Informasi

Perbedaan Http dan Https (Hypertext Transfer Protocol & Hypertext Transfer Protocol Secure) Lengkap

By

on

Pro.Co.Id – Anda pasti sering menjumpai kode HTTP dan juga HTTPS ketika melakukan browsing atau membuka suatu halaman website. Http dan https adalah kode bahasa protokol yang tidak asing bagi pengguna internet, karena setiap link yang yang dibuka melalui internet pasti menggunakan kode tersebut.  Tapi apakah anda tahu apa HTTP dan HTTPS itu?

Pengertian Http & Https

HTTP atau Hypertext Transfer Protokol merupakan sebuah protokol yang mengatur komunikasi antara server dan client. Yang menjadi client yaitu web browser atau device lainnya yang bisa mengakses, menerima dan menampilkan konten web. Cara komunikasi antara client dan server yaitu Client melakukan request ke serve kemudian server mengirim respon berupa file HTML kepada client.

HTTPS atau Hypertext Tranfer Protocol Secure merupakan versi Secure dari HTTP yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp. Pada HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security(TLS) sebagai sublayer dibawah HTTP aplikasi layer yang biasa. sedangkan HTTP di enkripsi dan deskripsi dari halaman yang di minta oleh pengguna dan halaman yang di kembalikan oleh web server.

Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port yang digunakan HTTPS adalah port 443. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’.

Perbedaan Http & Https

Setelah mengetahui apa itu HTTP dan HTTPS, Apakah kalian mengetahui perbedaan antara keduanya? jika belum, berikut adalah perbedaan HTTP dan HTTPS:

  • Port yang digunakan
    Dalam melakukan komunikasi, secara default port yang digunakan HTTP adalah port 80 sedangkan Port yang digunakan HTTPS adalah port 443.
  • Kebutuhan SSL atau Secure Socket Layers
    Secara default, protokol yang digunakan untuk komunikasi antara client dan server adalah HTTP. Hal tersebut karena untuk dapat menggunakan protokol HTTPS, kita harus memiliki sertifikat Secure Socket Layers atau SSL yaitu suatu teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi data yang akan dikirimkankan dan juga dengan menggunakan SSL tersebut memungkinkan kita untuk dapat mengirim informasi penting seperti nomor kartu kredit dengan aman.
  • Keamanan Data yang Dikirim
    Mengenai keamanan data, protokol HTTP tidak menjamin keamanan data yang dikirim. Sedangkan HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. ada 3 aspek yang dipegang oleh HTTPS, yaitu:

    • Autentikasi Server, dengan adanya autentikasi server maka pengguna yakin sepenuhnya bahwa mereka sedang berkomunikasi dengan server yang mereka tuju.
    • Kerahasiaan Data, data yang dikirimkan tidak dapat dipahami oleh pihak lain, karena data yang dikirimkan telah dienkripsi.
    • Integritas Data, data yang sedang dikirimkan tidak bisa diubah oleh pihak lain karena divalidasi oleh MAC (message authentication code).

Demikian informasi yang diberikan tentang Perbedaan Http dan Https . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares