komponen komputer

13 Tips dan Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

By

on

Pro.Co.Id – Salah satu kelebihan menggunakan laptop dari pada komputer dekstop yaitu kita bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja tanpa harus selalu terhubung ke arus listrik. Baterai merupakan unsur yang sangat penting bagi kita sebagia pengguna laptop. Tanpa baterai, laptop tidak akan menyala ataupun bekerja. Maka dari itu kita sebagi pengguna laptop selalu perhatian kesehatan dari baterai laptop agar baterai tetap awet dan tahan lama. Karena panjang pendeknya umur setiap barang elektronik itu tergantung dari cara perawatannya. Untuk masalah baterai laptop terdapat beberapa banyak hal yang d apat merusak baterai salah satu penyebabnya adalah siklus pengechasan, suhu baterai dan frekuensi pemakaian.

Lamanya ketahanan baterai tergantung pada umur, tipe, dan besarnya penggunaan energi baterai tersebut. Namun demikian, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai laptop agar tidak cepat habis. Semakin lama pengechasan dan pemakaian baterai akan mengakibatkan semakin cepat pula baterai aus. Hal ini terjadi karena suhu baterai dapat lebih tinggi pada saat pengechasan atau pemakain yang panjang.

Tips Supaya Baterai Awet dan Tahan Lama

  • Bersihkan laptop secara teratur.
    Karena debu dapat membuat lubang ventilasi laptop tersumbat, hal itu mengakibatkan fan (kipas) bekerja lebih keras. Tentu saja akan membuat baterai laptop akan lebih cepat habis.
  • Matikan Wireless Card.
    Jika memang kita tidak sedang tidak membutuhkan koneksi internet sebaiknya matikan koneksinya,karena wireless card sangat menguras habis power dari laptop, bahkan ketika tidak terhubung dengan koneksi wi-fi.
  • Turunkan Brightness Layar.
    Kecerahan layar laptop memakan cukup banyak power baterai. Menurunkan brightness layar laptop walaupun satu atau dua level bisa membuat baterai laptop kamu lebih awet.
  • Gunakan Sleep Mode.
    Ketika kita akan meninggalkan laptop sementara, lebih baik kita gunakan sleep mode. Karena ketika laptop berada di Sleep Mode, laptop menggunakan energi baterai yang sangat rendah dan semua file yang terbuka akan disimpan dimemori sementara.
  • Atur Power-Savings
    Pada setiap sistem operasi pasti terdapat menu power-savings. Aturlah setiap fitur power savings tersebut sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Bersihkan Baterai secara berkala
    Pada kutub baterai seringkali kotor karena debu, hal ini juga dapat mempengaruhi efektifitas dan ke efisiensian baterai. Bersihkan dengan kapas dan diberi sedikit alkohol pada bagian logam kutub baterai
  • Tutup Program Yang tidak Digunakan
    Seringkali kita membuka banyak program yang tidak kita gunakan. Sebaiknya tutup program yang tidak perlu karena akan membuat baterai lebih boros dan cepat habis.
  • Cabut Perangkat USB
    Usahakan ketika sudah tidak dibutuhkan cabut segera perangkan pada konektor USB. Karena setiap perangkat USB membutuhkan power dan bisa membuat baterai laptop cepat habis.
  • Hindari Menggunakan CD/DVD
    CD/DVD-ROM sangat haus akan power baterai. Jika memang tidak dibutuhkan, sebaiknya kamu tidak menggunakan CD/DVD-ROM. Pastikan juga tidak ada CD/DVD yang tertinggal di dalam CD/DVD-ROM walaupun kamu tidak menggunakannya.
  • Jangan Biarkan Laptop Mati¬†Sendiri
    Lakukan pengisian baterai jika kapasitas baterai mendekati 10%, dan pastikan jangan sampai baterai mengalami Critical Point sehingga menyebabkan laptop mati.
  • Cabut Segera Bila Sudah 100%
    Biarkan baterai terisi penuh selama beberapa jam. Usahakan segera cabut charger bila baterai telah terisi 100%.
  • Lepas Baterai¬†Jika tidak Digunakan
    Jika laptop tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama sebaiknya dilepas dan simpan pada suhu normal dan kering. Namun sebelum baterai dilepas harus terisi penuh terlebih dahulu dan dalam kondisi tidka digunakan.
  • Gunakan UPS
    Bila kita menggunakan tanpa menggunakan baterai, kita dapat menggunakan UPS (Uninterruptible power suply) untuk menghindari dan mencegah crash pada laptop dan listrik.

Itulah beberapa tips dan cara untuk menghemat baterai laptop agar awet dan tahan lama. Semoga tips diatas bermanfaat dan anda dapat menggunakan laptop dengan durasi yang lama. Terimakasih

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares