Mengenal Fungsi Bagian-Bagian Menu Pada Microsoft Word 2007

Posted on

Belajar Mengenal Fungsi Bagian-Bagian Menu Pada Microsoft Word 2007 Untuk Pemula

Pro.Co.Id – Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat kabar, label surat, dan membuat tabel pada dokumen. Berbeda dengan versi ms.word sebelumnya, pada ms.word 2007 memiliki program lebih lengkap dan beberapa keunggulan yang membantu kita mengerjakan kegiatan menulis misalnya membuat document, surat, famplet, kartu nama, brosur dall dengan lebih baik.

Kali ini kita akan membahas fungsi dari bagian-bagian tools dalam microsoft word, tools tersebut memudahkan kita dalam mengetahui kegunaan dan fungsi dari setiap tombolnya. Simak penjelasan berikut.

word-screen

Keterangan:

  • Tombol Office, adalah tombol perintah standart seperti untuk membuka dokumen, menyimpan, mencetak, menutup dokumen dsb.
  • Quick Acces Toolbar merupakan toolbar yang berisikan perintah Customize quick access toolbar
  • Customize quick access toolbar adalah tombol yang digunakan untuk memodofikasi perintah-perintah ms.word pada Quick Acces Toolbar
  • Menu Bar adalah bagian berbentuk tabulasi yang berisi sejumlah perintah sesuai dengan kelompoknya yang terdiri dari grup perintah Tab Home, Tab Insert, Tab Page Layout, Tab References, Tab Mailings, Tab Review dan Tab
  • Pengatur jendela,
    • Minimize adalah tombol untuk meminimalkan jendela
    • Maximize adalah tombol untuk memaksimalkan jendela
    • Close adalah tombol untuk menutup jendela
  • Lambang tab adalah ciri atau tanda posisi tab baris atau paragraf
  • Kotak dialog adalah tombol yang digunakan untuk membuka kotak dialog serta memodifikasi perintah-perintah yang disimpan di dalamnya
  • View Ruler adalah bagian fasilitas untuk mengatur garis mistar secara horisontal dan vertikal
  • Ruler adalah bagian fasilitas untuk mengatur margin atau tabulasi
  • Roller adalah bagian fasilitas untuk menggulung halaman kerja secara horisontal dan vertikal
  • Status Bar adalah bagian fasilitas yang berisi nomor halaman, zoom dsb
  • Halaman Kerja ms.Word adalah media kerja berwarna putih yang tampak pada saat Microsoft Word 2007 diaktifkan
  • Mengatur Tampilan Halaman Kerja adalah bagian fasilitas untuk mengatur penampilan halaman kerja, seperti print layout, full screen reading, web layout, outline dan draft
  • Zoom in – out adalah bagian fasilitas untuk mengatur media tampilan halaman kerja. Tombol plus untuk memperbesar dan tombol minus sebaliknya.

Elemen Pada Jendela WORD

Menu Bar
Pada umumnya tampilan menu Bar berisikan menu tool dan fitur lainnya yang memiliki masing-masing fungsi. Menu Bar dapat dibilang sebagi menu horizontal yang ada pada Blog, dan dari setiap menu memiliki sub-sub menu lainnya. Menu Bar terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

  • Home
    Tab Home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka lembar kerja ms.word. Menu Home terdiri dari toolbar standart, yaitu font, tool bar formating dan paragraph, style serta editing serta clipboard.

1

  • Insert
    Tab Insert biasa digunakan untuk memasukan instruksi-instruksi dalam dokumen. Menu insert terdiri atas, Pages, Tables, Ilustrations, Links, Header & footer, Text, Symbol.

2

  • Page Layout
    Tab Page Layout digunakan untuk mengatur tata letak data, seperti memeberi warna pada background, mengatur spasi antar baris, membuat kolom dokumen, atau mengatur identitas. Tab page layout terdiri dari, Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.

3

  • References
    Tab References digunakan untuk memasukan perintah seperti untuk menulis catatan kaki, menyisipkan gambar, atau membuat citasi. References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities.

4

  • Mailings
    Tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label. Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish.

5

  • Review
    Tab Review berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen. Review terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.

6

  • View
    Tab View digunakan untuk menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan menampilkan garis bantu pada lembar kerja. Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.

7

Itulah pembahasan tentang bagian dan fungsi dari Microsoft Word. semoga pembahasan kali ini bermanfaat.