jaringan komputer

Pengertian Komputer Client Server, Macam , Fungsi dan Perbedaannya Terlengkap

By

on

Pengertian Komputer Client Server, Macam , Fungsi dan Perbedaannya Terlengkap

Secara umum komputer client server dapat di artikan sebagai arsitektur jaringan komputer yang memisahkan client dengan server, jaringan tipe ini merupakan jaringan yang termasuk sering ditemui di jaringan komputer.

Tiap client atau server yang terhubung ke jaringan bisa disebut simpul/ node. Tipe paling dasar dari arsitektur client-server menggunakan 2 tipe simpul, yaitu satu sebagai client dan satu sebagai server. Arsitektur tipe ini sering juga disebut sebagai two-tier. Tipe arsitektur seperti ini memungkinkan komputer dan peranti jaringan untuk saling membagi file dan resource.

Dalam suatu jaringan komputer terdapat tiga peran, yaitu:

  1. Client, peran client yaitu hanya sebatas pengguna dan tidak menyediakan sumber daya.
  2. Server, Server menyediakan sumber daya secara maksimal yang digunakan oleh komputer client, namun tidak menggunakan sumber daya dari komputer lain.
  3. Peer, peer merupakan client yang menyediakan sumber daya untuk dibagi kepada client lainnya, dengan menggunakan sumberdaya yang tersedia pada client lain (peer to peer).

Pengertian Komputer Client Server

Komputer Server

Komputer server adalah unit komputer yang berfungsi sebagai penyimapn informasi, dan untuk mengelola suatu perintah ke jaringan komputer. Komputer server akan melayani seluruh perintah dari komputer client atau workstation yang terhubung ke jaringannya. Karena fungsinya tersebut, komputer server disebut juga dengan komputer induk.

Macam Komputer Server

  • Server Web
    Server Web adalah perangkat lunak yang melayani permintaan file-file dari browser Web. Server web biasanya disebut juga sebagai HTTP (Hypertext Transfer Protocol ) sever .
  • Server Applikasi
    Server Applikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan kode-kode dinamis menjadi kode-kode statis HTML (Hypertext Markup Language )
  • Server Database
    Server Database adalah peangkat lunak yang berfungsi mengolah data yang diminta oleh server applikasi. Untuk membuat applikasi web berbasiskan database, komputer atau sistem jaringan harus memiliki paling tidak satu buah sistem database. Jenis database yang bisa digunakan antara lain misalnya: Ms Access, SQL Server, Oracle atau MySQL.

Komputer Client

Komputer client adalah komputer yang memeinta satu layanan tertentu kepada komputer client. Komputer client harus dilengkapai dengan aplikasi client khusus untuk menjalankannya, sehingga dapat menggunakan dan menerima layanan dari komputer server. Contoh fungsi komputer client antara lain mengambil file dari file server dan program pada komputer client harus memformat sebuah request lalu mengirimkannya kepada program yang sedang berjalan dserver. Selanjutnya, server akan mengirimkan file yang diminta sesuai dengan permintaan program client.

Perbedaan komputer Client dan Server

Perbedaan komputer client (client computer) dan komputer server (server computer) antaralain.

  • Informasi dan layanan yang dapat di akses di internet disediakan oleh komputer server.
  • Komputer client tidak menyadiakan informasi atau layanan apapun yang dapat diakses oleh komputer lain di internet. Mengakses internet diwarung internet, di sekolah, ataupun di rumah, komputer yang di gunakan merupakan komputer client.
  • Komputer server di internet menyediakan beragam informasi seperti ensiklopedi pengetahuan, pendidikan, berita, dan hiburan, dapat di sajikan dalam bentuk teks maupun multimedia (gambar, suara, animasi, video).
  • Dalam penggunaan komputer client, kita dapat mengakses informasi-informasi tersebut dengan mengakses alamat server yang menyediakannya menggunakan perangkat lunak tertentu. Internet memungkinkan pertukaran data atau informasi antar pengguna internet dengan memanfaatkan layanan server email.

Demikian informasi yang diberikan, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

You must be logged in to post a comment Login

Shares