Android

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Android Lama di Charge

By

on

Mencari Tahu Faktor dan Cara Mengatasi Baterai Android Lama di Charge

Pro.Co.Id – Penggunaan ponsel pintar di Indonesia memang saat ini sudah menjamur, sekitar 30% penduduk Indonesia sudah menggunakan jenis ponsel ini mulai dari usia anak-anak hingga dewasa. Meskipun disebut dengan ponsel pintar, ternyata android juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangannya yaitu baterai yang lama terisi penuh, meskipun kita sudah melakukan pengisian selama beberapa jam. Terdapat beberapa hal yang menjadi faktor dan penyebab lamanya proses pengisisan baterai. Faktor umum yang terjadi yaitu ponsel sudah terlalu lama digunakan, seperti pada jenis perangkat elektronik lainnya, semakin lama digunakan semakin usang pula perangkat yang kita punya.

Berikut ini kita akan cari tahu lebih dalam tentang faktor dan penyebab pengisian daya baterai pada android, terdapat beberapa hal yang menjadi permasalahan dan cari tahu pula solusi mengatasinya sebagai berikut.

Faktor Penyebab

1. Kabel USB Rusak
Pada umumnya kita menggunakan kabel USB jenis Hybrid yang digunakan untuk proses charging dan kabel data sebagai konektor ke PC. Faktor kerusakan pada kabel USB menjadi salah satu penyebab lamanya proses charging. Selain karena rusak, faktor lain yaitu pemakaian kabel dalam jangka waktu lama yang dapat merubah turunnya kualitas. Kabel yang sudah tidak optimal tidak akan mengalirkan arus listrik dengan sempurna, karena itulah proses pengisian akan lebih lama.

Cara mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengganti kabel USB dengan yang baru. Namun perhatikan pula jenis kabel USB yang akan dibeli, Perhatikan jenis Ampere nya, selain itu belilah dengan kualitas yang bagus, biasanya harga lebih mahal namun memiliki kualitas yang bagus.

2. Adaptor Charger Rusak
Faktor lain yang membuat lama proses charging yaitu karena adaptor yang kita gunakan rusak. Jika dirasa ponsel sudah lama di charge namun belm penuh penuh, cek terlebih dahulu adaptor yang digunakan. Cara sederhana yang dapat kita lakukan yaitu dengan mencium adaptor lewat USB, jika terdapat bau gosong, kemungkinan adaptor memang rusak. Penyebab rusaknya adaptor yaitu karena charger tidka langsung dicabut ketika sudah tidak digunakan.

3. Charger Beda Merk dan jenis
Faktor selanjutnya yaitu kita menggunakan jenis merk charger yang berbeda dengan ponsel yang kita charge. Ternyata hal tersebut dapat memengaruhi aliran listrik yang masuk, karena daya hantar listrik pada charger berbeda-beda dan tidak semua jenisnya cocok digunakan untuk semua jenis ponsel.

4. Sumber Daya Rendah
Selain faktor diatas, faktor lainnya yaitu kita menggunakan sumber daya yang rendah untuk melakukan charging. Untuk melakukan pengisian baterai sebaiknya gunakan terminal listrik yang stabil. Jangan gunakan port USB pada komputer atau laptop karena tegangan yang dihasilkan terlalu kecil kecuali dalam keadaan mendesak. Mengisi melalui port USB membutuhkan waktu yang lebih lama daripada melalui terminal listrik biasa.

5. Proses Charging sambil digunakan
Penggunaan android pada saat sedang dicas terbukti membuat proses pengisian menjadi lebih lama. Penyebabnya karena ponsel dipaksa untuk tetap bekerja meskipun sedang di-charge. Ada baiknya stop menggunakan smartphone ketika sedang melakukan pengisian.

6. Baterai Sering Drop
Baterai ponsel sering drop juga mengakibatkan kualitas turunnya kualitas baterai. Untuk kasus ini solusi terbaiknya yaitu dengan mengganti baru baterai ponse, namun perhatikan pula jenis dan kualitas baterai yang digunakan. Usahakan beli yang original dan memiliki kapasitas yang sama.

Sudah tahu Faktor dan Cara Mengatasi Baterai Android Lama di Charge, semoga informasi kali ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

You must be logged in to post a comment Login

Shares