komponen komputer

Pengertian Pengenalan Jenis Jenis Printer dan Fungsinya

By

on

Pengertian Pengenalan Jenis Jenis Printer dan Fungsinya

Pro.Co.Id – Printer merupakan perangkat komponen hardware output yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi sebagai untuk menghasilkan cetakan baik berupa tulisan maupun gambar dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Terdapat 3 jenis printer yang umum kita ketahui yaitu Printer Dot Matrix, Printer Ink Jet, dan Printer laser Jet. Namun saat ini terdapat beberapa jenis printer yang sudah dapat mencetak data dari smartphone tanpa harus menggunakan kabel yaitu dengan menggunkan teknologi wi-fi. Selain 3 jenis printer diatas ternyata masih ada banyak jenis printer yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasannya.

1. Printer Dot Matrix

printer dot matrixPrinter Dot Matrix merupakan printer yang masih menggunakan pita sebagai alat percetakan. Karena prosesnay masih menggunakan pita, maka hasil cetakan dengan menggunakan Dot Matrix agak kasar dan kurang bagus. Namun menggunakan printer ini cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon. karena masih menggunakan sistem ketukan. Resolusi cetakan menggunakan printer jenis ini masih sangat rendah, karena gambar yang dicetak akan terlihar seperti titik-titik yang saling berhubungan. Meskipun demikian, printer dot matrix samapi saat ini masih di produksi. Biasanya printer jenis ini digunakan untuk mencetak dokumen tembusan, yang biasanya digunakan untuk membuat kwitansi, bon, dan dokumen keuangan lainnya.

2. Printer Ink Jet

printer inkjet
Printer Ink Jet merupakan printer yang menggunakan tinta sebagai alat untuk mencetak. Hasil cetakan menggunakan printer ini lebih bagus dan halus dibandingkan dengan menggunakan printer dot matrix, Printer Ink jet juga sudah bisa menghasilkan hasil cetakan warna yang lebih banyak dibandingkan dengan printer dot matrix.
Pada printer Ink Jet menggunakan terknologi dor on demand , yaitu menyemprotkan titik-titik tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. Namun pada merk printer tertentu sudah menggunakan panas, yaitu panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. Jenis printer ini dapat dimodifikasi pada tempat pengisisan tintanya yaitu dengan teknik infus.

3. Printer Laser Jet

printer laser jet
Jenis printer laser jet merupakan jenis printer yang mnggunakan tinta bubuk untuk metode percetakkannya yaitu dengan menggunakan perangkat infra merah. Hasil cetakan menggunakan printer laser jet lebih bagus dibandingkan menggunakan printer dot matrix maupun printer ink jet. Pada printer laser jet memiliki kecepatan cetak yang tinggi dan hasil cetakannya lebih cepat kering seperti pada hasil cetakan pada mesin photo copy.

4. Thermal Printer

thermal printer
Berbeda dengan printer ink jet normal atau printer laser, thermal printer menggunakan panas utnuk mencetak diatas kertas, tidak menggunakan catridge tinta seperti pada jenis printer lainnya. Jenis printer sering kita temui pada mesin cetak struk pada SPBU, mesin antrian, mesin ATM, mesin kasir pasa swalayan, dll

5. Printer LED/LCD

printer led
Pada dasarnya jenis printer LED hampir sama dengan printer laser tetapi pada printer ini tidak menggunakan laser untuk mencetak melainkan menggunakan cahaya. Proses cetaknya pun hampir sama tetapi pada printer LED/LCD menggunakan light-emitting diode dan hasil cetakan memiliki kualitas sangat tinggi baik cetakan bentuk teks maupun gambar.

6. Printer Plotter

printer plotter
Printer Plottermerupakan salah satu peralatan outpt yang dpat mencetak hasil cetakan dalam ukuran besar dengan hasil kualitas yang memuaskan. Printer jenis ini biasanya digunakan oleh para penerima jasa print digital outdoor dan indoor seperti banner, poster, stiker dan lainnya. terdapat 2 jenis printer plotter yaitu flatbed plotter dan drum plotter.

7. Printer Bubble Jet

printer buble jet
Printer jenis ini memiliki hasil kualitas yang mirip dengan hasil cetakan film. Printer Bubble Jet biasanya digunakan langsung dengan kamera tanpa perantara komputer. Karena pada jenis printer ini sudah dilengkapi dengan konektor USb, dan card reader.

8. Printer DTG ( Direct to Garment)

printer dgt
Printer DGT yang umumnya ada dipasaran lokal tanah air merupakan salah satu bentuk modifikasi atau pengembangan dari dunia printing yang baru. Peminat mesin ini dari dunia sablon kaos yang tadinya sablon warna manual sekarang berkembang menjadi printing kaos digital untuk dapat mencetak t-shirt / Kaos & kain secara langsung tanpa perantara ( tanpa transfer paper).

9. Printer Label

printer label
Printer Label ini digunakan untuk mencetak label dengan jumalah banyak dan lebih mudah. Beberapa Printer Label memiliki banyak fungsi sekaligus yakni pada supermarket juga bisa digunakan untuk mencetak barcode.

10. Printer Solid Ink

printer solid ink
Printer ini menggunakan sejenis tinta yang sudah dililinkan. Cara kerjanya adalah printer melelehkan tinta yang melilin tersebut lalu ditampung dalam sebuah tempat yang kemudian dipindahkan ke sejenis drum yang lalu akan mendinginkan tinta itu baru mencetaknya ke kertas. Jika dibandingkan dengan jenis-jenis printer lain, jenis printer ini mempunyai komponen dalam yang lebih sedikit. Suhu serta kelembapan kertas mempengaruhi kerja printer ini.

Demikian artikel seputar Pengertian, Jenis Printer dan Fungsinya yang bisa disampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di website ini Pro.Co.Id

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares