Hardware

Pengertian Partisi dan Tipe Jenis Partisi Pada Hardisk

on

Pro.co.id – Jika anda pengguna komputer pasti sudah tahu kan yang namanya hardisk, tapi belum mengetahui apa arti dari Hardisk sebenarnya dan juga beberapa jenisnya. Hardisk bisa di katakan merupakan salah satu Hardware yang di terhubung atau di tanamkan di komputer yang berfungsi sebagai Media penyimpanan baik data atau Sistem Operasi. Dalam kebutuhannya Hardisk biasanya akan di bagai ke beberapa bagian contohnya Local Disk (C) dan Local Disk (D) dan ini lah yang di namakan partisi hardisk. Pembagian partisi ini adalah untuk memudahkan pengguna untuk menyimpan data agar lebih efesien.

Atau secara garisa besar Hardisk merupakan bagian dari beberapa kapasitas atau ruang penyimpanan. Ada beberapa alasan dari sebelumnya telah di ungkapkan di atas bahwasanay pembagian ruang Hardisk ini sangat penting. Di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Untuk memudahkan pengguna dalam mengolah beberapa file serta data lainya. Contohnya saja partisi D sebagai penyimpan data seperti Film, kemudian E khusus untuk Game, dan F bisa anda gunakan untuk menyimpan File Dokumen atau kerjaan penting anda.
  2. Sebagai pemisah Sistem Operasi, karena jika anda memiliki lebih dari satu OS pastinya memerlukan pastisi lebih dari satu untuk di gunakan oleh dua Sistem.
  3. Lebih efesien sehingga bisa cepat dalam mengakses hardisk, apalagi bagi anda yang mempunyai ukuran yang besar. karena di bagi degan berbagai ukuran kecil sehingg akan mempercepat proses pembacaan.

Di ulasan di atas tadi anda akan lebih tahu mengapa banyak pengguna yang melakukan pembagian hardisk dan memang hal ini merupakan hal yang sangat penting. Terkait dengan partisi hardisk akan ada tabel partisi yang sering kita dengar di antaranya seperti “primary, extended, dan logical”. kesemuanya tersebut masuk dalam kategpri jenis atau tipe partisi yang di gunakan. tentu dari ketiganya tersebut memiliki peran dan kegunaanya masing-masing. Untuk penjelasan lengkapnya bisa anda lihat di bawah ini :

Jenis Partisi Hardsik (Primary, Extended, dan Logical)

Primary Partition

Jenis partisi ini adalah partisi yang paling utama pada sebuah hardisk biasanya di gunakan untuk menyimpan Sistem Operasi komputer. Jumlah maksimal dari prtisi yang hanya di perbolehkan ada 4 saja, hal ini pun jika tidak terdapat partisi Extended. karena jika pada Hardisk terdapat Extended, maka jatah untuk primary akan semakin berkurang menjadi 3 Saja.

Extended Partition

Intinya adalah Extended adalah sebuah partisi utama juga yang terdapat pada Hardisk. Untuk tipenya sejajar dengan partisi primary. namun Partisi ini tidak dapat menangani pengelolaan secara langsung untuk mengolahnya anda harus menambah prtisi logical terlebih dahulu.

Logical Partition

Lalu yang ketiga ini adalah Logical partition yang mana merupakan bagian dari Extended partition. Partisini inilah yang umumnya di gunakan untuk penyimpanan data. untuk jumlahnya sendiri bisa lebih dari Empat.

Itulah beberapa perbedaan dari beberapa jenis partisi yang ada. Agar anda bisa melihat lebih jelas dan mengerti sebagai gambaran anda bisa melihat skema tabel partisi di bawah ini, yang mana terdapay 2 Partisi sejajar yakni primary dan Extended. Sedangkan pada partisi logical terdapat dalam partisi Extended.

Jenis Partisi Hardsik (Primary, Extended, dan Logical) 1

Agar lebih memudahkan lagi anda bisa lihat anda bisa lihat pada tabel partisi pada OS windows seperti gambar di bawah ini :

Jenis Partisi Hardsik (Primary, Extended, dan Logical) 2

Agar anda bisa dengan mudah melakukan pembagian Partisi, beberapa cara yang bisa anda lakukan yakni :

  1. Membagi partisi saat installasi OS.
  2. Anda bisa menggunakan Disk Management (Tools Windows)
  3. Atau bisa menggunakan Aplikasi seperti Mini Partition Wizard atau lainnya

You must be logged in to post a comment Login

Shares