Security

Pengertian Dan Metode Penyerangan Virus Pada Komputer

By

on

Dalam dunia komputer saat ini, keberadaan suatu virus tidaklah terlalu menggemparkan lagi. Semakin hari-semakin banyak virus-virus baru bermunculan, mulai dari virus yang pembuatannya sederhana, hingga virus yang mampu membuat kepala kita pusing tujuh keiiling. Terlepas dari kualitas penyerangannya, itu semua tetaplah dianggap suatu virus.

Definisi Virus

Virus adalah suatu program yang sifatnya mengganggu dan cenderung merusak kinerja sistem atau file-file tertentu yang merupakan sasaran utama mereka. Dengan melakukan penyamaran-penyamaran khusus, mereka berusaha untuk mengelabuhi kita, sehingga pada saatnya nanti mereka akan melancarkan serangan-serangan ke komputer kita secara seporadis.

Komputer dikatakan terkena virus apabila memenuhi syarat vberikut ini, diantaranya adalah :

  • Mampu menggandakan diri hingga ke removable disk
  • Mampu menyembunyikan proses kerjanya
  • Mampu memanipulasi file atau folder
  • Mampu memanipulasi registry

Namun itu masih terlalu sederhana, Anda perlu menambahkan kemampuan-kemampuan lain, agar proses penyerangan berjalan dengan lancar. Salah satunya yang penting adalah mencegah akses user pada fitur-fitur tertentu, seperti : registry editor, msconfig, task manager, folder option, dan lain sebagainya. Fitur-fitur ini perlu dilindungi dari akses user, karena fitur-fitur ini memungkinkan user untuk dapat melihat aktivitas virus dibalik layar untuk kemudian membunuhnya.

Secara umum aktivitas serangan virus dimulai akibat “kecerobohan” user, yaitu ketika user men-double click suatu file yang telah terinfeksi oleh vims. File-file virus tersebut biasanya berekstensi *.bat, *.exe, *.scr, *.com, *.vbs. File-file dengan ekstensi seperti itu adalah file program yang dapat diakses atau dijalank’an secara langsung oleh komputer (Windows) tanpa perantara software tambahan dari Windows.

virus

Metode Penyerangan Virus

Dimana-mana strategi penyerangan yang dimiliki oleh virus adalah bergerilya. bergerilya menjadi strategi utama serangan virus. Maksudnya begini, virus harus memiliki kewaspadaan yang tinggi terhadap deteksi user dan anti virus. Virus harus bisa mengelabui keduanya, agar semuanya berjalan dengan lancar. Ketika lolos dari pendeteksian tersebut, lalu serangan seporadis itu terjadi. Cara penyebaran virus (ketika aktif) yang umum digunakan saat ini adalah sebagai berikut:

1. Mulai bergerilya. Pertama kali yang harus dilakukan adalah mewaspadai antivirus. Virus harus menghindar dari deteksi antivirus. Begitu ada kesempatan, virus akan melanjutkan ke proses selanjutnya. Penghindaran ini bisa dilakukan dengan cara menyembunyikan proses kerja virus, mengenkripsi source kode virus, ataupun dengan menggunakan cara lain. Selain itu, virus juga harus mencegah akses user ke registry editor, folder option, msconfig dan tool-tool lainnya yang dianggap membahayakan kehidupan vims di komputer korban.

2. Mencari penanda pada suatu file. Penanda ini fungsinya untuk menandai file-file yang telah terinfeksi. Jika ternyata virus mendapati file yang belum memiliki penanda virus, maka file tersebut akan otomatis terinfeksi atau diberi tanda.

3. Selanjutnya, virus akan melakukan manipulasi terhadap file-file yang masuk dalam kategori target serangan, misal : file-file yang berekstensi *.doc, *.jpg, *.bmp, dan lain sebagainya. Manipulasi dapat berupa penyembunyian, penghapusan file asli atau perubahan yang lain tergantung dari keinginan dari sang virus maker.

Demikian informasi yang admin sampaikan tentang pengertian virus dan metode penyerangannya. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat. Sampai bertemu di postingan berikutnya.. ^^

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares