komponen komputer

Pengertian, Cara Kerja Dan Fungsi Power Supply Pada Komputer Lengkap

By

on

Pengertian, Cara Kerja Dan Fungsi Power Supply Pada Komputer Lengkap

Pro.Co.Id – Power Supply merupakan perangkat elektronik yang berbentuk persegi yang melekat pada chasing komputer. Power Supply berisi kabel-kabel yang digunakan untuk menyalurkan tegangan kedalam perangkat keras lainnya. Perangkat ini biasanya terpasang pada bagian belakang chasing. Power supply ayang terdapat pada komputer digunakan sebagai pernagkat keras yang memberikan atau menyuplai arus listrik yang sebeblumnya diubah dari bentuk arus listrik yang berlawanan (AC) menjadi arus listrik searah (DC).

Power supply menyuplai arus listrik DC yang dibutuhkan oleh perangkat keras di dalam komputer beberapa contoh hardware yang membutuhkan arus listrik DC adalah harddisk, kipas, motherboard dan lain-lain. Power supply juga memiliki kenektor kabel yang masing-masing konektor kabel tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda yang sangat dibutuhkan oleh komputer pada saat ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa power supply merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam mengoperasikan suatu komputer.

Fungsi Power Supply berdasarkan beberapa jenis konekter kabel yang terdapat pada power supply, yang masing-masing konektor kabel memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Beberapa konektor kabel tersebut terdiri dari Konektor 24 pin ATX, Konektor 20 pin ATX, konektor floppy, konektor Molex, dan konektor SATA. Konektor 24 pin ATX memiliki fungsi sebagai konektor untuk menghubungkan antara power supply dan motherboard yang berguna sebagai penghantar daya listrik dari power supply yang secara langsung ditujukan untuk motherboard hingga sampai ke setiap komponen-komponen yang terdapat pada motherboard tersebut, sama halnya dengan konektor 24 pin ATX, konektor 20 pin ATX memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai sebagai konektor antara power supply dan motherboard, tetapi hanya memiliki 20 pin (biasanya digunakan pada komputer lama).

Baca : Jenis Konektor Pada Power Supply dan Fungsinya

Cara Kerja Power Supply

Ketika kita menekan tombol power pada komputer pada tombol power, maka proses di dalam adalah power supply akan melakukan cek dan tes sebelum system selanjutnya berjalan. Jika pengetasan sudah berhasil, power suppply akan mengirim sinyal pada motherboard yang dinamakan dengan power good.

Fungsi Power Supply

  • Fungsi utama dari power supply pada komputer yaitu memberikan atau menyuplai arus listrik yang sebelumnya merupakan arus listrik yang berlawanan (AC) diubah menjadi arus listrik yang searah (DC).
  • Power supply menyuplai arus listrik DC yang dibutuhkan oleh perangkat keras didalam komputer. Adapun beberapa perangkat keras yang membutuhkan arus listrik DC yaitu Hardisk, Fan, Motherboard, dll.
  • Fungsi power supply selanjutnya yaitu hampir sama dnegan fungsi UPS (Uninterruptible power supply), namun perbedaannya adalah apabila UPS bisa digunakan untuk baterai cadangan, dan akan sangat berguna bila listrik tiba-tiba mati.

Demikian informasi yang diberikan, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares