jaringan komputer

Pengertian, Fungsi dan Jenis RAM pada Perangkat Komputer

By

on

Pengertian, Fungsi dan Jenis RAM pada Perangkat Komputer 

Pro.Co.Id – RAM atau Random Acces Memory merupakan penyimpanan data sementara perintah dan data dalam komputer yang hanya bekerja saat komputer sedang bekerja. Perintah dan data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari hardisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program. Pada umumnya RAM memiliki kapasitas dalam besaran Megabyte yang memiliki kecepatan dalam chip serta nanodetik yang bisa membaca data lebih cepat daripada ROM. RAM biasanya juga berupa instruksi atau program yang dapat digunaan untuk memanfaatkan kinerja komputer agar maksimal.

RAM sering disebut sebagai memori utama atau main memory pada komputer, Pada RAM memiliki bagian-bagian utama seperti PCB dan Contact Point.

  • PCB atau Printed Circuit Board) yaitu papan yang tersusun atas beberapa layer, pada setiap lapisan layer terpasang jalur/circuit untuk mengalirkan data ataupun sebagai tempat penyalur daya listrik.
  • Contact Point yaitu bagian RAM yang berfungsi sebagai konektor ke Motherboard, terdiri atas beberapa titik dan dibatasi oleh suatu atau dua buah lekukan yang disebut sebagai NOTCH.

Fungsi RAM

RAM merupakan penyimpanan data sementara yang berfungsi mempercepat data pada komputer. Dengan kata lain RAM berfungsi sebagai media penyimpanan disaat komputer atau lapoto dalam keadaan nyala. sedangkan jika komputer mati maka data yang telah kita kerjaan pada perangkat akan hialng secara otomatis. Jika semakin besar jumlah kapasitas besaran pada RAM yang dimiliki maka semakin cepat pula proses kerja komputer.

Jenis Jenis RAM

RAM memiliki beberapa jenisnya. untuk informasi lebih lanjutnya simak penjelasan uraian dibawah ini.

1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

DRAM

DRAM (Dynamic Random Access Memory) yang merupakan memori semikonduktor yang memerlukan kapasitor sebagai tumpuan untuk menyegarkan data yang ada di dalamnya. RAM ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari EDO-RAM. Namun lebih rendah dibandingkan SRAM.

Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat tinggi. DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara 4,77MHz hingga 40MHz.

2. SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)

SDRAM

SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah diskronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.

3. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

RDRAM

RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.

4. SRAM (Static Random Access Memory)

SRAM

SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang terbuat dari semacam semikonduktor yang tidak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga lebih cepat. Namun SRAM memiliki kelemahan, yakni biaya produksinya mahal sehingga hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan menangani bagian yang benar-benar penting.

5. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)

EDO RA

EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory) memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz.

6. FPM DRAM (First Page Mode DRAM)

FPM DRAM

FPM DRAM (First Page Mode DRAM) adalah merupakan bentuk asli dari DRAM. Laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 MB per sekon. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16MHz hingga 66MHz dengan access time sekitar 50ns.

7. Flash RAM

FLASH RAM

Flash RAM adalah jenis memory berkapasitas rendah yang digunakan pada perngkat elektronika seperti, TV, VCR, radio mobil, dan lainnya. Memerlukan refresh dengan daya yang sangat kecil

8. VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory)

V RAM

VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory) Yaitu VGRAM biasanya digunakan untuk menyimpan kandungan pixel bagi sebuah paparan grafik. Penggunaan cip VGRAM akan memberikan prestasi video yang baik dan mengurangi tekanan pada CPU.

9. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Acces Memory)

DDR SDRAM

RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.

10. SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module)

SO DIMM

SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module) merupakan jenis memory yang digunakan pada perangkat notebook. Bentuk fisiknya kira-kira setengah dari besar DDR biasa sehingga dapat lebih menghemat ruang yang tentunya sangat berharga pada perangkat mobile seperti notebook. Perkembangan generasi SO-DIMM biasanya sejalan dengan perkembangan RAM untuk komputer desktop. Ketika DDR3 SDRAM diluncurkan dipasaran, DDR3 SO-DIMM juga ikut diluncurkan. Modul tersebut menggunakan slot yang memiliki 204 pin.

Demikianlah penjelasan yang dapat penulis berikan mengenai Pengertian, Fungsi dan Jenis RAM pada Perangkat Komputer . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares