Cara Hard Reset Realme 5 Dan Realme 5 Pro 100% WORK Paling Mudah | Pro.Co.Id

Android

Cara Hard Reset Realme 5 Dan Realme 5 Pro 100% WORK Paling Mudah

By

on

Cara Hard Reset Realme 5 Dan 5 Pro – Realme merupakan salah satu merek dagang smartphone yang hadir di Indonesia di tahun 2019. Realme adalah sub brand dari Oppo yang bermarkas di Shenzhen, Tiongkok. Realme beberapa kali telah meluncurkan produknya dipasar Indonesia, salah satunya Realme 5 dan Realme 5 Pro yang rilis pada September 2019 lalu.

Meskipun dari segi desain tidak jauh berbeda dengan produk Realme sebelumnya. Realme 5 Dan Realme 5 Pro merupakan pembuka dari era produk Realme dengan tagline “Leap to Quad Camera”. Selain itu, smartphone ini juga menampilkan varian warna dengan desain seperti berlian holografis dan sensor sidik jari di bagian belakang. Smartphone ini berjalan di sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka ColorOS 6.

Meskipun hadir dengan spesifikasi dan teknologi terbaru, jika smartphone digunakan terus menerus dapat menyebabkan munculnya beberapa masalah seperti menurunnya performa smartphone. Hal tersebut bisa terjadi karena banyaknya data aplikasi atau data cache didalam penyimpanan, yang menyebabkan beberapa masalah seperti aplikasi hank, force stop, restart bahkan mengalami bootloop. Jika sudah demikian, langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengatasi error pada Realme 5 dan Realme 5 Pro adalah dengan melakukan factory reset atau hadr reset.

Baca Juga : Cara Factory Reset/Hard Reset Realme 3 Dan Realme 3 Pro 

Cara factory reset Dan hard reset Realme 5 dan Realme 5 Pro ada 2 cara, yaitu melalui menu pengaturan handphone maupun dari menu recovery mode Realme 5. Untuk tutorialnya, simak ulasan dibawah ini.

Cara Factory Reset Realme 5 Dan 5 Pro

Factory Reset dilakukan melalui menu pengaturan yang digunakan untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan awal bawaan pabrik. Karena itulah, sebaiknya terlebih dahulu lakukan backup data-data penting yang tersimpan di perangkat, atau pindahkan ke Micro SD. Karena pada proses ini akan menghapus secara otomatis semua data yang tersipan di aplikasi anda.

Berikut ini cara factory reset Realme 5 Dan 5 Pro, antara lain:

  • Buka menu Setting di Realme 5
  • Cari Opsi pengaturan Cadangkan dan Pulihkan (Backup & Restore).
  • Pilih opsi kembalikan ke Setelan pabrik ( Factory data reset).
  • Pilih Setel ulang telepon, kemudian pilih Erase Everything untuk mengembalikan semua data dan pengaturan perangkat. Klik Yes
  • Konfirmasi pilihan dengan pin password atau pola kunci layar jika diminta.
  • Selanjutnya handphone akan reboot / restart. Tunggu sampai selesai.

Cara factory reset ini hanya bisa dilakukan pada perangkat yang masih bisa diakses atau bisa masuk ke layar homescreen smartphone. Sedangkan jika perangkat dalam posisi terkunci karena lupa pola/pin, atau dalam keadaan bootloop, maka anda bisa melakukan metode Hard Reset.

Baca Juga : Cara Mengganti Font Realme 5 Dan Realme 5 Pro

Cara Hard Reset Realme 5 Dan 5 Pro

Sebelum melakukan hard reset, jika memungkinkan sebaiknya backup data-data penting yang tersimpan di perangkat, atau pindahkan ke Micro SD. Karena cara ini secara otomatis akan menghapus semua data yang tersimpan dalam smatphone.

Berikut ini cara hard reset Realme 5 Dan 5 Pro, antara lain:

  • Terlebih dahulu matikan Realme 5 atau Realme 5 Pro.
  • Lalu selanjutnya masuk ke ColorOS Recovery dengan cara menekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan dan tahan beberapa saat hingga muncul logo Realme.
  • Selanjutnya akan muncul pilihan bahasa, pilih English.
  • Pilih menu Wipe Data untuk melakukan Reset, konfimasi dengan memilih OK.
  • Setelah proses wiping selesai, pilih menu Reboot untuk merestart HP Realme 5.
  • Selesai.

Baca Juga : Cara Ganti Font Realme 3 Dan Realme 3 Pro

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Hard Reset Realme 5 Dan Realme 5 Pro. Cara ini juga bisa dilakukan di perangkat Realme lainnya. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login