Informasi

Tips dan Cara Menyelamatkan Handphone Terkena air

By

on

Pro.Co.Id – Apabila handphone kita terkena air, hal tersebut sangatlah menyebalkan karena ada kemungkinananya Handphone milik kita rusak dan harus membeli Handphone yang baru lagi. Seperti yang diketahui bahwa air memiliki sifat yang dapat menghantarkan air, saat Handphone masuk atau terkena air maka komponen handphone dapat mengeluarkan arus pendek yang dapat merusak handphone tersebut.

Jika hal tersebut terjadi (Handphone anda masuk atau terkena air), anda tidak perlu panik karena masih ada kemungkinan handphone anda masih dapat selamat dengan mengikuti tips dari kami. Berikut adalah tips jika handpone terkena air:

Tips Jika Handphone Terkena Air

1. Jangan Langsung Hidupkan Handpone
Apabila handphone anda masuk dalam air atau terkena air, handphone tersebut jangan langsung anda hidupkan. Hal tersebut dikarenakan apabila handphone dihidupkan dalam keadaan basah maka akan menyebabkan arus pendek yang dapat merusak komponen di dalam handphone anda.

2. Lepaskan Baterai, Sim Card Dan Memory Card Yang Ada Pada Handphone
Apabila handphone anda masuk dalam air atau terkena air, lepaskan segera semua bagian handphone seperti baterai, sim card, dan memory card. Apabila handphone tersebut terkena cairan seperti kopi, teh, atau yang lainnya sebaiknya rendam dahulu handphone anda dalam air atau alkohol untuk mencegah karat pada komponen handphone anda.

3. Keringkan Handphone
Apabila handphone anda masuk dalam air atau terkena air, maka segera keringkan semua bagian handphone tersebut menggunakan penghisap udara atau kompresor udara, namun jangan gunakan hair dryer karena udara yang panas yang dihasiklan hair dryer dapat merusak komponen yang ada dalam handphone anda.

4. Letakkan Handphone Dalam Beras
Apabila handphone anda masuk dalam air atau terkena air, anda bisa memanfaatkan beras untuk menperbaikinya karena beras akan menyerap air yang ada dalam handphone anda. Caranya: Masukkan Handphone, baterai, memory card dalam beras lalu biarkan handphone anda selama 1 hingga 2 hari dalam beras tersebut.

5. Hidupkan Handphone Anda
Setelah 1 hingga 2 hari dalam beras, selanjutnya ambil handphone dan pasang semua bagian handphone tersebut. Kemudian charge handphone tersebut dalam keadaan mati, jika sudah coba hidupkan handphone tersebut.

Tips diatas tidak menjamin 100% handphone akan kembali normal seperti sedia kala, tergantung dari kondisi handphone dan durasi handphone terkena air. Semoag informasi kali ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih

You must be logged in to post a comment Login

Shares