jaringan komputer

Manfaat dan Macam-Macam Jenis Jaringan Komputer Lengkap Dengan Penjelasannya

By

on

Manfaat dan Macam-Macam Jenis Jaringan Komputer Lengkap Dengan Penjelasannya

Pada dasarnya jaringan komputer bertujuan untuk menghubungkan jaringan-jaringan yang telah ada dalam jaringan tersebut sehingga informasi yang telah ada dalam jaringan dapat ditransfer dari suatu lokasi ke lokasi lain. Secara umum manfaat dari jaringan komputer adalah untuk memudahkan komunikasi dalam mengakses informasi secara cepat dan real time.

Adapun manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya jaringan komputer adalah sebagai berikut :

  • Sebagai Media Komunikasi
    Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna baik dalam mengirim pesan maupun informasi yang penting lainnya. Misalnya, dalam perusahaan, manager tidak akan memberikan informasi tentang hari libur melalui rapat melainnya hanya mengirimkan pesan lewat jaringan komputer kepada seluruh staff perusahaan.
  • Sebagai berbagai sumber daya
    Berbagai sumber daya atau sering disebut dengan Resource Sharing merupakan jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana utnuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya yang berupa data-data, file dan program-program.
  • Reliabilitas Tinggi
    Disebut juga dengan reliabilitas tinggi yaitu sistem informasi manajemen dan keamanan data terpadu dapat diterapkan karena setiap komputer client dapat dikendalikan dari satu tempat melalui aplikasi Remote Acces client. Dengan kata lain apabila salah satu komputer rusak dan data yang disimpan didalamnya akan hilang.
  • Dapat menghemat Uang
    Dengan adanya jaringan komputer, dengan satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan. Dengan begitu, dengan dibangunnya jaringan komputer dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.
  • Keamanan Data
    Dengan menggunakan jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap hardisk sehingga data mendapat perlindungan yang efektif.
  • Mempermudah sharing files
    Dengan adanya jaringan komputer maka sudah pasti proses sharing file atau dat amenjadi lebih mudah dan prosesnya lebih cepat.
  • Menjaga data yang bersifat rahasia
    Dengan menggunakan jaringan komputer terutama menggunakan jaringan lokal atau LAN maka hanya komputer yang hanya terhubung kedalam jaringan saja yang bisa membuka atau mengakses data.
  • Mempermudah komunikasi antar divisi
    Komunikasi antar divisi dan juga anatar personal didalam satu ruang lingkup organisasi atau instansi akan menjadi lebih mudah jika menggunakan jaringan komputer.
  • Mempercepat arus informasi
    Dengan menggunakan jaringan komputer, maka arus informasi dalam satu perusahaan atau instansi dan juga perusahaan akan lebih cepat berjalan. Oleh karena itulah manfaat terbesar dengan addanya jaringan komputer adalah mempercepat arus informasi.
  • Memudahkan akses data ke dalam server
    Dalam sebuah jaringan komputer, elemen terpenting didalamnya adalah adanya komputer server. Dengan adanya komputer server, maka semua data penting dalam perusahaan akan lebih mudah di akses. Fungsi dari server yaitu menyajikan data utama dari sebuah organisasi, sehingga bagi siapapun yang membutuhkakn data penting tersebut, akan lebih mudah di akses.
  • Terintegrasinya data
    Dalam sistem jaringan komputer terdapat juga sebuah integrasi data yang membantu mempermudah pekerjaan banyak orang. Semua komputer yang terhunung dalam jaringan komputer dan server akan memiliki fitur data yang sudah terintegrasi. Hal tersebut tentunya dapat menghemat biaya dan mempermudah akses dan data yang tersimpan akan lebih up to data serta tidak terjadi kesalahan dalam menafsirkan data yang ada.

Macam-Maca Jaringan Komputer

  • LAN (Local Are Network)
    LAN merupakan jaringan komputer arus pendek, yaitu hanya mampu mencapai jangkauan sekitar 100 meter saja. Jaringan ini sering kita temui pada perusahaan, dimana dalam perusahaan yang menggunakan jaringan LAN memanfaatkan fasilitas ini untuk berbagi data rahasia.
  • MAN (Metropolitan Area Network)
    Jaringan MAN lebih besar jangkauannya dibandingkan dnegan jaringan LAN, yakni maksimal 10 – 50 KiloMeter. Biasanya, jaringan MAN digunakan oleh perusahaan yang dimiliki oleh bebrapa cabang namun masih dalam satu kota.
  • WAN (Wide Area Network)
    Jaringan WAN memiliki jangkaun jaringan hingga antar benua dengan melewati batas geografis negara dan milik umum.
  • Internet (Interconnected Network)
    internet merupakan jaringan komputer yang memiliki jangkauan hingga mencapai pelosok di seluruh dunia. Banyak sekali manfaat dalam penggunaan internet. seringkali internet dimanfaatkan untuk berbagi informasi secara global meliputi pendidikan, hiburan, teknologi, dan lain sebagainya.
  • Wireless
    Jaringan wireless merupakan jaringan yang paling praktis karena jenis jaringan ini tidak menggunakan kabel. Proses pengoperasiannya hanya mengandalkan teknologi radio (frekuensi). Jaringan ini disebut dengan jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) atau Wi-Fi.

Demikian informasi yang diberikan, semoga bermanfaat.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares