawa perangkat xiaomi anda ke tempat service untuk mendapatkan penanganan.

Jika menggunakan beberapa cara diatas belum bisa mengatasi masalah mode headset tidak bisa hilang di perangkat Xiaomi, maka anda bisa melakukan beberapa cara dibawah ini, seperti:

  • Matikan perangkat lalu lepas baterai, Cabut Kartu SIM dan kartu Memori, tunggu beberapa menit lalu pasang kembali perangkat lalu nyalakan kembali perangkat anda.
  • Keluar masukkan headset secara berulang-ulang sampai lambang headset hilang dengan sendirinya.
  • Tiup lubang headset dengan lembut untuk membersihkan lubang jack atau port headset yang kotor.

Baca Juga : Cara Mengatasi Touchscreen Error di Smartphone Android

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Mode Headset Tidak Bisa Hilang Di Xiaomi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login