Pemograman WEB

Tutorial Belajar Program Asp.Net Dengan Cepat Dan Mudah bag.2

By

on

Artikel ini melanjutkan postingan sebelumnya tentang Tutorial Programing Belajar Asp Untuk Pemula, kali ini kita melanjutkan membuat program web menggunakan asp.net. Untuk pembaca yang belum memahami tentang apa itu asp.net sebaiknya anda baca kelmbali postingan kami.
PEMOGRAMAN WEB –  Tutorial Programing Belajar Asp Untuk Pemula Dengan Cepat Dan Mudah

Pada Asp kita dapat mengubah secara dinamik, mengubah, menambah, atau menghapus isi yang ada dalam suatu halaman web, Me-response untuk query pemakai atau data yang dikirimkan dari form HTML, Mengakses data atau database dan memberikan hasilnya kepada suatu browser,dan  Kustomisasi suatu web page untuk membuat web page lebih berguna bagi pemakai individual.
Kelebihan menggunakan ASP dibandingkan CGI dan Perl adalah kemudahan dan kecepatannya. Memberikan keamanan karena kode ASP tidak dapat ditampilkan dari browser. Karena file file ASP yang dihasilkan sebagai suatu HTML murni, maka dapat ditampilkan oleh browser manapun , Pemrograman ASP yang baik dapat meminimisasi traffic jaringan (network traffic). Berikut ini kami sajikan beberapa listing program cara memasukan file input dan form menggunakan Asp.

Form dan Input Pemakai ASP

Form sederhana (menggunakan method GET), Contoh ini mendemonstrasikan bagaimana berinteraksi dengan pemakai, dengan perintah Request.QueryString

1

Lihat Script

Form sederhana (menggunakan method POST), contoh ini mendemonstrasikan bagaimana berinteraksi dengan pemakai, dengim perintah Request.Form

2

Lihat Script

Form dengan tombol radio, contoh ini mendemonstrasikan bagaimana berinteraksi dengan pemakai, menggunakan tombol radio, dengan perintah Request.Form

3

Lihat Script

Input Pemakai

Untuk mendapatkan informasi dari form, kita dapat menggunakan objek Request. Berikut ini contoh form sederhana:

4

Lihat Script

Ada dua macam cara mendapatkan informasi form: perintah Request.QueryString dan Request.Form.

Request.QueryString, perintah ini mengumpulkan nilai-nilai dari suatu form sebagai teks. Informasi dikirim dari form dengan menggunakan method GET yang dapat dilihat oleh setiap orang (dalam field address).
Ingat bahwa method GET membatasi informasi yang dikirimkan.

Jika seorang pemakai menuliskan ARQ dan Razan, pada contoh di atas, maka url yang dikirimkan kepada server akan seperti berikut:
http://myserver/pgi.asp?fname=ARQ&lname=Razan

File ASP “pgi.asp” berisi script sebagai berikut:

5

Lihat Script

Contoh di atas menuliskannya ke dalam body dokumen:
Selamat datang ARQ Razan

Request.Form, untuk mengumpulkan nilai-nilai dari form dengan method POST, gunakan perintah Request.Form. Informasi yang dikirimkan dari form dengan method POST tidak dapat dilihat oleh yang lain. Method POST tidak mempunyai keterbatasan, Anda dapat mengirimkan informasi yang besar kepada server.

6

Lihat Script

Jika seorang pemakai menuliskan ARQ dan Razan, pada contoh di atas, maka url yang dikirimkan kepada server akan seperti berikut:
http://myserver/pg2.asp

File ASP ”pg2.asp” berisi script sebagai berikut:

7

Lihat Script

Contoh di atas menuliskannya ke dalam body dokumen:
Selamat datang ARQ Razan

Validasi Form

Input form harus divalidasi pada browser, dengan menggunakan script side klient. Validasi browser lebih cepat waktunya, dan mengurangi beban server.
Kita harus melakukan validasi input, jika input akan dimasukkan ke dalam database. Cara validasi form pada server adalah dengan mem-post kepada dirinya sendiri, daripada meloncat kepada page lain. Pemakai akan mendapatkan pesan kesalahan pada halaman yang sama sebagai form. Hal ini dapat mempermudah menemukan kesalahan.

Demikian penjelasan singkat yang bisa admin sampaikan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda tentang dunia pemograman dan ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat bagi pembaca. Sampai bertemu di postingan-postingan selanjutnya..see you ^-^

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares