komponen komputer

Pengertian dan Penjelasan Jenis Jenis Scanner Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya

By

on

Pengertian dan Penjelasan Jenis Jenis Scanner Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya

Pro.Co.Id – Bagi anda pengguna koputer pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang satu ini. Scanner merupakan perangkat tambahan pada komputer yang merupakan sebuah perangkat input pada komputer yang berfungsi sebagai penghasil gambar digital. Cara kerja scanner dalam membaca gambar memiliki kemiripan dengan mesin fotokopi, namun hasil cetakannnya tidak berupa kertas tapi berupa gambar dalam bentuk digitl dan disimpan pada komputer.

Komponen-komponen dalam Scanner

Dalam sebuah scanner terdapat beberapa komponen-komponen endekung perangkat, antara lain:

1. Alas kaca
Alas kaca digunakan sebagai wadah dari gambar yang akan dibaca.
2. Sumber Cahaya
Sumber cahaya berupa lampu dengan intensitas cahaya cukup tinggi akan menghasilkan cahaya yang diarahkan ke gambar.
3. Sensor sinal pantulan
Jenis yang umum digunakan untuk jenis scanner flat bed adalah sensor CCD (charge-coupled devices). Alat ini berfungsi seperti mata yang akan membaca sinar pantulan dari gambar Untuk mengarahkan sampai ke CCD, cahaya pantulan dari gambar diarahkan dengan menggunakan sejumlah cermin dan lensa scanner.
4. Motor Stepper dan pita bergerigi
Karena data dibaca baris perbaris, maka dibutuhkan motor stepper dan pita bergerigi untuk menggerakan lampu dan CCD.
5. Penutup
Penutup digunakan untuk menghindari sinar luar yang masuk, sehingga data yang dibaca oleh CCD benar-benar data pantulan dari gambar yang sedang dibaca.

Selain komponen-komponen tersebut tentu masih ada banyak komponen lain, tetapi fungsi dan bentuknya dapat berbeda antara jenis scanner satu dan lainnnya.

Jenis-Jenis Scanner

Scanner memiliki banyak jenis dan bentuk, berikut adalah beberapa jenis scanner

1. Scanner Drum

drum scanner
Jenis scanner drum merupakan jenis scanner awal yang dikembangkan. Scanner drum masih menggunakan photomultiplier tubes (PMT) untuk membaca data gambar. Jenis ini meghasilkan kualitas tinggi jika dibandingkan dengan jenis scanner lainnya. Scanner drum mampu menghasilkan gambar dengan resolusi mencapai 24.000 ppi, yang brarti gambar yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi dan hig resolution. Meskipun memiliki kelebihan yang yang luar biasa, jenis scanner ini sudah jarang digunakan karena harganya relatif mahal. Tetapi, jenis ini masih digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan kualitas hasil terbaik seperti pada museum atau seniman.

2. Scanner Flatbed

flatbed scanner
Disebut dengan scanner flatbed karena scanner ini memiliki bentuk datar dan rata seperti tempat tidur. Scanner flatbed merupakan jenis scanner yang paling umum digunakan dan banyak ditemui dalam dunia perkantoran maupun pribadi. Selain karena harganya yang relatif murah, jenis ini dapat dicirikan dari bentuknya yang persegi panjang. Memiliki sebuah papan penutup, dan lapisan kaca tempat meletakkan gambar. Untuk menggunakannya anda harus meletakkan gambar satu persatu untuk setiap pengambilan gambar.

3. Roller Scanner

Roller Scanner
Roller scanner memiliki fungsi yang sama seperti scanner flatbed, namun memiliki perbedaan utama. Jika pada faltbed menggunakan teknologi CCD yang yang menjadi “mata” yang bergerak-gerak dalam memindai dokumen, sedangkan roller scanner kebalikan dari scanner flatbed yaitu dokumen yang digerakannya.

Cara kerjanya sama seperti printer, dimana dokumen atau kertas diletakkan pada ujung satunya, kemudian kertas tersebut akan masuk ke dalam mesin scanner, lalu keluar pada ujung satunya lagi.

4. Hand Scanner

hand scanner
Hand scanner adalah jenis scanner yang bisa kita aplikasikan dengan sangat mudah, karena cukup dengan menggunakan tangan. Hand scanner secara umum banyak digunakan sebagai peralatan keamanan, untuk mendeteksi dan memindai barang bawaan seseorang, sebagai alat untuk emnscan barcode di dalam swalayan, dan juga scanner untuk memindai isi dari sebuah dokumen.

5. Atomatic Document Feeder (ADF) Scanner

Atomatic Document Feeder (ADF) Scanner
Merupakan scanner jenis roller yang ditujukan untuk penggunaan dokumen dalam jumlah yang banyak. Scanner ini memiliki wadah tersendiri untuk menyimpan dokumen yang akan di scan, lalu secara otomatis kesemua dokumen tersebut akan ditarik masuk ke dalam mesin Roller Scanner secara bertahap satu per satu. Jenis ini disarankan untuk perkantoran, namun memiliki harga yang relatif mahal.

Demikianlah informasi yang kami sampaikan semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca.

You must be logged in to post a comment Login

Shares