jaringan komputer

Sejarah Dan Pengenalan Jaringan Komputer Terlengkap

By

on

Jaringan komputer atau dalam bahasa Inggris disebut computer network adalah sebuah interkoneksi (saling keterhubungan) antara kelompok-kelompok komputer dengan kelompok yang lain.

Dengan menggunakan jaringan komputer, komputer-komputer akan menjadi satu-kesatuan sehingga bisa saling mengakses dan bertukar data tanpa harus berpindah membawa sebuah disket/media usb dari komputer satu ke komputer lainnya. Selain itu, jaringan komputer juga dapat disambungkan ke internet.

SEJARAH JARINGAN KOMPUTER

Sebelum adanya jaringan komputer yang memungkinkan komunikasi langsung antarkomputer, komunikasi dan perhitungan yang melibatkan komputer zaman dahulu biasanya dilakukan secara manual dengan manusia sebagai media komunikasinya. Manusia membawa instruksi- instruksi antarkomputer.

Hingga pada bulan September 1940, muncul seorang bernama George Stibitz yang sukses memanfaatkan mesin teletype untuk mengirimkan pesan instruksi dari komputernya bernama Model K di Dartmouth College di New Hampshire ke instansi Complex Number Calculator di New York serta mengirimkan balik ke komputernya lagi menggunakan peranti yang sama.

Metode menghubungkan output sebuah sistem (seperti teletype) ke komputer merupakan sebuah objek yang sangat diminati di ARPA (Advanced Research Project Agency). Proyek ARPA sendiri merupakan proyek milik departemen pertahanan Amerika Serikat yang ingin mengembangkan sebuah projek Intergalactic Network yang tujuan akhirnya adalah menjadikan Amerika Serikat sebagai penguasa teknologi tertinggi di dunia.

Pada tahun 1964, peneliti di Dartmouth mengembangkan sistem Dartmouth Time Sharing System yang memungkinkan user sebuah sistem komputer besar terdistribusi. Di tahun yang sama di MIT, sebuah kelompok riset yang disponsori oleh General Electric dan Bell Labs meng¬gunakan komputer DEC PDP-8 untuk melakukan routing dan pengaturan koneksi telepon.

Di akhir tahun 1960-an, juga ada peneliti seperti Leonard Kleinrock dan Paul Baran yang membuat konsep dan mengembangkan sistem jaringan yang menggunakan datagram dan paket yang bisa digunakan di jaringan packet switched antarsistem komputer.

Switch PSTN yang pertama kali menggunakan kontrol komputer adalah switch bernama 1ESS yang diperkenalkan di tahun 1965 milik Western Electric.

Di tahun 1969, UCLA (University of California at Los Angeles), SRI (Stanford Reasearch Instute), University of California at Santa Barbara, dan University of Utah mulai berhubungan menggunakan jaringan ARPAnet yang menggunakan jaringan berkecepatan 50 kbit/detik. Layanan komersial pertama kali yang dirilis adalah yang menggunakan X 25 dan dirilis pada tahun 1972.

Jaringan komputer dan teknologi yang dibutuhkan untuk terjadinya hubungan dan komunikasi antarkomputer terus berkembang. Hal ini akibat dari perkembangan bisnis di bidang hardware, software, dan periferal komputer.

Ekspansi ini menimbulkan melonjaknya jumlah dan tipe pengguna jaringan komputer. Kini pengguna jaringan komputer tidak hanya para peneliti dan kalangan akademis, namun juga pengguna rumahan yang menggunakan jaringan untuk bekerja maupun untuk hiburan.

Saat ini, jaringan komputer sudah merupakan komponen penting dalam komunikasi modern. Bahkan digunakan tidak hanya di dunia komputer, namun di dunia komunikasi lain, seperti telekomunikasi PSTN.

Booming komunikasi di zaman sekarang (internet dan lain sebagainya) tidaklah bisa terjadi kecuali karena peran penting jaringan komputer. Jaringan komputer sangat luas dan buku ini hanya membahas jaringan komputer menggunakan Ubuntu 9.04 yang lazim digunakan di rumah atau perkantoran.

PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah salah satu bentuk komunikasi antarkomputer, sama halnya seperti yang dilakukan oleh manusia yang dapat berko- munikasi. Pembuatan jaringan komputer biasanya tidak hanya melibatkan komputer, namun juga bisa menggabungkan peranti-peranti lain, seperti ponsel, printer, dan sebagainya.

Jaringan komputer pada umumnya termasuk dalam pokok bahasan dalam bidang Telekomunikasi, llmu Komputer, Teknologi Informasi, dan Teknik Komputer.

Sifat dari jaringan komputer adalah kemungkinan adanya transfer data antara komputer atau perangkat yang terhubung di dalamnya. Berikut beberapa jenis jaringan komputer dilihat dari cara pemrosesan data dan pengaksesannya:

■ Host-Terminal

Terdapat sebuah atau lebih server yang dihubungkan dalam suatu dumb terminal. Karena Dumb Terminal hanya sebuah monitor yang dihubungkan dengan menggunakan kabel RS-232, maka pemrosesan data dilakukan di dalam server. Oleh karena itu, maka suatu server haruslah sebuah sistem komputer yang me-miliki kemampuan pemrosesan data yang tinggi dan penyimpanan data yang sangat besar.

■ Client-Server

Terdapat sebuah server atau lebih yang dihubungkan dengan beberapa client. Server bertugas menyediakan layanan, ber- macam-macam jenis layanan yang dapat diberikan oleh server, misalnya pengaksesan berkas, periferal, database, dan lain sebagainya. Sedangkan client adalah sebuah terminal yang menggunakan layanan tersebut. Perbedaannya dengan hubungan dumb terminal, sebuah terminal client melakukan pemrosesan data di terminalnya sendiri dan hal itu menyebabkan spesifikasi dari server tidaklah harus memiliki performansi yang tinggi, dan kapasitas penyimpanan data yang besar karena semua pemro-sesan data yang merupakan permintaan dari client dilakukan di terminal client.

■ Peer-to-Peer

Terdapat beberapa terminal komputer yang dihubungkan dengan media kabel. Secara prinsip, hubungan peer-to-peer ini adalah bahwa setiap komputer dapat berfungsi sebagai server (penyedia layanan) dan client, keduanya dapat difungsikan dalam suatu waktu yang bersamaan.

Sedangkan jika dilihat dari sisi lingkupannya atau jangkauannya, jaringan dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu:

■ Local Area Network (LAN), sebuah jaringan kecil yang ruang lingkupnya hanya kecil.

■ Wide Area Network (WAN), ruang lingkupnya lebih besar dari LAN dan jumlah jaringannya juga lebih besar. Yang termasuk WAN adalah MAN (Metropolitan Area Network) dan internet.

■ Wireless LAN dan WAN (WLAN a WWAN) adalah WAN atau UN yang menggunakan teknologi Wireless.

■ Internet, sekumpulan jaringan yang ruang lingkupnya paling besar, berlokasi tersebar di seluruh dunia yang saling terhubung membentuk satu jaringan besar komputer.

Sebuah jaringan komputer bisa dihubungkan menggunakan berbagai medium, seperti kabel twisted pair, kabel tembaga copper wire, kabel coaxial, kabel fiber optik, dan berbagai macam teknologi Wireless.

Jarak sebuah simpul/node di jaringan komputer bisa hanya sekitar bebe-rapa meter (misalnya via bluetooth) hingga tidak terbatas (misalnya internet).

Sekian penjelasan yang disampaikan tentang sejarah dan pengenalan jaringan komputer, semoga informasi yang dibagikan bermanfaat untuk pembaca.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares