Informasi

Perbedaan XLS, XLSX, XLSM dan XLSB di Microsoft Excel

By

on

Perbedaan Format File XLS, XLSX, XLSM dan XLSB di Microsoft Excel – Jika kalian mahasiswa akuntansi, biasanya kalian tidak terlepas dari hitungan dan juga Microsoft Excel hingga kalian mengerti apa perbedaan format file XLS, XLSX, XLSM, dan XLSB di Microsoft Excel tersebut. Buat kalian yang belum paham dengan perbedaan antara format XLS, XLSX, XLSM, dan XLSB di Microsoft Excel, jangan khawatir karena kali ini kita akan membahas hal tersebut. berikut selengkapnya.

Perbedaan XLS, XLSX, XLSM dan XLSB di Microsoft Excel

XLS

Format XLS adalah format Microsoft Excel yang pertama. Format ini merupakan format default dari worksheet Excel versi tahun 2003 dan lebih rendah.

Menariknya, para programmer dulu lebih nyaman menggunakan format ini, sebab mereka mampu menggabungkan Macro VBA dengan Visual Basic.

XLSX

Format XLSX adalah format file yang ada pada Microsoft Office tahun 2007. Format ini dapat kalian gunakan pada microsoft Office 2007,2010 dan 2013. Sayangnya, format file satu ini tidak bisa kalian buka dengan Microsoft Excel tahun 2003. Selain itu juga, kalian juga tidak direkomendasikan untuk menyimpan macro VBA karena alsan keamanan yang kurang baik.

XLSM

Format XLSM sama dengan format XLSX, format file dapat kalian gunakan pada Microsoft Office 2007, 2010 hingga 2013. Namun perbedaannya, jika kalian menggunakan format ini, maka kalian bisa melakukan hal yang tidak dapat dilakukan di XLSX yaitu XLSM dapat menyimpan Macro VBA. Dengan begitu, jika kalian seorang editor atau penyunting,kalian bisa menggunakan format ini untuk menyimpan file macro VBA.

XLSB

Format file XLSB tidak berbeda jauh dengan format XLSX dan XLSM. Format ini dibuat dengan basis XML mirip dengan XLSM. Namun jika kalian menggunakan format file ini, kalian dapat menggunakan kode biner yang jauh lebih cepat dikenali komputer kalian. Bahkan, hal tersebutt lebih efisien jika kalian menggunakan data excel yang bersifat ribuan baris dan kolom.

Itulah informasi tentang”Perbedaan XLS, XLSX, XLSM dan XLSB di Microsoft Excel“, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares