Software

Adobe Flash – Memahami Istilah-Istilah Pada Flash Dan Fungsinya

By

on

Setelah kita berkenalan dengan macromedia flash professional 8 pada postingan sbelumnya. kali ini kita terlebih dahulu akan mengenal dan memahami beberapa istilah yang biasa digunakan saat bekerja di lingkungan Flash sebelum mengenal lingkungan kerja Flash.

menu flash

WORK SPACE

Work Space atau biasa disebut Paste Board udalali bidang berwarna abu-abu di layar kerja Flash. Bidang ini dapat dimanfaatkan untuk proses pembuatan gambar maupun teks yang akan dipergunakan untnk bahan animasi. Objek yang terletak pada bidang ini pada saat animasi dijalankan tidak akan ikut ditampilkan dalam animasi karena hanya digunakan untuk persiapan.

STAGE

Stage dapat diibaratkan layar pada gedung bioskop, yaitu bidang di mana animasi akan ditampilkan saat movie Anda dimainkan. Stage berupa bidang berwarna putih di layar Flash, dikelilingi bidang berwarna abu-abu yang telah dikenalkan di depan, yaitu work space.

TOOLBOX

Toolbox atau Tool Panel adalah kotak yang berisi alat-alat kerja. Dari tool-tool yang ada dapat dikelompokkan sesuai kegunaannya menjadi 4, yaitu:

  • TOOL UNTUK BERKREASI, yaitu tool untuk memilih objek: Drawing tool, yaitu alat-alat untuk membuat gambar; Editing Tool, yaitu alat- alat untuk mengubah gambar; dan Text Tool untuk membuat tulisan.
  • UNTUK MENGATUR BAGAIMANA GAMBAR DITAMPILKAN, terdiri darihand dan zoom tool.
  • TOOL UNTUK MEMILIH DAN MEMBUAT WARNA. untuk mewarnai garis dan bidang.
  • OPTIONS, adalah tool-tool yang merupakan pengembangan atas tool yang terpilih.

tools flash

PANEL

Panel pada Flash adalah sarana untuk mengatur, menampilkan, dan mengubah elemen yang ada dalam dokumen. Opsi-opsi yang ada da lam panel berfungsi untuk mengendalikan warna, library, sinibol dan instance, frame serta elemen-elemen lain.
Gunakan menu Window untuk melihat daftar panel yang dimiliki Flash 8. Pada menu tersebut akan terlihat nama-nama panel serta shortcut atau tombol pintas untuk menampilkan maupun menyembunyikan kembali panel-panel tersebut.

panel window flash

Hampir semua panel memiliki menu pop-up yang dapat dibuka dengan klik kotak di bagian kanan tittle bar dari panel tersebut. Bila pada menu pop-up tidak terlihat kotak tersebut, berarti panel tersebut tidak memiliki menu pop-up.
Secara default panel tampil dalam grup di bagian bawah serta di kanan Hal baru yang terdapat dalam panel Flash 8 adalah bahwa tab-tab diatur pada masing-masing grup. Property Inspector sekarang memiliki 2 tab lain, yaitu Filter dan Parameter. Kalau Anda membuka panel Info, misalnya, akan terdapat tab Align dan Transform. I )engan pengaturan ini mampu menghemat tempat serta mengefektifkan ruang kerja yang dipakai oleh panel-panel tersebut.
Secara manual Anda dapat melepas panel dari posisi dockingnya. Dengan demikian posisi panel akan mengambang dan dapat dipindah- pindah.
Pada kondisi ini Anda dapat menambahkan suatu grup dengan panel lain dengan cara menggeser tab nama panel ke dalam grup yang akan menerimanya. Selain dengan cara menggeser, Anda juga dapat menggunakan menu yang ada pada panel yang akan digabung. Misal-nya, Anda akan menggabung panel History ke dalam grup Info.
Untuk lepas dari grup gunakan menu panel dengan pilihan Close “nama panel”…

TIMELINE

Timeline adalah bagian penting dalam membuat animasi. Di sinilah pengaturan waktu suatu objek dimainkan di stage. Berikut ini nama bagian-bagian yang ada pada Timeline.

timeline flash

Demikian postingan yang bisa admin sampaikan pada kesempatana ini, semoga artikel tentang Adobe Flash – Memahami Istilah-Istilah Pada Flash Dan Fungsinya dapat bermanfaat untuk membaca. Terimakasih dan sampai jumpa pada postingan kami selanjutnya .. ^^

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares