Uncategorized

Penyebab Laptop Shutdown Sendiri dan Cara Megatasinya

on

Pro.co.id – Sebenarnya kondisi ini banyak di alami oleh banyak orang, apalagi yang bikin kesal pada saat sedang mengerjakan tugas tiba-tiba Laptop mati, yang lebih parahnya lagi adalah kerjaan yang sedang di ketik tersebut belum di Save.

Memeng sih, cara yang paling tepat adalah membawa ke Toko Komputer untuk di perbaiki, namun sebaiknya anda tidak harus terburu-buru mengambil keputusan tersebut. karena anda harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit, selain itu lebih baik anda cari terlebih dahulu penyebabnya. hal ini biasanya terjadi karena kerusakan Software atau Hardware baik akibat dari Virus atau juga karena umur Laptop yang sudah terlalu tua.

Untuk itu agar lebih mudahnya anda bisa lihat beberapa penyebab umum dan cara mengatasinya di bawah ini :

Overload Atau Terlalu Panas

Salah satu yang paling sering pengguna Laptop adalah penempatan yang bisa membuat panas di dalam Laptop tidak keluar sehingga menyebabkan Laptop panas dan kemudian mati secara tiba – tiba. Beberapa penempatan Laptop yang sangat jarang di perhatikan misalnya laptop di letakan di atas bantal atau kasur.

Cara mengatasinya : Untuk mengatasi hal semacam ini mudah saja, yakni anda bisa menempatkan Laptop di atas permukaan yang rata dan keras seperti meja, sehingga panas dari laptop tersebut akan keluar secara sempurna. Namun jika anda ingin tetap melakukannya di kasur bisa menggunakan Alas papan yang banyak di jual di pasaran. Jika hal ini sudah di lakukan namun Laptop masih terasa panas maka bisa dengan solusi lainnya yakni menggunakan colling pad.

RAM Bermasalah

Jika RAM bermasalah akan membuat kinerja Komputer atau laptop menjadi tidak optimal, sedangkan semua Aplikasi membutuhkan RAM untuk bisa berjalan dengan baik, sehingga membuat perangkat lainnya bekerja lebih keras dan akhirnya menjadi panas. Biasanya hal ini di sebabkan RAM yang kotor atau berdebu.

Cara mengatasinya : Cara mengatasinya hanya anda perlu membersihkannya saja dari debu yang menempel pada RAM bisa juga dengan menggunakan Penghapus. Atau jika anda merasa kinerja masih lelet bisa dengan menambah atau mengganti kapasitas RAM dengan yang lebih besar.

PASTA di Processor Kering

Hal ini biasanya terjadi pada komputer yang sudah berumur, yang mana pasta yang ada di atas Processor kering. Karena dalam hal ini anda tidak bisa mengadalkan pasta sekali pakai, kadangkala anda harus menggantinya.

Cara mengatasinya : Beri pasta di atas bagian Processor, caranya dengan mengoleskan pada bagian tersebut. untuk harga pasta Processor ini sangat murah anda bisa membelinya dengan mudah di berbagai toko komputer di kota anda. Nama lain dari pasta processor ini adalah thermal pasta.

Komputer / Laptop Berdebu

Komputer yang bermasalah ada yang jarang di perhatikan kebersihannya sehingga akan menghambat sirkulasi udara di dalam PC atau Laptop anda sehingga akan terjadi cepat panas dan lama kelamaan komputer akan mati sendiri.

Cara Mengatasinya : Silahkan anda bersihkan dengan cara bongkar casing penutup, bersihkan menggunakan Kuas lembut pastikan juga saluran udara tidak tertutup debu.

Masalah pada Mainboard

Jika kesemua cara di atas di lakukan namun juga terjadi masalah di pastikan bahwa Motherboard anda yang tidak mampu lagi bertahan dalam waktu yang cukup lama pada saat digunakan sehingga akan mati jika di gunakan untuk kinerja yang berat.

Cara mengatasinya : Sebagai saran saja sebaiknya anda mengganti dengan Mainboard yang baru, Karena ini merupakan jalan terakhir agar komputer anda tetap optimal.

Beberapa tips di atas bisa menjadi refrensi jika Laptop atau Komputer PC anda mengalami masalah Shutdown Sendiri. Semoga bermanfaat

You must be logged in to post a comment Login

Shares