Hardware

Pengertian Printer Dot Matrix Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

on

Pro.co.id – Biasanya Printer Dot Matrix ini di gunakan oleh perusahaan dalam mencetak berbagai Faktur penjualan serta di gunakan oleh para pelaku usaha retail. Printer Dot Matrix dalam menjalankan hasil cetak menggunakan Pita bukan Tinta, Sehingga dalam hasil cetaknya tersebut kurang baik yakni tidak halus dan cukup buram.

Cara kerja dari Printer Dot Matrix ini adalah dapat langsung mencetak yang kertasnya biasanya di rangkap menggunakan karbon. Pasalnya sistem percetakannya dari printer ini mengunakan sistem ketukan.

Karena Pita sebagai alat pencetaknya atau sebagai sumber warna, maka warna yang di hasilkan tidak banyak varian yakni hanya tersedia warna hitam, biru, dan merah, bahkan sangat jarang menggunakan printer ini untuk mencetak ketiga warna sekaligus dalam satu kertas. Bisa di katakan untuk resolusi cetaknya masih sangat minim, dari hasil cetaknya akan tampak seperti titik-titik yang saling terhubung.

Untuk kecepatan dari percetakan Printer ini di lihat dari beberapa jumlah karakter yang di cetak dalam ukuran waktu perdetik dengan menggunakan satuan cps (character per second). umumnya printer Dot Matrix ini memiliki kecepatan 500 cps.

Walaupun sekarang ini sudah banyak varian printer yang canggih, tetapi printer printer dot matrix hingga kini masih di produksi. pasalnya perusahaan memanfaatkan Printer ini di gunakan dalam mencetak dokumen tembusan yang umumnya di gunakan untuk mencetak beberapa dokumen serta faktur seperti Bon, Kwitansi, Faktur Penjualan, Invoice dan lainnya.

Untuk keunggulan serta kekurangan dari Printer Dot Matrix ini adalah sebagai berikut :

Kelebihan Printer Dot Matrix:

  1. Untuk harganya sendiri lebih murah di bandingkan dengan Printer yang menggunakan Tinta pada jenis ink jet dan laser jet.
  2. Ada banyak Variasi dari jenis printer dot matrix yakni beberapa di antaranya Printer jenis color dan Non Color.
  3. Untuk Printer color atau warna menggunakan Pita atau Karbon/Ribbon yang di khususnya memiliki 4 Warna yakni hitam, biru, merah, dan kuning.
  4. Bisa mencetak Rangkap sekaligus
  5. Bisa mencetak kertas dalam ukuran yang lebar

Kekurangan Printer Dot Matrix:

  1. Untuk resolusi hasil cetaknya cukup rendah
  2. Ketika di gunakan untuk mencetak, Printer ini mengeluarkan suara yang berisik.
  3. Kualitas hasil cetaknya kurang baik yang mana hasil cetaknya berupa titik-titik yang saling terhubung
  4. Proses cetak sangat lambat.
  5. Untuk warna yang di hasilkan tidak banyak variasi

Itu lah mengenai beberapa ulasan mengenai pengertian, kekurangan dan kelebihan dari printer dot matrix. Sehingga anda bisa menentukan dalam memilih printer sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga Bermanfaat

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares