Informasi

10 Cara Memperbaiki USB “Device Not Recognized” di PC, Mudah!

By

on

10 Cara Memperbaiki USB “Device Not Recognized” di PC, Mudah! – Kalian mungkin pernah mengalami flashdisk tidak terbaca di PC, biasanya flashdisk tersebut mengalami kerusakan atau ada virus shortcut pada flashdisk. Selain flashdisk, ada juga device USB lain seperti smartphone yang juga tidak terbaca di PC. Biasanya device USB tersebut akan muncul notifikasi “Device Not Recognized” atau perangkat tersebut tidak dikenali oleh PC. Tapi jangan khawatir, ada cara untuk mengatasi hal tersebut, berikut cara mengatasi usb device not recognized:

Cara Memperbaiki USB “Device Not Recognized” di PC

1. Restart PC

Jika terlalu lama menggunakan PC maka akan semakin berat cache, untuk itu PC kalian tidak bisa membaca USB yang masuk. Untuk itu, lakukan restart pada PC lalu refresh dengan klik kanan pada mouse, setelah itu pilih “Refresh”. Jangan lupa untuk mencabut semua USB yang terpasang di PC agar saat PC direstart lebih ringan dan bisa digunakan kembali.

2. Cabut Power Supply

Cara pertama yaitu dengan mencabut power supplynya. Di belakang CPU, biasanya ada kabel yang terhubung langsung ke power supply. Coba cabut kabel tersebut dan tunggu hingga motherboard PC beristirahat sebentar. Jika sudah pasang kembali deh kabel power supply tersebut dan hidupkan kembali PC kalian.

3. Cabut dan Pasang Kembali USB

Biasanya saat kalian mencabut USB, PC akan melakukan refresh, sehingga PC akan membaca kembali device yang akan masuk. Selain itu, coba perhatikan kabel pada USB yang dipasangkan, apakah ada kerusakan pada USB atau tidak. Seperti kabel yang mulai longgar. Jadi, pasangkan dengan benar USB dengan port yang ada di PC.

4. Periksa Port USB

Mungkin port USB yang ada di PC kalian bermasalah seperti sudah karatan, ada batu dan debu. Jika seperti itu kalian bisa membersihkannya.

Kalian juga harus periksa port USB pada device, siapa tau di dalamnya ada masalah yang sama dengan port USB pada PC. Jika tidak ada, kalian bisa mencoba menggunakan PC lain untuk memastikan, jika hasilnya tidak terbaca, berarti Device USB tersebut sudah rusak.

5. Gunakan Port USB yang Lain

Biasanya pada PC ada banyak sekali port USB yang bisa digunakan. Mungkin saat kalian menggunakan port USB ke 1 memang sedang bermasalah, sehingga cobalah gunakan port USB yang lain. Selain itu, bisa juga gunakan port USB yang ada di belakang CPU.

6. Nonaktifkan Save Power pada USB Root Hub

Dengan menonaktifkan fitur Save Power pada Power Management yang ada pada USB Root Hub. Ini berfungsi untuk menonaktifkan USB yang rusak. Berikut cara menonaktifkan Power Management yang ada pada USB Root Hub:

1. Pertama, buka Run dengan cara tekan “Windows + R” pada keyboard, maka akan muncul kotak Run lalu ketikkan “devmgmt.msc” dan tekan “Enter” pada keyboard.
2. Setelah itu, akan muncul Device Manager lalu langsung saja klik “Universal Serial Bus Controllers”.
3. Kemudian, klik “USB Root Hub (USB 3.0)” lalu klik menu “Power Management”.
4. Selanjutnya, unchecklist atau hilangkan centang pada fitur “Allow computer to turn off this device to save power” lalu klik “OK”.
5. Jika sudah selesai, restart PC lalu coba pasang kembali USB, bisa atau tidak.

7. Scan for Hardware Change

Berikut cara scanning hardware change pada PC:

1. Pertama, buka Run dengan cara tekan “Windows + R” pada keyboard, maka akan muncul kotak Run lalu ketikkan “devmgmt.msc” dan tekan “Enter” pada keyboard.
2. Selanjutnya, akan muncul Device Manager, langsung saja klik menu “Action”. Lalu klik “Scan for hardware changes” dan tunggu hingga proses scanning selesai.
3. Jika sudah selesai, coba pasang kembali USB pada PC.

8. Uninstall Hidden Devices

Biasanya PC akan menyimpan device USB yang sering digunakan. Bisa jadi, USB tidak terbaca karena sudah kepenuhan device yang ada pada PC. Akibat banyaknya device yang tersimpan, PC akan mengalami error atau crash. Berikut cara uninstall hidden devices:

1. Pertama, buka Run dengan cara tekan Windows + R pada keyboard, maka akan muncul kotak Run lalu ketikkan “devmgmt.msc” dan tekan Enter pada keyboard.
2. Selanjutnya, akan muncul Device Manager, langsung saja klik menu “View”.
3. Kemudian, klik kanan pada “Show Hidden devices” dan akan tampil semua devices yang pernah digunakan.
4. Untuk uninstall, klik kanan pada device lalu klik “Uninstall device”.

9. Uninstall USB Devices

Berikut cara uninstall USB Devices:

1. Pertama, buka Run dengan cara tekan Windows + R pada keyboard, maka akan muncul kotak Run, ketikkan “devmgmt.msc” dan tekan Enter pada keyboard.
2. Selanjutnya, akan muncul Device Manager lalu langsung saja klik menu “Action”.
3. Kemudian, klik Uninstall Device dan tunggu hingga proses uninstall selesai.

10. Update Device Driver

Biasanya PC akan terotomatis perbarui setiap driver yang ada. Mungkin salah satu penyebab driver tidak terbaca adalah karena belum update device driver. Berikut cara update device driver pada PC:

1. Pertama, buka Run dengan cara tekan Windows + R pada keyboard.
2. Selanjutnya, akan muncul kotak Run, ketikkan “devmgmt.msc” lali tekan “Enter” pada keyboard.
3. Maka akan muncul Device Manager, langsung saja klik “Universal Serial Bus Controllers”.
4. Lalu klik kanan pada driver yang berstatus “Unknown Device” dan klik “Update Driver”.
5. Tunggu update hingga selesai.

Itulah informasi tentang “10 Cara Memperbaiki USB “Device Not Recognized” di PC, Mudah!“, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares