fbpx

Android

Cara Flash Samsung Galaxy J6+ (SM-J610F) Android 9.0 Pie Via Odin Mudah 100% Work

By

on

Flash Samsung Galaxy J6+ – Proses flashing android adalah proses install ulang perangkat smartphone untuk memperbaiki berbagai masalah apda perangkat seperti ponsel Galaxy J6+ bootloop, hank atau mati total alias hardbrick. Untuk itu, kita akan berikan ulasan tentang Cara Flash Samsung Galaxy J6+ SM-J610F Via Odin.

Samsung Galaxy J6+ yang merupakan generasi penerus dari Samsung Galaxy J6. Sebagai generasi penerus, tentunya Samsung Galaxy J6+ memberikan beberapa upgrade pada Samsung Galaxy J6+. Samsung mempunyai layar yang lebih lebar dibandingkan dengan pendahulunya. Samsung Galaxy J6+ ini memiliki layar dengan lebar 6 inci beraspek rasio 18,5:9 yang hampir memenuhi seluruh body bagian depannya. Samsung ini juga telah dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication). Fitur ini membuat penggunanya bisa melakukan pembayaran digital, hingga melakukan pengecekan saldo e-money. Samsung Galaxy J6+ ini juga memiliki sensor sidik jari (fingerprint) yang terletak di bagian samping ponsel dekat tombol power.

Meskipun memiliki spesifikasi yang mumpuni, perangkat smartphone yang digunakan setiap saat pasti akan memicu timbulnya beberapa masalah pada sistem sehingga membutuhkan perbaikan, salah satunya dengan melakukan install ulang perangkat atau flashing Samsung Galaxy J6+. Proses flashing Samsung Galaxy J6+ dapat memperbaiki berbagai masalah seperti Samsung Galaxy J6+ Bootloop, Samsung Galaxy J6+ Blinking, Samsung Galaxy J6+ Hang Logo, Samsung Galaxy J6+ terkena virus, Samsung Galaxy J6+ tiba-tiba error, sistem Samsung Galaxy J6+ error, Samsung Galaxy J6+ mati total, dan berbagai masalah lainnya. Selain untuk memperbaiki berbagai masalah, proses flashing juga digunakan untuk mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM/Firmware aslinya.

Baca Juga : Cara Flash Samsung Galaxy J2

Cara Flash Samsung Galaxy J6+

Meskipun tidak sulit, proses flashing Samsung Galaxy J6+ harus dilakukan dengan teliti, karena jika terjadi kesalahan bisa menyebabkan smartphone anda tidak bisa dinyalakan atau mengalami Bootloop. Untuk memudahkan anda, berikut ini Cara Flash Samsung Galaxy J6+.

Sebelum melakukan flashing Samsung Galaxy J6+ , siapkan terlebih dahulu bahan–bahan berikut:

  • Download aplikasi Odin3_v3.12.5 dan ekstrak aplikasi.
  • Download Samsung USB Driver lalu instal, jika sudah maka restart PC/laptop.
  • Download Firmware Samsung Galaxy J6+ Android 8 Oreo (untuk
  • Galaxy J6+ sudah update ke Android 8.1 Oreo atau 9.0 Pie) atau Firmware Samsung Galaxy J6+ Android 9 Pie (hanya untuk Samsung Galaxy J6+ model SM-J610F)
  • Siapkan Kabel USB Original
  • Pastikan baterai minimal 60% dan lebih disarankan full charge.

Catatan : Sebelum melakukan Flash sebaiknya, buat cadangan file dan data karena pada proses flashing ini akan menghilangkan seluruh file dan data secara otomatis.

Baca Juga : Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime

Cara Flash Samsung Galaxy J6+ VIA ODIN

Langkah pertama, terlebih dahulu matikan ponsel, lalu masuk ke download mode dengan cara tekan dan tahan tombol home + power + volume kebawah secara bersamaan hingga muncul tampilan seperti dibawah:

Lalu tekan tombol vol atas (+) untuk masuk ke downloading mode.

Setelah masuk downloading mode, masukkan USB ke perangkat Samsung J6+ dan colokkan ke port USB PC/Laptop.

Selanjutnya ekstrak file Odin, lalu klik kanan pilih “Run Administrator”.

Setelah odin terbuka, selanjutnya odin akan mengenali perangkat samsung J6+. Lalu klik bagian kiri, jika ada tulisan “Added” berarti Galaxy J6+ sudah terbaca dengan benar.

Jika perangkat tidak terbaca, bisa jadi karena Samsung Driver tidak terinstall dengan baik atau bahkan Samsung Driver belum terinstall.

Selanjutnya, ekstrak file firmware lalu masukkan filenya ke Odin dengan mencocokkan nama file dengan tombol di aplikasi Odin. Contoh:

  • Klik BL kemudian pilih file dengan awalan nama BL.
  • Klik AP kemudian pilih file dengan awalan nama AP.
  • Klik CP kemudian pilih file dengan awalan nama CP.
  • Klik CSC kemudian pilih file dengan awalan nama CSC. Pilih yang CSC saja. Perhatikan gambar dibawah :

Pastikan re-partition tidak tercentang.

Selanjutnya klik Start untuk memulai proses flash ROM pada Samsung Galaxy J6+.

Jika proses flash sukses maka akan muncul tulisan PASS berkotak hijau. Namun jika proses flashing gagal, maka ada pesan “Failed”. Jika sudah demikian, kemungkinan besar file firmware yang anda download Korup, maka coba download firmware kembali dan ulangi langkah-langkah seperti diatas.

Baca Juga : Cara Flashing Samsung J5 SM-J500G via Odin

Jika proses flashing selesai namun Samsung Galaxy J6+ masih mengalami bootloop, maka coba lakukan factory reset di recovery mode. Caranya denga matikan ponsel lalu tekan dan tahan tombol Home + Power + Volume ke atas, kemudian setelah memasuki recovery mode, pilih Wipe Data / Factory Reset. Lalu restart ponsel Galaxy J6+ dan tunggu hingga proses selesai.

Baca Juga : Cara Flash Samsung Galaxy J7 Prime

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Flash Samsung Galaxy J6+  . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login