Tutorial

Pengertian dan Mengenal Macam-Macam Port I/O (Input / Output)

on

Pro.co.id – Sperti yang kita tahu dan telah di jelaskan bahwa Sistem Komputer terdiri dari 3 Komponen utama yakni Hardware, Software dan Brain Ware yang saling melengkapi, Jadi jika satu saja tidak ada maka Komputer tidak akan bisa di jalankan.

Agar perangkat Hardware seperti Keyboard, Mouse dan lainnya bisa terbaca dengan komputer maka di perlukan cara untuk menghubungkannya. caranya sangat mudah dan telah di sediakan Port atau lubang untuk menghubungkan sesuai dengan perangkat.

Namun banyaknya perangkat yang umum atau tidak umum di gunakan pengguna komputer membuat banyak sekali Port yang justru membuat Bingung dan salah satunya adalah jenis Port I/O. Nah, Sebenarnya apa saja sih macam-macam dan kegunaan dari beberapa jenis dari Port I/O ini, Selengkapnya bisa anda lihat berikut ini :

  • Port Parallel
    Yakni sebuah Port yang memiliki fungsi sebagai transfer data yang memiliki kecepatan tidak tinggi atau standart parallel Port 200 kb/s. Beberapa perangkat yang menggunakan port ini adalah Printer, Scanner.
  • Port Serial (COM1 dan COM2)
    Kemudian selanjutnya adalah Port Serial yang dapat mentransfer data dengan kecepatan yang rendah di banding Port Paralel. Umumnya pada tersedia connector untuk COM1 Untuk Pin berjumlah 9, sedangkan untuk COM2 berjumlah 25 Pin
  • Port PS/2
    Beberapa Perangkat Input yang sering di gunakan seperti keyboard dan mouse menggunakan Port PS/2 ini.
  • Port VGA
    Port ini khusus untuk perangkat penampil gambar seperti Monitor, anda pun bisa menambahkan VGA dengan menggunakan VGA Eksternal.
  • Port Audio
    Seperti namanya Port ini berhubungan dengan perlatan Audio seperti Speaker dan lainnya.
  • Port LAN
    Port ini di gunakan untuk saling terhubung dengan Komputer lain yang menggunakan Kabel UTP, Sehingga bisa saling bertukar data dan koneksi Internet
  • Port USB
    Untuk jenis Port ini paling banyak digunakan yakni USB (Universal Serial Bus) di tujukan untuk beberapa perangkat dengan jenis Transmisi data secara serial. Misalnya peralatan yang menggunakan USB adalah Flashdisk, Mouse USB, Keyboard dan lainnya

You must be logged in to post a comment Login

Shares