Tutorial

Macam-macam Topologi Wireless Yang Harus Anda Ketahui

on

Pro.co.id – Sebenarya Toplogi pada jaringan Wireles dan LAN sangat berbeda, Walaupun pada dasarnya memiliki kesamaan dalam hal menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya, karena dengan menggunakan media transmisi membuat Perbedaan jenis toopologi antara LAN dan Wireles.

Selain itu teknologi yang di gunakan oleh masing-masing jaringan berbeda yang mana untuk WLAN menggunakan teknologi wireless (IEEE 802.11), sedangkan untuk jaringan LAN menggunakan Teknologi ethernet (IEEE 802.3). Ada dua model yang banyak digunakan menurut standart IEEE pada WLAN yakni :

  1. AdHoc
  2. Infrastruktur

Ada bermacam-macam jenis topologi yang banyak di gunakan untuk jaringan Wireles, sebagai berikut:

1. Independent Basic Service Set (IBBS)

Independent Basic Service Set (IBBS)

Nama lain dari AdHoc dan lebih banyak dikenal dengan nama Independent Basic Service Set (IBBS). Adanya jaringan AdHoc ini terbentuk jika antara Client dengan dengan lainnya di lengkai dengan Wireles LAN Card di perangkatnya dan saling terhubung antara satu dengan lainnya secara langsung. Untuk jenis jaringan ini tidak memerlukan sebuah perantara seperti Wireles Router atau Accses Point. Ada beberapa kelemahan jika menggunakan AdHoc ini yakni pada saat Client yang terhubung telah banyak, Maka transmisi pengiriman data akan makin lambat.

Selain itu, Karena tidak ada perangkat yang di jadikan sebagai perantara seperti Acces point dengan menggunakan Teknologi ini terjadinya ketidak adaan perangkat yang dapat mengatur Wireles agar Client terkoneksi. Collusion atau Tabrakan kemungkinan besar akan terjadi.

2. Basic Service Set (BSS)

Basic Service Set (BSS)

Agar semua wireles pada client bisa saling terhubung menggunakan teknologi ini harus menggunakan perangkat Accses point sebagai perantaranya. Jadi, agar antara 1 client bisa terhubung dengan client lainnya harus terkoneksi lebih dahulu dengan Accses Point perantara yang digunakan.

3. Extended Service Set (ESS)

Extended Service Set (ESS)

Untuk jenis Topologi ESS ini memiliki lebih dari satu Accses Point yang bisa digunakan. hal ini bertujuan agar bisa menjangkau di area yang lebih luas. Jadi bisa di bilng Topologi ESS ini adalah sebuah gabungan atau juga kumpulan dari topologi BSS.

Di topologi BSS atau ESS, anda bisa mengkaloborasikannya dengan jaringan LAN. Jariangan ini umumnya di namakan infrastruktur, Dimana Wireles Client bisa terhubung serta dapat berkomunikasi dengan Client lainnya di jaringan kabel.

You must be logged in to post a comment Login

Shares