Software

3 Komponen Penting Membangun Sistem Komputer Beserta Fungsinya ” Hardware, Software, dan Brainware”

on

Pro.co.id – Dalam membentuk dan dapat menjalankan suatu system komputer terdapat 3 peranan penting yang harus terpenuhi. pasalnya ketika komponen tersebut paling utama yang saling keterkaitan, jadi bisa di katakan jika 1 saja tidak memenuhi maka tentunya komputer tersebut tidak akan bisa di jalankan atau di operasikan. atau dalam arti umum ketiga komponen utama tersebut saling melengkapi.

Ketiga peranan penting tersebut di antaranya adalah Perangkat Keras “Hardware”, Kemudian Perangkat Lunak “Software”, Dan yang terakhor adalah Pengguna/User/Manusia “Brainware”. Untuk fungsi serta penjelasan pada setiap masing-masing komponen tersebut adalah sebagai berikut :

1. HARDWARE

HARDWARE

Hardware atau dalam bahasa indonesia perangkat keras adalah salah satu komponen dalam  sistem komputer dapat di lihat, nyata dan ada keberadaannya. Dalam sebuah komputer terdapat beberapa Komponen perangkat keras sehingga komputer bisa di operasikan. beberapa Komponen perangkat keras yang terdapat di dalam komputer di antaranya  perangakt Input/Output, media Penyimpanan, serta perangkat Pemroses. Dvice yang biasa di gunakan untuk beberapa jenis perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, monitor, hardisk, RAM, CPU,Printer dan lainnya. Perangkat tersebut di sesuaikan dengan jenis Perangkatnya misalkan Keboard sebagai perangkat input,Kemudian RAM sebagai perangkat pemroses dan yang terakhir adalh printer sebagai perangkat Output. jadi dengan terbentuk dalam satu kesatuan perangkat keras tersebut maka komputer bisa di operasikan.

2. SOFTWARE

SOFTWARE

Software atau dalam bahasa indonesia perangkat lunak adalah suatu program yang tertanam di dalam komputer dengan berupa sebuah perintah atau Intruksi sehingga komputer dapat mengerti. Perangkat Lunak ini lah yang mengoperasikan perangkat keras ke komputer. Jadi jika dalam komputer tidak memiliki Software maka Komputer tidak bisa di jalankan.

Dengan hanya beberapa perintah dalam mngoperasikan komputer, Maka semua kebutuhan atau melakukan pekerjaan bisa di lakukan seperti Menonton Video, Memutar Musik dan Mengetik.

Agar semua aplikasi di dalam komputer yang juga termasuk Software bisa di jalankan, maka harus memasang Software utama terlebih dahulu atau umumnya di sebut sistem operasi.

3. BRAINWARE

BRAINWARE

Komponen yang ketiga atau terakhir ini adalah User atau pengguna komputer, yang mana memiliki fungsi sebagai komponen yang mengoperasikan dengan meintruksikan berbagai perintah dengan menggunakan Software ke perangkat keras komputer. Jadi Komputer tidak akan bisa berjalan tanpa adanya BRAINWARE , Bisa di katakan setinggi spesifikasi komputer jika tidak ada yang mengoperasikan maka sia-sia saja. Karena komputer di ciptakan untuk memudahkan manusia dalam berbagai kebutuhan pekerjaan.

Dari semua ulasan di atas kita dapat kesimpulan bahwasanya hardware, software, dan brainware merupakan komponen yang memiliki Fungsi saling melengkapi. Jadi jika salah satu komponen tidak terpenuhi maka tidak bisa di katakan sebagai Sistem Komputer.

You must be logged in to post a comment Login

Shares