Linux

Perkembangan Linux Dari Awal Kemunculannya Dan Masa Depan Linux

By

on

Pada artikel sebelumnya Pengertian linux ,disebutkan bahwa Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standard POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.
Pada tahun 1969, Ken Thompson dan Dennis Ritchie (juga adalah developer bahasa C), para peneliti di AT&T Bell Laboratorium Amerika, membuat sistem operasi UNIX, cikal bakal dari Linux. UNIX mendapatkan perhatian besar karena merupakan sistem operasi pertama yang dibuat bukan oleh hardware maker.
Lalu bagaimana dengan perkembangan Linux dari awal munculnya hingga saat ini? tentu terdapat beberapa dukungan yang dimiliki oleh Linux. Kita simak uraian dibawah.

linux-partners

Perkembangan Linux

a. Dukungan Aplikasi

Pada mulanya Linux hanya dapat menjalankan sebuah shell bernama bash. Aplikasi-aplikasi Linux semuanya adalah mode teks dan beijalan di atas shell tersebut. Linux masih sulit dioperasikan. Sehingga tidak banyak pengguna komputer yang tertarik menggunakan Linux.
Setelah mendapat dukungan dari berbagai kalangan, kini sudah tersedia ribuan aplikasi Linux baik untuk mode teks maupun mode grafis. Sebagian besar aplikasi Linux bersifat open source. Fasilitas grafis di Linux memanfaatkan X Window (bukan X Windows) yang mula-mula dikembangkan oleh MIT. Sehingga pengguna Linux dapat mengoperasikan komputer menggunakan mouse seperti yang biasa dilakukan oleh pengguna Windows atau Mac OS.
Di samping aplikasi-aplikasi yang bersifat open source, tersedia pula aplikasi-aplikasi komersial. Jika ingin mengetahui perkembangan aplikasi Linux, kunjungi situs www.linux.org dan www.linuxapps.com. Situs tersebut merupakan situs utama yang berisi informasi maupun link-link ke alamat situs lainnya.

b. Dukungan Hardware

Pada mulanya Linux hanya dapat dijalankan pada komputer yang menggunakan prosesor Intel 386. Periperal yang didukung pun masih terbatas. Linux hanya mengenali hard disk IDE, keyboard standar dan monitor standar. Belum ada dukungan untuk printer, scanner, TV tuner, sound card, modem, MP3 player, flash disk dan sebagainya.
Setelah lebih dari dua puluh tahun berlalu, kini Linux dapat mengenali berbagai peralatan input/output, disk, ethernet card, sound card, dan peralatan lain yang populer. Hampir semua peralatan yang ada di pasar telah didukung oleh Linux.
Source code kernel Linux telah ditulis ulang ke berbagai komputer dan hardware. Sekarang Anda dapat menggunakan Linux untuk berbagai jenis komputer, seperti:

• Intel 386/486/Pentium
• AMD dan Cyrix
• Sun SPARC
• MIPS
• Motorola 68k, Macintosh, PowerPC

c. Dukungan Informasi

Siapa saja dapat memperoleh informasi seputar Linux melalui Intenet, dari majalah/tabloid, buku-buku Linux, seminar Linux, kursus Linux, klub Linux, dan sebagainya. Anda dapat menjumpai cukup banyak buku dan majalah Linux berbahasa Indonesia.

Masa Depan Linux

Dengan semakin banyaknya sumber informasi seputar Linux dan dukungan aplikasi maupun hardware telah menjadikan Linux sebagai sebuah sistem operasi alternatif pengganti Windows. Sebagian besar aplikasi yang ada di
windows “dapat digantikan” dengan aplikasi Linux. Dari segi kualitas tidak kalah bagus dibandingkan dengan aplikasi Windows. Sebagian besar aplikasi Linux bersifat gratis sehingga dapat menurunkan biaya pembelian software.
Saat ini, Linux cenderung mengarah menjadi sebuah uhlem operasi desktop. Linux semakin cantik, unfriendly, easy-to-use, dan nyaman dipakai. Walaupun tetap harus diakui bahwa tidak semua yang ada di Windows dapat digantikan oleh Linux.
Saat ini sudah ada perusahaan yang mengembangkan emulator, sehingga beberapa aplikasi Windows dapat ilijalankan di Linux. Misalkan saja Crossover Office yang ilisertakan oleh Xandros dapat digunakan untuk menjalankan Ms. Office, Adobe Photoshop, Ms. Visio, Lotus Notes, dan sebagainya.

Demikian penjelasan singkat yang bisa admin sampaikan mengenai perkembangan linux dan masa depn linux .Semoga artikel ini bisa menabha pengetahuan anda tentang dunia pemograman dan ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat bagi pembaca. Sampai bertemu di postingan-postingan selanjutnya..see you ^-^

You must be logged in to post a comment Login

Shares