jaringan komputer

Perbedaan Access Point dan Router

on

Pro.co.id – Sebenarnya banyak yang sudah menggunakan perangkat keduanya ini yakni Accses Point dan Router dan biasanya di gunakan di Kantor atau di rumah yang biasanya menggunakan layanan speedy untuk akses internet di rumahnya yang tentunya memerlukan kedua perangkat tersebut atau salah satunya. Meski demikian masih banyak yang belum mengerti arti serta fungsi dari kedua perangkat jaringan tersebut.

Wireless Access Point memiliki fungsi sebagai penghubung ke beberapa Wireles Client ke beberapa perangkat baik Smartphone, Laptop atau PC yang tergabung dalam satu jaringan. Karena perangkat ini Nirkable atau perangkat tanpa kabel jika di lihat fungsinya Wireless Access Point bisa di katakan sama seperti Hub atau Switch hanya lebih lengkap Fiturnya saja. Wireless Router sendiri adalah perangkat dari hasil perkembangan wireless Access Point, yang mana Perangkat tersebut fungsi Router bisa di gunakan.

Ada beberapa perbedaan antara Wireless Access Point dan Wireless Router, yang bisa anda lihat secara lengkap pada ulasan berikut ini :

  1. Intinya adalah Wireless Router memiliki fungsi sama halnya dengan wireless access point yakni sebagai perangkat yang menghubungkan ke berbagai perangkat Wireles Client, namun seperti yang telah di katakan di atas bahwa wireless router memiliki kemampuan untuk melakukan Routing (Mengatur lalu Lintas Data) sedangkan pada perangkat Wireless access point tidak memiliki Fitur tersebut.
  2. Fitur Network Address Translation hanya bisa kita temukan di perangkat wireless router, hal ini tidak berlaku pada Acses Point.
  3. Dengan menggunakan Wireless router maka modem bisa langsung terkonekso ke wi-fi router, maka akan secara otomatis mendial sehingga Wireles Client bisa menikmati langsung layanan internet. Sebelum adanya teknologi wireless router koneksi internet menggunakan Modem hanya bisa di lakukan langsung me Komputer atau pada jaringan tertentu.
  4. Seperti yang telah di sebutkan bahwasanya Wireles access point memiliki fungsi yang hampir sama dengan hub/switch. jadi Access point mempunyai keunggulan dalam mendistribusikan Alamat IP ke Wireles Client secara otomatis. Sedangkan wireless router merupakan perangkat yang bertindak sebagai DHCP Server. sedangkan DHCP Server bisa di temukan dan di jalankan hanya pada perangkat router atau server.
  5. Selain itu ada beberapa Fitur lainnya yang bisa kita temukan di wireless access point yakni Bandwith Control
  6. Parent Control : Mode pengaturan ini di gunakan untuk mem-filter website mana saja yang tidak boleh di akses oleh beberepa Client yang terkoneksi sedangkan Fungsi ini tidak bisa kita temukan di wireless access point.
  7. internet Access Control
  8. DDNS (Dynamic Domain Name System) merupakan fitur yang melakukan IP publik menjadi sering berubah-ubah (Dynamic) kemudian di ubah menjadi hostname sehingga sifatnya static.

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan antara kedua perangkat ini bisa anda lihat dari sebuah gambaran di bawah ini :

Wireless Access Point dan Fungsinya

Access Point merupakan perangkat node yang sudah di seting sedemikian rupa pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network). jadi secara umum untuk fungsinya sama seperti hub/switch dalam jaringan kabel yang bertindak sebagai pusat Tower Pemancar dalam menerima sinyal-sinyal radio WLAN.

Perbedaan Access Point dan Router

Wireless Router dan Fungsinya

Router merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi untuk meneruskan packet data dari satu network ke network yang lainnya.

Perbedaan Access Point dan Router

Sehingga bisa kita simpulkan bahwasanya antara Wireless Access Point dan Wireless Router, lebih banyak memiliki fitur Wireless Router. Semoga Bermanfaat.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares