jaringan komputer

Pengertian Switch dan Fungsi Switch dalam Jaringan Komputer dan Cara Kerjanya

By

on

Pengertian Switch dan Fungsi Switch dalam Jaringan Komputer dan Cara Kerjanya

Setelah kita mempelajari pengertian dan fugsi HUB pada jaringan komputer. Kali ini kita akan membahas komponen lainnya dalam jaringan komputer. Salah satu komponen lainnya yang berperan penting dalam sebuah jarinagn komputer adalah Switch.

Baca : Pengertian HUB dalam Jaringan Komputer, Fungsi dan Jenis-Jenis HUB

Apakah yang dimaksud dengan switch? Fungsi dan kegunaannya? Mari simak uraian dibawah ini.

Pengertian dan Fungsi Switch

Switch adalah suatu jenis komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB dalam membentuk jaringan komputer yang lebih besar atau menghubungkan komputer-komputer yang memiliki kebutuhan akan bandwidth yang cukup besar. Switch beroperasi pada layer dua (Data Link Layer) dari OSI model.

Switch merupakan suatu perangkat atau Device yang berfungsi sebagai media pengatur dan pembagi sinyal data dari suatu komputer ke komputer lainnya yang terhubung pada perangkat tersebut, fungsi tersebut sama dengan fungsi HUB yang menjadi perbedaan adalah switch bisa melakukan pengaturan berupa proses filter paket data.

Sama seperti HUB, pada Switch juga memiliki banyak port yang digunakan menghubungkan komputer, antara 8 port, 16 port, 24 port dan seterusnya.

Switch disajikan untuk Eternet komputer, masing-masing dari port yang terdapat pada switch dimungkinkan untuk diatur support speed & duflex atau support kecepatan ethernetnya, misalnya saja kecepatan 10 Mbps, 100Mbps, 1000MBps atau bisa juga disetting auto. Kemampuan Switch untuk melewatkan data ke hanya device yang dituju bisa menghemat bandwidht jaringan juga paket data yang melewati Switch akan lebih terjaga keamanannya ketimbang yang dilewatkan melalui HUB.

Cara Kerja Switch

alur-kerja-switch

Cara kerja switch yaitu dengan menerima paket data pada suatu port lalu akan melihat MAC (Media Access Control) tujuannya dan membangun sebuah koneksi logika dengan port yang sudah terhubung dengan node atau perangkat tujuan, sehingga selain port yang dituju tidak dapat menerima paket data yang dikirimkan dan akan mengurangi terjadinya tabrakan data atau disebut dengan collision.

Setiap perangkat yang terhubung ke port tertentu, MAC addsernya akan dicatat di MAC address table yang nantinya disimpan pada memori chache switch, itulah cara atau alur bagaimana switch bekerja.

Demikian informasi yang diberikan semoga bermanfaat.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares