sistem Informasi

Macam Macam layanan Internet Lengkap Dengan Penjelasan dan Fungsinya

By

on

Macam Macam layanan Internet Lengkap Dengan Penjelasan dan Fungsinya

Pro.Co.Id – Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat luas. Internet sudah bukan lagi menjadi barang mewah, karena saat ini internet sudah dapat dengan mudah kita akses dimanapun dan kapanpun kita membutuhkan atau menggunakannya. Banyak sekali berbagai macam pekerjaan yang dpat dengan cepat diselesaikan dengan menggunakan layanan internet. Terdapat berbagai macam jenis layanan internet yang sangat membantu kita dalam menyelesaikan berbagai macam kegiatan. berikut ini terdapat macam jenis layanan internet, antara lain :

  • E-mail

E-Mail merupakan surat dalam bentuk elektronik, yang merupakan slaha satu fasilitas atau aplikais internet yang paling banyak digunakan dalam surat menyurat. Bahkan menurut sejarah, E-mail merupakn sebuah layanan internet pertama di Dunia. Dengan adanya e-mail banyak orang dimudahkan dalam mengirim surat. Contoh layanan email yaitu seperti Yahoo dan G-mail.

  • E-Commerce

E-Commerce merupakan jenis layanan internet yang digunakan untuk kepentingan ekonomi. Salah satu nya yaitu toko online. Dengan adanya layanan e-commerce kita tidka lagi direpotkan dengan harus berbelanja ke mall atau supermarket untuk membeli barang yang di inginkan. Contohnya seperti , Tokopringsewu.com

  • E-Banking

E-Banking merupakan sebuah jenis layanan internet Banking. Dalam layanan tersebut terdapat fitur yang dapat digunakan untuk memudahkan kita dalam bertransaksi dan transfer uang real time yang dapat anda gunakan. Saat ini, hampir semua bank pemerintah maupun bank swasta sudah menyediakan fitur E-banking kepada nasabahnya. Keuntungan yang dapat dirasakan yaitu kita lebih mudah melakukan transfer atau transaksi dimanapun dan kapanpun tanpa harus mendatangi ATM.

  • E-Learning

E-Learning merupakan sebuah sistem pembelajaran elektronik, yaitu antara peserta didik dan guru tidak bertatap muka secara langsung melainnya hanya bertemu melalui layar komputer dengan materi-materi yang sudah disiapkan oleh guru. Komputer menjadi media perantara antara peserta didik dan guru. Dalam sistem ini terdapat kelemahan dan kelebihannya.

  • E-Goverment

E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintah terhadap masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dengan adanya E-Goverment diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik agar lebih efisien, nyaman, dan aksesbilitas yang lebih baik.

  • Milist (Mailing List)

Milist (Mailing List) yaitu sebuah layanan yang digunakan untuk berdiskusi dalam suatu komunitas atay suatu organisasi. Cara kerja dari mailing list yaitu setiap anggota milist dapat membaca surat dari anggota lainnya yang berada dalam lingkaran grup diskusi. Dan setiap anggota juga berhak membalas surat atau tidak. Apabila ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua anggota yang berada dalam lingkaran grup diskusi akan mendapat balasan tersebut. Dalam milist setiap orang dapat berlangganan atau berhenti berlangganan.

  • IRC (Internet Relay Chat)

IRC atau sering disebut dengan layanan chatting adalah jenis layanan internet yang dimana setiap orang dapat berinteraksi dengan oranglain yang jaraknya jauh. Bahkan kita dapat juga melihat wajah merkea dengan jelas melalui webcam atau aplikasi pendukung lainnya

  • VOIP (Voice Over Internet Protocol)

VOIP merupakan aplikasi yang dpat kita gunakan secara gratis dalam berkomunikasi, asalkan ada sambungan koneksi untuk bisa menggunakan VOIP.

  • Telnet (Telecommunication Network)

Salah satu layanan internet ini digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menghadirkan fasilitas fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.

Demikian informasi yang diberikan semoga bermanfaat.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares