Informasi

Perbedaan Format File .Doc dan .Docx Pada Microsoft Office Word

By

on

Perbedaan Format File .Doc dan .Docx Pada Microsoft Office WordDoc dan Docx adalah format untuk sebuah file yang dihasilkan microsoft word. Atau dengan kata lain Doc dan Docx adalah extensi file yang dibuat oleh software dan disimpan pada format tersebut, agar saat membuka file yang disimpan dalam format tersebut bisa dibuka kembali dengan software yang sama, sehingga kalian harus memperhatikan format atau extensi dari file.

Tapi banyak yang bertanya, apa perbedaan Doc dan Docx tersebut?nah, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan format Doc dan Docx.

Doc adalah extensi format fileyang disimpan dengan menggunakan versi microsoft word 2003 dan versi microsoft word yang lebih lama, dapat dikatakan format ini sudah ada sejak Word Perfect diluncurkan. Format ini telah di patenkan microsoft, agar pembuat software ini tidak bisa membuat software lain yang bisa menghasilkan format doc tersebut, sehingga saat itu banyak software tidak bisa menganalisa atau membaca format tersebut dengan baik.

Docx adalah extensi format file yang disimpan dengan software microsoft word versi terbaru mulai dari microsoft word 2007 hingga versi word ke atas, format ini menggantikan format sebelumnya dan tentunya format ini mempunyai keunggulan dibandingkan format sebelumnya. Tidak seperti format sebelumnya format ini tidak di patenkan microsoft, sehingga pengembang software lain biasa membuat software yang bisa menghasilkan file yang berekstensi Docx serta bisa membaca file Docx dengan baik.

Meskipun dalam penamaannya hanya berbeda 1 huruf, kedua extensi ini memiliki perbedaan. berikut ini adalah perbedaan format doc dan docx.

Perbedaan Doc dan Docx

Ukuran file docx lebih kecil dari doc

Format doc memiliki ukuran file yang lebih besar dibanding format docx, karena format docx mempunyai sistem kompres file.

Software yang bisa membuka format atau extensi tertentu

Format file doc dan docx bisa dibuka pada versi microsoft word 2007 bisa dibuka pada versi microsoft word 2007, sedangkan format docx tidak dapat di buka pada versi microsoft word 2003 ke bawah, hal ini tentunya menjadi kendala bagi sebagian orang yang saat itu belum mempunyai software mcrosoft office 2007, sehingga dibutuhkan converter agar bisa membuka format file tersebut.

Bentuk format dari docx dan doc

Format doc mempunyai format binary, sedangkan docx mempunyai format xml sehingga membuat docx memiliki beberapa keunggulan di bandingkan doc.

Hak paten pada format extensi

Microsoft mempunyai hak paten format doc, sehingga pengembang software lain tidak bisa menggunakan format tersebut, sedangkan format docx ridak dan bisa digunakan secara bebas.

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, tentunya kalian sudah dapat menentukan mana yang lebih baikkan?apakah kalian penasaran apa saja keunggulan dari format docx. Berikut adalah keunggulan atau kelebihan format docx:

  • Ukuran file docx lebih kecil dari doc
  • Lebih jarang terjadi corrupt file
  • Kuat dari serangan virus
  • Lebih cepat dalam akses file
  • File docx bisa dibuka di web

Itulah informasi tentang”Perbedaan Format File .Doc dan .Docx Pada Microsoft Office Word“, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares