Informasi

10 Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak dan Tetap Awet

By

on

10 Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak dan Tetap Awet – Power Bank adalah alat penyimpan listrik untuk baterai gadget saat berada di luar rumah atau bepergian ke tempat yang jauh dari sumber listrik. Karena sebagai penyimpan daya, tentu saja fungsi power bank yaitu untuk mengisi baterai smarphone, tablet dan lain sebagainya. Power Bank juga disebut sebagai baterai cadangan, portable charger, atau battery box.

Power bank memiliki kapasitas tertentu yang ditandai dengan mAh. mAh adalah singkatan dari mili ampere per hour atau mili amper per jam yaitu jumlah arus listrik yang dikeluarkan tiap 60 menit atau per jam.

Namun bagi anda yang memiliki power bank dan ingin power bank anda tetap awet dan tidak cepat rusak berikut tips cara merawat power bank agar tahan lama atau awet dan tidak cepat rusak:

Cara Merawat Power Bank Agar Tetap Awet dan Tidak Cepat Rusak

1. Jangan Terlalu Sering di-Charge

Terlalu sering mengisi daya power bank tidak bagus untuk power bank kalian. Karena, kebanyakan power bank memiliki baterai berjenis Li-Ion atau lithium-Ion yang daya tahannya mencapai 500 kali charge saja. Namun, ada juga power bank dengan baterai berjenis Li-Pho atau Lithium Polimer yang memiliki ketahanan hingga 1.000 kali charge.

Setelah melebihi batas maksimalnya, biasanya kapasitas baterai yang ada pada power bank akan menurun. Hal tersebut dapat dirasakan melalui seberapa banyak power bank kalian dapat mengisi baterai smartphone. Jika kalian merasa power bank kalian tidak lagi bisa mengisi smartphone kalian sampai penuh, berarti kapasitas baterai power bank kalian sudah mengalami penurunan.

2. Charge Sebelum Daya Kurang dari 20%

Biasakan lakukan pengisian jika daya power bank kalian tersisa 15% -20% agar tidak merugikan power bank kalian. Usahakan pula, isi daya saat indikator kapasitas baterai di power bank kalian menunjukan setengah atau seperempat. Jadi, jika indikator baterai power bank kalian ada 4 buah lampu LED, usahakan kalian charge saat masih tersisa 2 atau satu lampu indikator yang menyala.

3. Charge Hingga Penuh

Biasakan charge kapasitas power bank kalian hingga penuh. Tujuannya agar daya power bank tidak cepat habis dan tidak terlalu sering di-charge. Untuk melihat apakan daya power bank kalian sudah penuh atau belum, cek indikasi baterai yang ada di power bank berupa lampu maupun layar.

Selain itu, mengisi daya power bank hingga penuh juga memberikan manfaat untuk kalian, jadi kalian tidak perlu khawatir lagi apabila smartphone kalian kehabisan daya.

4. Hindari Suhu Panas dan Dingin

Saat sedang di-charge, hindari tempat yang tertutup seperti tas atau lemari. Karena, saat power bank sedang di-charge biasanya akan mengeluarkan hawa panas. Jika kalian simpan di tempat tertutup, kemungkinan power bank tidak memiliki sirkulasi udara dan hal tersebutlah yang bisa membuat power bank kalian bocor dan menggelembung.

5. Jangan Charge Secara Berlebihan

Jika power bank milik kalian bermerek Xiaomi atau Anker mungkin kalian tidak perlu khawatir dengan masalahini. Karena merek tersebut sudah memiliki fitur Over Charging Protection yang akan langsung memutuskan daya saat power bank sudah penuh.

Tapi, jika power bank kalian power bank biasa kemungkinan tidak dilengkapi dengan fitur tersebut. Jadi, jika kalian ingin power bank kalian tetap awet, sebaiknya kalian perhatikan saat power bank kalian sedang diisi daya agar tidak di-charge secara berlebihan.

6. Jangan Terjatuh

Jika ingin baterai tetap awet, maka hindari power bank dari benturan keras seperti terjatuh. Karena, hal tersebut memungkinkan komponen di dalam power bank seperti baterai dan permukaan output power bank tidak berfungsi dengan baik.

7. Jauhkan dari Benda Elektronik

Benda elektronik seperti TV, Kulkas dan lain sebagainya sering memancarkan gelombang magnetik yang tidak baik bagi power bank. Jika kalian meletakkan power bank di dekat benda-benda elektronik yang memancarkan gelombang magnetik kemungkinan akan membuat power bank kalian langsung mengalami kerusakan. Jadi jika meletakkan power bank usahakan tidak di benda elektonik dan jauh dari benda elektronik.

8. Jangan Memainkan Smartphone Saat di-Charge

Saat mengisi daya, sebaiknya kalian tidak menggunakan Hp atau smartphone kalian untuk main game, nelepon atau aktivitas lainnya. Dengan begitu, smartphone kalian akan bisa bertahan lama. Jadi, sebaiknya hentikan aplikasi lain, terutama yang berat seperti main game dan browsing.

9. Jangan Gunakan Power Bank di Rumah

Jika ada colokan/soket listrik, jangan gunakan power bank untuk pengisian ulang daya baterai smartphone kalian. Tujuannya agar power bank dapat bertahan lama atau awt karena penggunaan yang terlalu sering tentu dapat mengurangi kinerjanya. Namun, jika tidak ada colokan/soket listrik, kalian dapat menggunakannya.

10. Bersihkan Power Bank

Udah beli power bank mahal tapi karena sering dipakei permukaannya jadi kusam. Untuk itu, sesekali luangkan waktu untuk membersihkan permukaan power bank kalian. Cara mencuci power bank agar tidak merusak komponen di dalamnya yaitu dengan menggunakan busa. Gunakan busa yang dihasilkan dari cairan pencuci piring, lalu usapkan dengan spon atau sikat gigi. Hindari busa merembes ke bagian output.

Itulah informasi tentang”10 Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak dan Tetap Awet“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

You must be logged in to post a comment Login

Shares